Komunikasi dan informasi kini dapat diakses dengan mudah melalui smartphone dan tablet Anda, sehingga Anda dapat mencari informasi yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah Anda.

Berkat kemudahan ini, akan mendukung Anda yang ingin selalu tahu, informasi akan memudahkan Anda menemukan ide-ide baru yang lebih baik, sedangkan apa yang Anda cari juga bagus.

Selain itu, dengan kemajuan komunikasi, Anda akan lebih mudah untuk terhubung dengan orang lain, yang harus Anda lakukan hanyalah menghubungi mereka melalui telepon dan online.

Kemudian dengan smartphone dan tablet juga bisa menjadi sumber hiburan untuk anda, android dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti game atau aplikasi yang nantinya bisa anda install di smartphone anda.

Smartphone dan tablet yang menggunakan sistem operasi Android juga sangat banyak dan banyak dicari oleh berbagai kalangan karena Android yang menawarkan fitur-fitur menarik juga memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan jenis smartphone lainnya.

Android sendiri sebenarnya adalah sebuah perangkat berbasis linux, dilengkapi dengan berbagai aplikasi serta fitur yang ada, jadi anda tidak perlu heran jika ada berbagai macam aplikasi yang bisa anda gunakan dengan mudah.

Namun sayangnya saat kita menggunakan smartphone dan tablet android mudah panas, nyatanya banyak faktor yang menyebabkan android anda cepat panas.

Masalah ini sebenarnya umum terjadi pada orang yang menggunakan Android setiap saat, buruk jika masalah terus-menerus terjadi.

Faktor yang biasanya dilakukan oleh pengguna Android saat ingin browsing, bermain game dan menjalankan aplikasi dalam waktu yang lama.

Saat dijalankan dalam waktu lama, kita akan merasakan bagian belakang android yang kita pegang lama kelamaan menjadi panas.

Untuk mengatasi masalah android overheat atau kepanasan, anda bisa menyimak penyebab dan solusi masalah pada android anda dibawah ini.

Penyebab Android Cepat Panas (overheating)

karena android cepat panas

Ada banyak faktor yang menyebabkan Android cepat panas, termasuk baterai Android, jadi Anda perlu menentukan penyebabnya dan kemudian memperbaiki masalahnya.

1. Penggunaan berlebihan

Alasan mengapa Android cepat panas adalah penggunaan smartphone dan tablet Android yang berlebihan.

Pasalnya, saat menjalankan game atau aplikasi secara berlebihan atau dalam waktu yang lama akan menguras baterai.

Selain itu, komponen perangkat keras Android akan selalu bekerja tanpa jeda beberapa jam, sehingga Android mudah panas.

Baca juga:   15+ Cara Menambah Followers Instagram Gratis 2022

2. Sinyal tidak stabil

Faktor kedua yang menyebabkan android cepat panas adalah keadaan sinyal, atau sinyal tidak stabil, ketika smartphone mencari sinyal, baik itu sinyal wifi atau yang lainnya akan menyebabkan panas.

Jika sudah terbiasa pasti sering menjumpainya saat sedang dalam perjalanan yang sangat sulit untuk mendapatkan sinyal, namun pengguna bersikeras untuk terus menerus mencari sinyal agar Android mudah panas.

3. Aplikasi aktif di latar belakang

Ini adalah kesalahan yang sering ditemui oleh pengguna smartphone atau tablet Android. Jangan menjalankan aplikasi di latar belakang.

Saat aplikasi masih ada di layar dan juga banyak aplikasi yang aktif, akan sangat menguras baterai, dengan penggunaan baterai yang begitu banyak tentunya android anda akan mudah overheat.

4. Gunakan di tempat yang panas

Padahal, agar Android tidak kepanasan, Anda sebagai pemilik gadget harus memperhatikan lingkungan di sekitar Anda.

Anda harus menggunakan ponsel cerdas dan tablet untuk menghindari terik matahari dan suhu tinggi, ini merupakan faktor eksternal yang akan membuat ponsel dan tablet Anda cepat panas.

5. Kerusakan baterai

Kemudian faktor lain yang menyebabkan android cepat panas adalah kerusakan baterai, untuk baterai yang sudah bertambah sebaiknya cepat menggantinya, karena baterai mudah habis dan juga mudah panas.

Cara mengatasi Android Cepat Panas

apa yang harus dilakukan dengan smartphone yang cepat panas

Ada beberapa langkah mudah menghindari android overheat, mengatasi masalah terkecil, anda sudah menormalkan keadaan hp dan tablet anda, lalu cara mengatasi android overheat sebagai berikut.

1. Periksa kondisi baterai

Sebagai solusi dasar agar Android tidak kepanasan, Anda perlu mengecek status baterai smartphone dan tablet Android yang Anda miliki.

Selain itu, baterai yang bagus memiliki daya yang besar, dan saya sarankan Anda memilih baterai Li-Po yang menurut saya memiliki performa terbaik.

2. Hapus aplikasi yang memuat RAM

Maka solusi untuk masalah Android overheat adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi dan game yang memuat RAM.

Karena ketika ada aplikasi di Android yang membebani RAM, kinerja Android meningkat sehingga menyebabkan Android cepat panas.

Selain itu, ada dua cara untuk mengatasi android panas yaitu anda bisa mematikan aplikasi yang tidak perlu, dan anda bisa langsung uninstall atau menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai dan memberatkan android.

Baca juga:   12 Cara Memperbaiki Audio Speaker Laptop PC Mati

Dengan cara ini, smartphone dan tablet Android Anda menjadi lebih ringan dan berjalan lebih cepat, dan ini akan mempengaruhi kinerjanya, yang nantinya tidak terlalu panas.

3. Gunakan jaringan yang stabil

Hal inilah yang menjadi faktor penyebab smartphone Android mudah panas, sebenarnya tidak berpengaruh secara langsung, namun jika dibiarkan dapat menyebabkan suhu naik secara berlebihan.

Lalu jika anda menjumpai hal tersebut, lalu bagaimana cara mengatasi overheating, karena dapat diatasi dengan mudah.

Anda hanya perlu menggunakan penyedia jaringan yang memiliki koneksi stabil, meskipun sinyalnya tidak terlalu kuat, setidaknya sedang. Anda dapat memilih penyedia jaringan yang mendukung koneksi tabular di wilayah Anda.

Secara umum, beberapa provider telekomunikasi menyediakan jaringan koneksi 3G secara keseluruhan ke beberapa wilayah negara.

4. Simpan Ponsel dan Tablet Android dengan Benar

Tentang cara mengatasi masalah Android yang cepat panas, yaitu Anda perlu menyimpan ponsel dan tablet Android di tempat yang tepat, sebagian besar pengguna mengabaikannya.

Alangkah baiknya jika ponsel android tidak bisa diletakkan di sembarang tempat, jadi hindari terkena sinar matahari langsung. Jika terlalu lama akan berdampak buruk, yaitu dapat merusak komponen atau hardware Android.

Saat smartphone Android berada di tempat yang lembap, lebih berisiko kemasukan air, meski dalam jumlah sedikit, apalagi jika smartphone tersebut tidak tahan air.

Jika suhu terlalu rendah akan menyebabkan komponen perangkat keras Android mudah berkarat, yang akan berdampak fatal pada setiap komponen yang berkarat.

5. Bersihkan HP dan tablet Android Anda dari debu

Tidak sedikit dari mereka yang mengabaikan masalah menjaga kebersihan perangkat Androidnya, padahal Anda memang perlu menerapkan kebersihan.

Karena debu yang menempel pada ponsel dan tablet Android dapat menyebabkan kepanasan, hal ini dapat terjadi karena bukaan pada casing jika tertutup debu tidak akan memungkinkan suhu panas smartphone untuk keluar.

Sebenarnya cara mengatasi android panas kepanasan Caranya sangat mudah, Anda bisa menggunakan cotton buds atau bisa disebut pembersih telinga yang terbuat dari kapas.

Jika sudah demikian, yang harus Anda lakukan hanyalah membersihkan debu ponsel sampai terlihat bersih dan pastikan bagian dalamnya termasuk baterai juga ikut dibersihkan.

Namun Anda perlu memperhatikan untuk memastikan bahwa kapas di pembersih telinga tidak menempel pada perangkat Android.

Baca juga:   7 Cara Mengatasi Your Connection is Not Private di Laptop & Android

6. Jangan gunakan kabel charger yang salah.

Ini adalah sesuatu yang banyak dari kita abaikan, meskipun merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kinerja perangkat Android Anda.

Saat menggunakan kabel pengisi daya untuk mengisi daya baterai, pastikan juga Anda mengisi daya dengan pengisi daya asli dan tidak menggunakan kabel USB.

Anda yang mengisi baterai dengan USB dapat membakar bagian port USB, lebih buruk lagi, dapat terjadi korsleting.

Ini disebabkan oleh ketidakcocokan antara pengisi daya USB dan perangkat Android, bahkan pengisian baterai direkomendasikan oleh merek ponsel. Dan merek perangkat android Anda yang lulus tes yang baik harus menggunakan pengisi daya asli.

Baca lebih lanjut: Cara mempercepat pengisian baterai.

7. Jangan gunakan Android saat mengisi daya

Penyebab ponsel dan tablet terlalu panas adalah penggunaan Android saat mengisi daya, meskipun hal ini tentu saja tidak baik untuk kelangsungan perangkat Anda.

Anda harus menggunakan Android saat tidak sedang mengisi daya, jika Anda menggunakan Android saat mengisi daya, itu hanya akan menyebabkan perangkat Android menjadi sedikit hangat.

Selain itu, jika Anda melakukannya sepanjang waktu, itu akan membuat baterai Android Anda bertambah dan terkuras. Jadi pastikan Anda tidak menggunakan smartphone Android Anda saat mengisi daya.

Nah, untuk mengantisipasi dan mengatasi ponsel dan tablet Android yang cepat panas, sebaiknya Anda merawatnya dengan baik agar terhindar dari hal-hal yang berdampak negatif pada perangkat.

Perawatan yang rutin dan tepat akan berdampak positif, membuat smartphone Android lebih awet digunakan.

Kesimpulan

Hp Android yang cepat panas disebabkan oleh beberapa hal, seperti penggunaan yang berlebihan, banyak aplikasi yang aktif di background, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas, seperti uninstall aplikasi yang menghabiskan RAM, jangan gunakan ponsel Anda saat sedang mengisi daya, dll seperti yang saya jelaskan di atas.

Nah itu saja sobat, penjelasan saya kali ini tentang cara mengatasi hp android cepat panas, semoga bisa memberikan solusi agar hp android anda mudah di atasi. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait penjelasan ini, Anda dapat bertanya kepada saya di kolom komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com