Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dikenal sulit bagi siswa dari dulu hingga saat ini, sehingga banyak siswa yang berusaha untuk pintar dalam mata pelajaran tersebut, dan tidak sedikit pula yang rela mengambil pelajaran tambahan untuk dapat menguasai matematika.

Namun bagi Anda yang memang ingin jago matematika kini tidak perlu khawatir dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang, karena kini aplikasi untuk membantu Anda belajar matematika dengan mudah dan cepat sudah tersedia gratis di Playstore.

Baca Juga : Aplikasi Belajar Online.

Ada banyak versi aplikasi yang tersedia, ada yang untuk SD, SMP dan SMA, dan ada aplikasi yang menyediakan fitur untuk mengerjakan soal dan disertai dengan diskusi dan jawaban.

Aplikasi untuk belajar matematika di Android

Oke langsung saja saya jelaskan contoh aplikasi pembelajaran matematika terbaik untuk android agar anda bisa menggunakannya dan membantu menyelesaikan soal matematika.

1. Fotomatematika

aplikasi belajar matematika untuk android

Di antara semua aplikasi di atas, ini adalah aplikasi yang paling praktis karena penggunanya lebih mudah digunakan daripada yang lain.

Hal ini dikarenakan dengan aplikasi ini kita hanya perlu memotret/menyelesaikan soal matematika dengan jepretan kamera tanpa menuliskan soal.

Jadi dapat dikatakan bahwa ini adalah aplikasi yang paling praktis dan mudah digunakan. Saat kita memotret suatu masalah, Photomath akan secara otomatis menyarankan solusi dan jawaban. Cukup klik tautan berikut untuk mengunduh aplikasi:

2. Pekerjaan rumah

aplikasi untuk belajar matematika android 2

Aplikasi pertama yang saya rekomendasikan adalah yPekerjaan Rumah – pemecah matematika dalam aplikasi ini akan memudahkan anda dalam menyelesaikan soal matematika, tidak hanya tanpa biaya kuliah, anda akan lebih hemat karena aplikasi ini tersedia gratis di play store.

Sistem kerja dari aplikasi ini adalah Anda hanya perlu menuliskan masalahnya dan kemudian solusi dari masalah tersebut akan muncul secara otomatis.

Untuk peringkat, aplikasi ini cukup bagus dan sudah memiliki sekitar 47 ribu unduhan. Apakah Anda ingin mencoba aplikasi dan ingin mengunduhnya dari Google Play Store? Silahkan download saja.

3. Trik matematika

Aplikasi Android untuk belajar matematika 3

Seperti namanya, aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyelesaikan masalah matematika menggunakan trik yang lebih sederhana dan lebih mudah dipahami. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mempermudah proses bagi Anda yang ingin mempelajari rumus tetapi terlalu sulit untuk diingat.

Baca juga:   6+ Cara Menggandakan Aplikasi Android (Terbukti)

Dengan aplikasi ini, masalah matematika yang Anda kerjakan menjadi lebih sederhana dan lebih mudah untuk dipecahkan.

Aplikasi ini juga menyediakan 15 level bagi penggunanya, disertai dengan skor dari 0 hingga 650 ke atas. Bagi anda yang ingin mendownload silahkan langsung saja download aplikasinya dari Google Play store.

4. Malmath

aplikasi untuk belajar matematika android 4

Aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi pertama, yaitu hanya dengan mengetik soal, solusi soal akan muncul secara otomatis selangkah demi selangkah.

Aplikasi ini mampu menyelesaikan masalah logaritma, aljabar, integral dan trigonometri. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga cocok untuk siswa SMA yang bingung dengan matematika, sehingga sangat cocok untuk Anda download aplikasi ini.

5. Matthew

aplikasi untuk belajar matematika android 5

Aplikasi ini sangat cocok untuk siswa yang ingin menguasai matematika secara gratis.

Mathway sudah memiliki pengguna yang cukup banyak, sekitar 44 ribu pengguna, karena kemudahan penggunaan, aplikasi ini memiliki banyak pengunduh.

Prinsip kerja dari aplikasi ini juga sederhana dan mirip dengan aplikasi lain yaitu dengan hanya menuliskan suatu soal matematika maka akan muncul jawaban beserta solusi dari soal tersebut.

Anda dapat mengerjakan soal matematika dari tingkat mudah, menengah hingga sulit. Jika Anda ingin mencoba aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya langsung dari Google Play Store.

6. Pembantu Matematika Lite

aplikasi untuk belajar matematika android 6

Aplikasi kelima berikutnya yang saya rekomendasikan adalah Math Helper, aplikasi ini tidak hanya memberikan pembahasan sekaligus jawaban soal matematika, tetapi dengan tambahan tersebut kita bisa mempelajari teori dibalik soal matematika tersebut.

Aplikasi ini tidak hanya memiliki sekitar 14 topik matematika secara keseluruhan serta 80 subtopik yang dapat Anda jelajahi di aplikasi ini.

Prinsip pengoperasiannya sama dengan aplikasi lain, yaitu kita harus menuliskan masalah dalam aplikasi, setelah itu kita secara otomatis menerima jawaban dan pertanyaan untuk diskusi. Jika anda tertarik dan ingin mendownloadnya, maka anda bisa langsung mendownloadnya secara gratis di Google Playstore.

7. Matematika

aplikasi untuk belajar matematika android 7

Aplikasi terakhir yang saya rekomendasikan adalah matematika. Aplikasi ini memiliki desain seperti kalkulator yang dapat menyelesaikan banyak masalah, termasuk trigonometri, linier, dan vektor.

Baca juga:   13 Aplikasi Pengelola Keuangan Agar Keuangan Terkendali

Aplikasi ini juga memiliki banyak pilihan bahasa termasuk Jerman, Inggris, Italia, Spanyol, Portugis dan tentu saja bahasa Indonesia.

Cara menggunakan aplikasi ini, Anda hanya perlu menuliskan soal matematika yang rumit melalui kalkulator di aplikasi ini, jawaban dan diskusi akan muncul secara otomatis.

Tertarik dan ingin mencoba? Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play store, Anda dapat mengunduhnya sendiri.

8. Rumus matematika lengkap

7 aplikasi matematika terbaik

Bagi Anda yang masih duduk di bangku SD, SMP, dan SMA, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk belajar matematika dengan lebih efektif.

Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu membolak-balik halaman buku untuk menemukan rumus, atau mencari buku semester sebelumnya untuk mendapatkan rumus matematika yang Anda butuhkan.

Yang paling menarik adalah anda juga bisa menggunakan aplikasi ini secara offline sehingga anda bisa membuka aplikasi ini kapan saja dan dimana saja tanpa memerlukan koneksi internet.

Selain fungsi dan rumus lengkap, dalam aplikasi ini Anda juga akan mendapatkan kumpulan trik cepat untuk membantu Anda menyelesaikan soal matematika dalam waktu singkat.

9. Solusi matematika

7 aplikasi matematika terbaik

Bagi Anda yang terjebak dengan masalah matematika dan tidak tahu harus bertanya ke mana dan ingin solusi cepat dengan penjelasan?

Maka aplikasi Solusi Matematika ini hadir untuk menjawab kebingungan Anda. Dalam aplikasi “Solusi matematika” Anda akan menerima jawaban atas pertanyaan yang diajukan beserta deskripsi penjelasannya.

Anda hanya perlu memilih kategori pertanyaan yang ingin Anda tanyakan lalu masukkan pertanyaan matematika yang ingin Anda tanyakan. Selain itu, akar dari aplikasi ini menjelaskan tahapan pekerjaan hingga diperoleh hasil penyelesaian.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mempelajari cara menyelesaikan masalah lain dengan jenis yang sama.

10. Kalkulator MyScript

7 aplikasi matematika terbaik

MyScript Calculator adalah aplikasi kalkulator untuk Android yang saat ini telah dilengkapi dengan beberapa fitur dan teknologi canggih. Dengan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi mengetik untuk memasukkan angka yang ingin Anda hitung.

Karena Anda hanya perlu menuliskan angka yang Anda hitung di layar, aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi teks Anda dan kemudian mengubahnya menjadi huruf digital yang dapat dibaca oleh ponsel Anda.

Baca juga:   Cara Unduh Video TikTok Tanpa Watermark / Tanda Air

Nantinya, aplikasi ini akan secara otomatis menghitung angka yang Anda tulis dan kemudian mengembalikan hasilnya. Ada beberapa operasi matematika yang didukung oleh aplikasi MyScript Calculator, antara lain operasi dasar, trigonometri, eksponen, logaritma, konstanta, dan trigonometri terbalik.

11. Kalkulator pecahan

7 aplikasi matematika terbaik

Seperti namanya, aplikasi Kalkulator Pecahan adalah aplikasi kalkulator yang dirancang khusus untuk menyelesaikan operasi pecahan. Aplikasi ini tidak hanya dapat menampilkan jawaban, tetapi juga menyertakan penjelasan tentang proses penyelesaiannya.

Dengan cara ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui cara menyelesaikannya, dan Anda dapat menghitungnya sendiri jika menemukan perhitungan yang serupa.

Jika Anda lebih suka desimal, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengubah pecahan menjadi desimal secara akurat.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil yaitu hanya 5 mb. Jadi aplikasi ini sangat ringan, mudah dan cepat untuk diakses.

12. Saimat

7 aplikasi matematika terbaik

Bagi anda yang masih mengalami masalah dalam menyelesaikan soal aljabar dan kalkulus, aplikasi ini dapat menyelesaikan masalah anda.

Karena aplikasi ini dirancang khusus untuk menyelesaikan masalah dalam aljabar dan kalkulus. Aplikasi Cymath juga dapat membantu Anda menjelajahi topik ini dengan penjelasan langkah demi langkah.

Untuk jenis aljabar yang didukung oleh aplikasi ini, yaitu faktorisasi, logaritma, persamaan, persamaan kuadran, eksponen dan sebagainya. Mengenai jenis pembahasan kalkulus, aplikasi ini mendukung perhitungan aturan pertanyaan, aturan rantai, aturan produk, integral, sepuluh ada banyak lainnya.

Kesimpulan

Belajar matematika sangat mudah sekarang, kita bisa belajar matematika melalui aplikasi. Hanya dengan aplikasi yang saya sebutkan di atas Anda dapat belajar matematika sendiri. Dengan cara ini, kemampuan Anda dalam pelajaran dapat diratakan.

Lihat juga: Aplikasi belajar bahasa Korea.

Seperti artikel tentang aplikasi terbaik dan gratis untuk belajar matematikasekarang kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk belajar matematika, karena kamu bisa mempelajarinya hanya dengan aplikasi dan smartphone.

Jika ada pertanyaan dan ada hal yang kurang jelas diatas bisa langsung ditanyakan pada kolom komentar yang telah disediakan dibawah ini, semoga membantu dan semoga bermanfaat.


https://storyforgeproductions.com