Media sosial adalah media online yang memungkinkan penggunanya untuk saling berkomunikasi/berinteraksi di dunia maya secara online.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang apa itu jejaring sosial, Anda dapat mencoba mengunjungi web sosial yang menyediakan berbagai informasi tentang jejaring sosial online.

Nah, kali ini Teknoinside ingin membagikan beberapa aplikasi chat terbaik saat ini.

Aplikasi obrolan terbaik

Chatting adalah suatu bentuk interaksi online di internet untuk berkomunikasi dengan pengguna internet lain yang juga online atau dengan orang lain yang sedang terhubung dengan internet.

Umumnya dalam sebuah chat, Anda dapat mengirimkan pesan berupa teks, gambar, dan voice note/voice note/rekaman suara. Di bawah ini adalah daftar 5 aplikasi obrolan teratas saat ini.

Lihat juga: Aplikasi kamera.

1. Telegram

telegram

Telegram adalah salah satu aplikasi chat terbaik yang dapat digunakan di berbagai sistem operasi di perangkat kita.

Contoh perangkat seluler adalah Android, Windows Phone, iOS, Ubuntu Touch. Kemudian untuk perangkat komputernya sendiri sudah bisa mendukung sistem operasi Windows, Linux, dan OS X.

Telegram dapat digunakan untuk mengobrol sambil berkirim pesan dalam berbagai bentuk media seperti surat/teks, gambar/foto, musik/audio, video, berbagai jenis dokumen lainnya.

Selain fakta bahwa Telegram gratis dan mudah digunakan, berikut adalah beberapa keunggulan Telegram dibandingkan aplikasi obrolan lainnya:

  • Aplikasi Telegram selalu gratis untuk digunakan dan akan selalu tetap gratis di masa mendatang.
  • Aplikasi Telegram ini tidak memuat ponsel karena aplikasi Telegram ini sangat mudah dioperasikan (tidak memakan banyak RAM ponsel/komputer).
  • Aplikasi Telegram Chat ini sudah memiliki layanan cloud untuk menghosting data penggunanya sehingga pengguna bisa saling berkirim pesan lebih cepat.
  • Ukuran aplikasi Telegram sendiri di perangkat seluler relatif kecil dibandingkan dengan aplikasi obrolan lainnya. Ukuran telegram ini hanya sekitar 17 MB (sebanding dengan WhatsApp Messenger yang beratnya sekitar 25 MB).

2. Whatsapp

ada apa

WhatsApp merupakan salah satu jenis aplikasi messaging yang pada dasarnya mirip dengan aplikasi chatting yang cukup populer pada masa kejayaan BBM yaitu BBM Messenger.

Menurut sosmedtoday.com, aplikasi WhatsApp sama dengan Telegram, yaitu bisa digunakan di berbagai platform sistem operasi di perangkat kita.

Baca juga:   10+ Aplikasi Edit Foto di Laptop Ringan: Terbaik 2022

WhatsApp ini menggunakan koneksi untuk komunikasi yaitu jaringan internet 3G ke atas (3G, 4G, 5G, WiFi).

Kami dapat bertukar pesan dengan pengguna WhatsApp lain dalam berbagai cara.

Di Indonesia sendiri, mungkin sekitar 50% penduduk saat ini menggunakan aplikasi chat WhatsApp sebagai alat komunikasi sehari-hari.

Mungkin dibawah ini adalah kelebihan aplikasi chat whatsapp yang membuatnya cukup populer. Beberapa keunggulan aplikasi whatsapp dibandingkan dengan aplikasi lain:

  • Aplikasi WhatsApp ini bisa terhubung langsung hanya dengan menggunakan nomor handphone, tanpa perlu email.
  • Antarmuka pengguna cukup sederhana tetapi memiliki banyak fitur yang dibutuhkan banyak orang.
  • Dapat digunakan di berbagai sistem operasi.
  • Aplikasi WhatsApp gratis untuk digunakan dan tidak ada iklan di dalam aplikasi WhatsApp.
  • Jika Anda menggunakan enkripsi end-to-end, pesan WhatsApp akan sangat aman, privasinya akan terjaga, dan akan sulit diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Garis

garis

Line merupakan aplikasi chatting yang juga gratis dan dapat digunakan untuk berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Android, dan iOS.

Aplikasi Line ini memungkinkan penggunanya untuk mengobrol satu sama lain seperti aplikasi obrolan sebelumnya.

Di telepon, Anda dapat bertukar pesan teks, video, pesan suara, gambar, atau apa pun. Bahkan line sendiri mengembangkan game yang bisa diakses oleh pengguna aplikasi chat line.

Line pernah menduduki peringkat sebagai aplikasi pesan instan terlaris di 42 negara di seluruh dunia.

  • Tampilan aplikasi Line cukup canggih namun rapi, semua fiturnya dikemas dalam antarmuka pengguna yang bagus, sehingga nyaman dan enak dipandang.
  • Ada banyak emoticon dan stiker yang tersedia yang bisa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan teman online kita agar lebih ekspresif dan memudahkan kita untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan.
  • Terdapat timeline yang memudahkan kita untuk mempelajari aktivitas, berita atau informasi yang dibagikan oleh teman dan akun resmi.
  • Dapat digunakan di perangkat seluler dan komputer/laptop.

4. Snapchat

snapchat

Snapchat adalah aplikasi obrolan/pesan foto yang dibuat dan dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Stanford Bobby Murphy, Reggie Brown, dan Evan Spiegel.

Aplikasi Snapchat ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto untuk merekam video dan kemudian melakukan pengeditan sederhana dari bingkai foto/video yang diambil.

Baca juga:   10 Cara Membuat Virtual Memory di Laptop Windows 7/8/10

Anda kemudian dapat mengirimkannya ke pengguna lain yang telah diinstal. Beberapa fitur unggulan Snapchat adalah:

  • Snapchat dapat memberikan keterangan/pesan untuk foto/video yang Anda ambil saat dikirimkan ke orang yang Anda tuju.
  • Snapchat dapat memungkinkan penggunanya untuk menambahkan efek pada foto/video yang telah diambil agar terlihat lebih baik dan lebih menarik.
  • Pengguna Snapchat dapat menetapkan batas waktu bagi penerima snap yang Anda kirim untuk melihat pesan yang Anda kirim (dari 1 hingga 10 detik).
  • Simpan foto dan video Snapchat secara permanen ke penyimpanan lokal perangkat Anda sehingga dapat diunggah ulang ke jejaring sosial lain dan dilihat lagi kapan saja.
  • Anda dapat membuat cerita di fitur cerita. Ini semacam fitur yang hampir mirip dengan timeline seperti aplikasi media sosial pada umumnya saat ini (Facebook/WA/IG juga memiliki fitur ini).
  • Ada fitur obrolan langsung yang dapat Anda gunakan untuk mengirim pesan ke teman Anda di Snapchat.

5. Pesan Facebook

utusan facebook

Facebook Messenger adalah aplikasi resmi yang dikembangkan oleh Facebook untuk memudahkan para pengguna Facebook untuk saling berkomunikasi dan bertukar pesan dengan teman-teman Facebook.

Kita bisa bertukar pesan di aplikasi Facebook Messenger dalam bentuk teks, gambar, atau lainnya.

Sekarang mungkin sebagian besar pengguna Facebook juga telah menginstal Facebook Messenger di perangkat seluler mereka untuk mengobrol dengan teman-teman Facebook mereka.

Berikut adalah beberapa manfaat dari Facebook Messenger:

  • Terdapat suara notifikasi yang bisa kita atur sesuai keinginan kita sehingga mudah untuk mengetahui saat ada pesan masuk.
  • Facebook Messenger memiliki gelembung obrolan yang memudahkan pengguna untuk menanggapi pesan yang masuk.
  • Facebook Messenger memiliki banyak koleksi stiker yang dapat kita gunakan dalam percakapan dengan teman-teman Facebook kita.
  • Facebook Messenger dapat digunakan untuk berkomunikasi dalam bentuk video call atau pesan suara.
  • Tampilan Facebook Messenger cukup elegan dan enak dipandang.

6. WeChat

Wechat

Seperti aplikasi chat lainnya, WeChat memiliki banyak pengguna dari seluruh dunia, terutama di Indonesia.

Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk chatting, Anda juga dapat menggunakannya untuk membaca berita, bermain bersama teman, melakukan pembayaran dan lainnya.

WeChat juga menyediakan banyak stiker animasi yang dapat Anda gunakan dalam obrolan Anda agar lebih menarik. Anda bahkan dapat membuat stiker sendiri.

Salah satu kelebihan WeChat adalah dapat membuat grup atau obrolan dengan lebih dari 500 anggota. Pada saat yang sama, panggilan video grup dapat dilakukan hingga 9 orang.

Baca Juga : Aplikasi Belajar Online.

7. Instagram

Instagram

Kita tahu bahwa Instagram adalah platform media sosial yang digunakan untuk berbagi foto dan video dengan orang-orang.

Namun selain berbagi foto dan video, di Instagram kita juga bisa mengobrol dengan teman. Jadi, Instagram memiliki fitur DM yang bisa kamu gunakan untuk mengobrol dengan orang lain.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh para artis dan public figure, selain itu juga memiliki fitur filtering dan editing foto yang menarik.

Untuk membuat foto atau video yang Anda bagikan dengan teman dan pengikut Anda menjadi lebih baik dan lebih indah.

8.Skype

skype

Skype merupakan aplikasi layanan pesan singkat dan video call yang dimiliki oleh Microsoft, sehingga Anda tidak perlu meragukan kualitas dari aplikasi ini.

Skype dikenal sebagai aplikasi video call dengan kualitas video yang sangat jernih alias HD.

Ternyata selain untuk video call, Skype juga banyak digunakan untuk berkirim pesan, seperti halnya aplikasi chatting pada umumnya.

Bahkan Skype memiliki fitur mirip WhatsApp, yaitu SMS Connect untuk membalas dan membaca pesan SMS di ponsel Anda langsung melalui komputer.

Fitur Skype termasuk obrolan, panggilan suara dan video, koneksi SMS, emotikon, dan berbagi.

Kesimpulan

Aplikasi chatting yang paling banyak digunakan saat ini adalah WhatsApp dimana hampir semua pengguna Android memasang WhatsApp di ponselnya.

Selain WhatsApp, ada juga Telegram, Facebook Messenger, dan lain sebagainya yang tak kalah populer dari WhatsApp.

Nah, kali ini ada artikel dari Teknoinside tentang aplikasi chatting terbaik dalam artikel berjudul “Aplikasi Obrolan Terbaik Sejauh Ini”.

Kami berharap artikel ini dapat membantu untuk menambahkan tautan teman ketika mereka ingin menemukan aplikasi obrolan untuk digunakan.

Anda juga dapat mengunjungi jejaring sosial Internet untuk menemukan informasi lain tentang hal-hal seperti itu.


https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   3 Cara Mencari dan Mengganti Kata di Word 2022