Saat menulis kode, editor teks ini merupakan faktor yang sangat penting dalam memungkinkan pemrogram untuk menyelesaikan proyek mereka dengan cepat.

Dengan demikian, editor teks juga sangat penting bagi programmer saat membuat program.

Ada banyak editor teks untuk laptop dan komputer, dari yang berbayar hingga yang gratis. Namun kali ini saya hanya akan membahas yang gratis saja.

Baca juga: Aplikasi Editor Teks Android.

Aplikasi editor teks di komputer dan laptop

Sebuah aplikasi text editor biasanya memiliki berbagai fitur umum seperti search, syntax replacement, code folding, line number, snippet, syntax highlighting, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah 5 aplikasi editor teks paling direkomendasikan yang dapat Anda coba.

1. Teks yang bagus

daftar aplikasi editor teks terbaik untuk coding di pc dan laptop

Aplikasi coding pertama di laptop paling ringan Teks luhur. Tampilan editor teks ini sangat dinamis dan memiliki banyak fitur.

Ini menjadikan teks luhur salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan. Software ini juga dapat diinstal di berbagai platform seperti Linux, Windows dan Mac Os.

Anda juga dapat menggunakan editor teks ini secara gratis, tetapi Anda perlu membeli lisensi untuk mengakses semua fiturnya. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari situs web resmi atau dari tautan berikut.

2. Notepad++

daftar aplikasi edit teks gratis terbaik untuk pc untuk pemula

Aplikasi termudah kedua untuk diprogram di laptop Notepad++. Anda mungkin sudah akrab dengan editor teks ini.

Bagi saya, ini adalah aplikasi editor teks pertama yang saya gunakan untuk mendukung aktivitas coding.

Meski namanya hampir sama buku catatan namun fitur yang ditawarkan oleh editor teks notepad++ ini sangat lengkap.

Selain itu, aplikasi ini juga sangat ringan, itulah sebabnya editor teks ini populer di kalangan programmer.

Aplikasi ini juga dibagikan secara gratis di situs resminya yaitu Notepad++. Tapi, sayangnya, aplikasi ini disediakan hanya untuk sistem operasi Windows.

Baca juga:   5 Cara Mengatasi RAM Laptop yang Tidak Terbaca

3. atom

daftar aplikasi editor teks terbaik untuk pc dan laptop

Untuk yang berikutnya, kami akan merekomendasikan Atom. Aplikasi ini terkenal di kalangan programmer karena memiliki beberapa fitur menarik dibandingkan text editor lainnya.

Fitur andalannya adalah pencarian kabur untuk membuka file dengan cepat, pencarian cepat dan penggantian di seluruh proyek, dan banyak lagi.

Aplikasi ini juga mendukung berbagai platform seperti Windows, Mac OS dan Linux.

Tampilan aplikasi editor teks ini juga sangat dinamis, Anda dapat mengunduh editor teks ini dari situs resminya atau dari tautan berikut.

4. Editor ultra

daftar aplikasi editor teks terbaik untuk pc dan laptop

Aplikasi termudah keempat untuk diprogram di laptop ultra-editorEditor teks ini mendukung sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Fitur hebat dari aplikasi ini adalah pencarian dan penggantian multi-baris, penanganan file besar, penyorotan sintaks, dukungan Unicode, pengeditan teks pada disk Dan banyak lagi.

Anda dapat mengunduh editor teks ini dari situs web resmi UltraEdit atau dari tautan berikut.

5. Komodo Sunting

Daftar 5 Aplikasi Coding di Laptop Pc-4 Paling Ringan

Nah yang terakhir mungkin bisa dicoba Komodo Sunting. Di editor teks ini, Anda dapat memilih tema antarmuka. Ini juga mendukung sistem operasi Windows, Mac O dan Linux.

Selain itu, Komodo Edit juga mendukung berbagai bahasa pemrograman seperti python, ruby, perl sql, css, php dan masih banyak lagi.

6. Ikan biru

ikan biru

BlueFish adalah editor teks yang dapat digunakan di Windows, Linux dan Mac OS. Namun, aplikasi ini lebih optimal jika digunakan pada sistem operasi Linux.

BlueFish sangat ringan, meskipun Anda dapat menggunakan aplikasi ringan ini untuk memproses file yang cukup besar, tetapi secara berkala agar kecepatan pemrosesan tetap stabil.

Dalam aplikasi ini, Anda dapat menggunakan berbagai fungsi seperti mencari, menambahkan tabel, memformat baris kode, dll. Ada juga fungsi snippet yang dapat meningkatkan produktivitas kita.

Baca juga:   10 Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Drop

7. Wim

vim

Vim adalah editor teks yang sudah ada sejak lama dan merupakan salah satu editor teks terbaik saat ini. Jika Anda pengguna Linux, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Karena Vim adalah editor teks default dari Linux, yang digunakan untuk mengedit dan membuka baris kode dalam file. Tampilan aplikasi Vim sangat sederhana.

Tetapi dalam hal kecepatan, Vim tidak dapat disangkal. Vim adalah salah satu editor teks terbaik dan sangat mudah digunakan.

8. Emaks

emax

Editor teks berikutnya adalah Emacs, editor teks yang sangat populer di kalangan pengguna Linux. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1976 oleh proyek GNU.

Aplikasi ini ditulis menggunakan bahasa Lips dan C. Namun, emacs memiliki beberapa fitur seperti penelusuran berita, email, dan debugger.

Apa yang dilakukan aplikasi ini adalah adanya file manager yang bisa Anda gunakan untuk memainkan Tetris. Selain itu, Vim juga mendukung bzr, git, hg, subversion dan sebagainya.

9. Gini

Gini

Jika Windows memiliki Notepad++, Linux memiliki Geany. Aplikasi ini adalah editor teks alternatif untuk Linux. Geany adalah editor teks yang sangat ringan mirip dengan Notepad++.

Karena aplikasi ini hanya membutuhkan GTK+ untuk menjalankannya. Tetapi meskipun aplikasi ini ringan, ia memiliki banyak fitur yang dapat Anda gunakan.

Contohnya adalah pelipatan kode, penyorotan sintaks, pemrograman penyelesaian kode, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga mendukung C, Java, HTML, PHP, Python dan lain sebagainya.

10. Tanda kurung

tanda kurung

Bagi anda para web designer pasti sudah mengetahui tentang Bracket. Brackets adalah editor teks terbaik khusus untuk desain web.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilannya yang modern dan terlihat rapi. Tanda kurung ini juga mendukung sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS.

Baca juga:   10 Aplikasi Tema SMS Android Terbaik 2022: Keren

Fitur menarik dalam aplikasi ini adalah highlight, shortcut keyboard, dan mode bebas gangguan. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki split screen untuk mengedit beberapa dokumen sekaligus.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengedit teks, baik di Windows, Linux atau Mac OS. Anda dapat menggunakan salah satu rekomendasi di atas.

Nah, ini dia daftar 5 aplikasi coding di laptop teringan. Anda bisa mencoba beberapa program di atas untuk menunjang aktivitas pemrograman Anda. Jika Anda memiliki rekomendasi editor teks lain, tulis di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com