Windows sendiri sudah memiliki banyak built-in driver yang memudahkan pengguna untuk menghubungkan perangkat kerasnya ke komputer sehingga terbaca dengan baik di komputer.

Namun sayangnya, jumlah driver bawaan di Windows terbatas, belum lagi driver untuk perangkat keras yang memiliki fungsi khusus.

Oleh karena itu, Anda memerlukan perangkat lunak untuk menemukan driver secara otomatis. Sebagian besar program yang digunakan untuk driver otomatis memerlukan koneksi Internet untuk mengunduh driver.

Aplikasi Driver Notebook

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang 5 program untuk mencari driver secara otomatis tanpa koneksi internet. Apa perangkat lunak ini? Silahkan baca artikel berikut dengan seksama.

1. Paket driver

Solusi DriverPack Offline

Yang pertama adalah software bernama DriverPack Solution Offline yang bisa anda download secara gratis. Perangkat lunak ini digunakan untuk menemukan driver secara otomatis dengan memindai perangkat keras dan perangkat lunak yang Anda gunakan.

Setelah itu, perangkat lunak ini akan memilih driver terbaik yang paling cocok untuk perangkat keras dan perangkat lunak yang Anda gunakan.

Ada dua versi software DriverPack Solution ini: versi online dan versi offline. Pada versi online software ini berukuran kecil karena DriverPack Solution Online menggunakan sistem basis data online .

Dengan cara ini, driver yang kita butuhkan akan diunduh secara otomatis hanya ketika terhubung ke Internet.

Sedangkan untuk versi offline, DriverPack Solution Offline berukuran sangat besar dan memiliki format file ISO. Hal ini dikarenakan DriverPack Solution Offline menggunakan sistem database offline.

Jadi driver yang Anda butuhkan sudah ada di file ISO besar. DriverPack Solution Offline dapat digunakan tanpa koneksi internet, meskipun tidak ada internet, Anda masih dapat mengganti driver Anda.

DriverPack Solution Offline memiliki beberapa fitur, antara lain:

  • Software ini dapat bekerja dengan baik pada sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.
  • Ini adalah perangkat lunak yang ringan, sehingga dapat berjalan di berbagai komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu bagus tanpa masalah.
  • DriverPack Solution Offline adalah software portable yang merupakan software portable, sehingga anda dapat menggunakannya langsung di berbagai drive, bahkan anda dapat menggunakannya pada perangkat portable seperti thumb drive.
  • Anda dapat segera menginstal driver yang Anda butuhkan.
  • DriverPack Solution Offline memudahkan untuk menemukan driver terbaru dan ketinggalan jaman. Hal ini dikarenakan DriverPack Solution Offline dapat menampilkan versi driver yang sudah terinstall dan akan terinstall.
  • Menampilkan driver yang sudah diinstal, meskipun perlu diperbarui.
  • Anda dapat mengunduh paket driver tertentu, seperti driver Bluetooth, chipset, pembaca kartu, perangkat input (keyboard, mouse, joystick, touchpad, dll.), modem, kartu jaringan, monitor, pengontrol, printer, TV tuner, smartphone, suara kartu, webcam, kartu video, perangkat Wi-Fi, dan perangkat lainnya.
  • Jika Anda hanya ingin mengunduh driver Bluetooth, Anda dapat mengunduhnya dari berbagai produsen seperti Motorola, Logitech, Broadcom, Realtek, dll.
  • Anda dapat mengunduhnya dalam format 7Z, ukurannya akan lebih kecil dari versi ISO.

Baca juga: Aplikasi untuk edit foto di laptop.

2. Snappy Driver Installer (SDI) Penuh

Penginstal Driver Snappy (SDI) Penuh

Software berikut adalah Sappy Driver Installer atau SDI full version. SDI full version ini softwarenya hampir sama dengan DriverPack Solution Offline yang sudah kita bahas tadi.

Baca juga:   8 Aplikasi Booking Tiket Pesawat Android: Terbaik 2022

Software ini memiliki banyak driver yang memungkinkan kita untuk mengakses driver yang kita butuhkan dengan cepat, bahkan tanpa perlu koneksi internet.

Tetapi pertama-tama Anda perlu mengunduh file yang diperlukan, Anda juga harus mengunduh semua driver milik Penginstal Driver Snappy menggunakan torrent. Ditambahkan, semua file yang perlu Anda unduh berukuran sekitar 13,5 GB.

Jika Anda mengalami kesulitan menggunakan perangkat lunak klien torrent, seperti BitTorrent, Anda dapat menggunakan browser web Opera. Opera adalah salah satu browser terbaik untuk digunakan dengan protokol torrent.

Snappy Driver Installer (SDI) Full memiliki beberapa fitur, antara lain :

  • Seperti halnya DrivePackk Solution Offline, software ini dapat bekerja dengan baik di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan Windows 10, baik 64-bit maupun 32-bit.
  • Driverpack adalah kumpulan paket driver untuk berbagai perangkat keras seperti kartu video, kartu suara, dll. Semua driver yang diunduh dikumpulkan di sini.
  • Torrents dapat digunakan untuk mengunduh semua paket driver yang tersedia.
  • Memungkinkan Anda untuk memfilter hasil, ini untuk menampilkan driver yang sudah diinstal, belum diinstal dan driver yang sudah diinstal tetapi perlu diperbarui. Dalam mode ahli, perangkat lunak ini juga dapat menampilkan driver terbaru dan usang.
  • Perangkat lunak ini juga dapat menampilkan driver palsu serta driver yang rusak atau tidak valid.
  • Menampilkan informasi tentang HardwareID pabrikan dan driver yang cocok dengan driver yang akan diinstal, dengan driver yang sudah diinstal.
  • Membuka dan mencari file INF (informasi) dari driver tertentu.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video.

3. Sam Driver 15.5

Sam Driver 15.5

Selanjutnya adalah Sam Driver 15.5, software ini tidak menggunakan kata “paket” dalam namanya seperti software di atas. Meski begitu, sam driver adalah software yang berisi sekumpulan driver.

Baca juga:   6 Cara Menggunakan dan Install TutuApp (Terbaru 2022)

Anda dapat mengunduh perangkat lunak yang dikembangkan oleh SamLab secara gratis menggunakan TORRENT untuk mencari driver secara otomatis tanpa memerlukan koneksi Internet.

Agar Anda dapat menggunakan Sam Driver 15.5 secara offline atau tanpa internet, Anda perlu mengunduh file ISO terlebih dahulu. File ISO ini adalah kumpulan driver, file ini berukuran besar, kurang lebih 10 GB. Driver ini dapat digunakan di hampir semua sistem operasi Windows.

Sam Driver 15.5 memiliki beberapa fitur diantaranya:

  • Memiliki fungsi mendeteksi driver yang belum terinstall, sudah terinstall, serta driver yang sudah terinstall namun perlu di update, fungsi ini disebut detektor pengemudi.
  • Keanehan pembaruan driveryang memungkinkan Anda memperbarui driver lama secara otomatis untuk meningkatkan kinerja komputer Anda.
  • Keanehan unduh driver, yaitu secara otomatis akan mendownload diver online jika driver yang digunakan sudah usang atau ada yang lebih baru.
  • Keanehan penginstal driverperangkat lunak ini akan diinstal secara otomatis dan Anda perlu menginstalnya secara manual.

4. Paket Pengemudi Cobra 2013

Paket Pengemudi Cobra 2013

Berikutnya adalah Cobra Driver Pack, tidak jauh berbeda dengan software sebelumnya, anda juga bisa menggunakan software ini untuk mencari driver secara otomatis tanpa internet.

Namun sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu mendownload file ISO yang berisi driver tersebut. Ukuran file ISO ini cukup besar, namun dibandingkan dengan file ISO pada software Cobra Driver Pack 2013 sebelumnya tidak terlalu besar, hanya sekitar 4,5 GB.

Anda juga dapat menggunakan Cobra Driver Pack 2013 untuk PC dengan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8.

Untuk sistem operasi Windows 10, saya tidak merekomendasikannya. Cobar Driver Pack 2013 berisi driver yang lebih lama (2013) dan Windows 10 sendiri dirilis pada tahun 2014. Jika dipaksakan, dikhawatirkan akan terjadi. menurunkan versi driver atau penggerak konflik.

Software ini memudahkan kita untuk menginstal driver untuk berbagai hardware.

Software ini juga dianggap sebagai paket driver yang lengkap karena memiliki berbagai macam driver seperti video card, sound card, printer, dll.

Baca juga:   15 Cara Mempercepat Kinerja Laptop: Lemot, Lag, Macet

Dengan perangkat lunak ini, Anda juga dapat memperbarui dan memperbarui driver Anda dengan cepat. Cobra Driver Pack 2013 memiliki antarmuka yang mudah digunakan bahkan untuk pemula.

Cobra Driver Pack 2013 memiliki beberapa fitur diantaranya :

  • Mudah dipasang, Anda dapat dengan mudah menginstal driver tanpa banyak tindakan pengguna (tidak ada perjanjian lisensi, tidak ada penekanan tombol, dll.)
  • Antarmukanya sederhana dan mudah digunakan, tidak banyak pengaturan untuk dikonfigurasi. Sangat cocok untuk pemula.
  • Perangkat lunak ini akan memindai driver yang ada di komputer dan kemudian membandingkannya dengan driver dalam paket. Jika komputer memiliki driver lama, itu akan diganti dengan yang lebih baru dalam kit.

Lihat juga: Aplikasi pemutar video.

5. Paket driver ringan

Paket driver ringan

Dan software yang terakhir adalah Easy Driver Pack. Software ini hampir sama dengan software sebelumnya, anda perlu mendownload file yang berisi paket-paket driver terlebih dahulu sebelum anda dapat menggunakannya secara online, bedanya Easy Driver Pack membagi paket tersebut menjadi 5 file zip.

File zip ini memiliki ukuran total sekitar 2,5 GB. Ukuran ini relatif kecil dibandingkan dengan paket lainnya. File ini terbagi menjadi 5 versi driver, yaitu driver Windows 8, 7, 10 dan Windows XP.

Easy Driver Pack memiliki beberapa fitur, antara lain:

  • Isi dari disk cukup efisien karena kita bisa memilih sesuai dengan sistem operasi yang kita gunakan. Misalnya, jika Anda hanya menginginkan paket driver Windows 8 x64, Anda tidak perlu mengunduh paket driver lain.
  • Dengan mengekstrak driver yang sudah terpasang di sistem operasi, akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan ini. cadangan sebaik membangun kembali untuk platform yang sama pada waktu tertentu.
  • Antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna seperti Pengaturan perangkat pada Windows, ini memudahkan untuk memilih driver mana yang akan Anda instal atau cadangkan.

Kesimpulan

Itu tidak banyak aplikasi untuk driver tanpa koneksi internet, walaupun hanya berlima, tapi diskusinya banyak, hehehehe. Jika Anda memiliki sesuatu untuk ditambahkan ke daftar di atas, silakan tambahkan melalui kolom komentar.

Semoga setelah itu anda bisa memilih driver yang paling cocok untuk komputer anda, jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat.


https://storyforgeproductions.com