File manager adalah aplikasi yang sangat penting yang harus ada di setiap smartphone atau tablet.

Dengan adanya aplikasi file manager akan memudahkan Anda dalam mencari file, mengelola file, mengelola penyimpanan, memindahkan data dari file ke file, dan lain sebagainya.

Namun masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya aplikasi file manager ini. Mereka cenderung lebih suka mengunduh game atau aplikasi yang mereka sukai.

Padahal sebenarnya aplikasi file manager sangat penting untuk mengelola atau mengelola data pribadi Anda, termasuk salah satunya yaitu download game dan aplikasi yang disukainya.

Aplikasi pengelola file Android

Oleh karena itu, Teknoinside akan memberikan artikel tentang aplikasi manajemen file Android terbaik. Langsung saja kita simak ulasan selanjutnya.

1. Manajer file pintar

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Aplikasi pengelola file pertama adalah aplikasi Smart File Manager. Aplikasi Smart File Manager memiliki set fitur yang sangat lengkap dan mudah digunakan.

Selain itu, aplikasi Smart File Manager ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi dengan performa optimal namun tetap menghemat waktu dalam pengelolaan file.

Berikut ini adalah fitur utama dari aplikasi Smart File Manager:

Kategori Berkas

Mengelompokkan dan mengumpulkan file dengan cara memisahkan file di penyimpanan sehingga dikelompokkan menurut ekstensi file. Misalnya file mp3 dari mp3, file video dari video.

Pengaturan tampilan warna

Tampilan dan perubahan warna tersedia untuk mengatur mode terang atau gelap dan mengubah warna sesuai keinginan.

Keamanan dengan PIN

Tanpa aplikasi kunci lainnya, aplikasi Smart File Manager Explorer mengamankan data langsung dari aplikasi. Anda dapat memasukkan dan mengaktifkan PIN di pengaturan > keamanan.

Transfer multi file/data

Ada 2 jaringan FTP yang sangat mudah digunakan. Cukup dengan menyalakan dengan klik peluncuran. Kemudian buka alamat yang disediakan di aplikasi di browser PC agar bisa disimpan dengan mudah.

Semua data, file dapat dipindahkan tanpa batasan apapun, serta menyimpan file dari smartphone Android ke laptop.

Menampilkan mode root (bila sudah di-root)

Fitur ini akan aktif jika smartphone di-root, terkadang Anda membutuhkan akses root. Dengan aplikasi ini akan sangat memudahkan untuk mengelola file.


Pengetahuan tentang sistem, proses, aplikasi yang diterapkan

Menampilkan aplikasi pada sistem dengan informasi lengkap tentang ukuran dan waktu itu diinstal pada perangkat. Aplikasi ini memiliki fungsi membuka dan menghentikan pencadangan. Juga menampilkan aplikasi yang sedang berjalan pada sistem.

Kompres file

Baca juga:   5 Cara Menghapus Cache di HP Android Sampai Bersih

Jika Anda memiliki file besar?, sekarang dengan Smart File Manager Explorer. Anda bisa memperkecil ukuran file tanpa merusak file dengan cara mengompresnya dalam format .zip agar lebih ringan dan bisa langsung dibuka di aplikasi ini tanpa harus melakukan dekompresi file.

Ekstrak file

Memiliki format terkompresi seperti zip, rar dan lain-lain. Dengan aplikasi ini, Anda dapat langsung membuka dan mendekompresi (kompres ekstrak) dengan mudah, cepat dan aman.

Antarmukanya elegan dan mudah digunakan, memiliki kombinasi warna yang nyaman. Kemudian Smart File Manager Explorer siap mengelola file, folder, dan aplikasi Anda dengan aman dengan berbagai manfaat.

Jika anda tertarik dengan aplikasi Smart File Manager, anda bisa langsung mendownload aplikasi Smart File Manager secara gratis dari link berikut ini.

Baca juga: Download aplikasi Story WA.

2. Penjelajah file ES

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Menggunakan aplikasi ES File Explorer, Anda dapat memiliki tampilan yang baik dari file yang Anda cari meskipun data sudah dimuat dengan data lain. Aplikasi ES File Explorer memiliki banyak kemungkinan.

Kelebihan dari aplikasi ES File Explorer adalah memiliki antarmuka yang sangat sederhana, dukungan penyimpanan cloud, akses root, pengelola file jarak jauh, dukungan FTP dan WebDAV, dan sejumlah fitur tambahan lainnya.

Aplikasi ES File Explorer tersedia tidak hanya secara gratis, tetapi juga dalam versi premium yang perlu Anda beli. Jika Anda tertarik dengan Aplikasi ES File Explorer, Anda dapat langsung mengunduh Aplikasi ES File Explorer secara gratis.

3. Manajer file yang luar biasa

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Aplikasi file manager selanjutnya adalah aplikasi Amaze File Manager, walaupun tergolong aplikasi yang terbilang baru namun sudah cukup banyak yang digunakan, mungkin karena aplikasi ini berukuran kecil sehingga banyak yang tertarik dan ingin menggunakannya.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Amaze File Manager antara lain SMB file sharing, root explorer, material design, uninstall apps, dan masih banyak lagi.

Memiliki ukuran yang cukup ringan, yaitu hanya 3,85 MB. Jika Anda tertarik dengan Aplikasi Amaze File Manager, Anda dapat langsung mengunduh Aplikasi Amaze File Manager secara gratis dari Google Play Store atau tautan berikut.

4. Manajer File

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Aplikasi pengelola file keempat adalah aplikasi Manajer File. Dengan aplikasi File Manager, Anda dapat mengelola semua file yang ada di penyimpanan di ponsel cerdas Anda.

Aplikasi File Manager memungkinkan pengguna mengelola semua data dan file dengan mudah di ponsel cerdas mereka.

Baca juga:   4 Cara Menghilangkan Suara Vokal Lagu di Android

Selain itu, Anda juga dapat mengelola semua file yang telah disimpan baik di penyimpanan utama, kartu SD, drive USB, maupun data yang tersimpan di file unduhan. Tidak hanya itu, aplikasi File Manager juga menawarkan fitur remote untuk melacak file-file di smartphone Anda.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi File Manager, Anda bisa langsung mendownload aplikasi File Manager secara gratis melalui Google Play Store atau link berikut.

Lihat juga: Aplikasi pemotong video.

5. Penjelajah akar

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Sudah cukup banyak orang yang melakukan root pada perangkat smartphone Androidnya, salah satu alasan mereka melakukan root adalah karena ingin menyingkirkan aplikasi bawaan yang tidak perlu untuk menambah ruang penyimpanan.

Nah, jika kamu pengguna smartphone Android yang sudah di root, kamu bisa mencoba aplikasi Root Explorer untuk mengelola file di smartphone kamu. Aplikasi Root Explorer dapat menghapus aplikasi bawaan dan dilengkapi dengan penyimpanan cloud dan dukungan SMB.

Anda dapat membeli Aplikasi Root Explorer seharga $3,99. Jika Anda tertarik dengan aplikasi Root Explorer, Anda dapat langsung mengunduh aplikasi Root Explorer dari Google Play Store atau tautan berikut.

6. Manajer File ASUS

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Mungkin setelah membaca judulnya, langsung terpikir oleh Anda bahwa aplikasi File Manager by ASUS hanya untuk smartphone Asus bukan?

Memang benar bahwa semua perangkat Asus dilengkapi dengan aplikasi File Maager ASUS, tetapi aplikasi File Manager ASUS juga kompatibel dengan semua perangkat.

Aplikasi ASUS File Manager memiliki antarmuka yang sederhana dan dapat terhubung ke LAN dan SMB, mendukung penyimpanan cloud, pengarsipan, dukungan untuk berbagai jenis file, dan banyak lagi.

Namun, aplikasi ASUS File Manager ini tidak menyediakan akses root. Jika Anda tertarik dengan aplikasi File Manager by ASUS, Anda dapat mengunduh aplikasi File Manager by ASUS secara gratis langsung dari Google Play Store atau tautan berikut.

7. Tetra Filer

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Aplikasi Tetra Filer difokuskan pada kemampuan pencarian data dengan cepat dan memiliki ukuran aplikasi yang agak kecil.

Meskipun aplikasi Tetra Filer tidak dilengkapi dengan banyak fitur, namun memiliki beberapa fungsi dasar yang penting seperti manajemen file, kompresi file, dan banyak lagi.

Aplikasi Tetra Filer dapat dengan cepat menemukan file yang tersimpan di kartu SD di ponsel pintar Android Anda. Anda dapat mengunduh aplikasi Tetra Filer secara gratis atau berbayar.

Baca juga:   10+ Cara Download Video Line Simpan ke Galeri 2022

Jika Anda memutuskan untuk membelinya, Anda akan mendapatkan beberapa fitur tambahan seperti menampilkan file tersembunyi dan menghapus batasan bookmark.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi Tetra Filer, Anda dapat mengunduh aplikasi Tetra Filer secara gratis langsung dari Google Play Store atau tautan berikut.

Lihat juga: Aplikasi pemutar musik.

8. Konduktor padat

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Aplikasi file manager selanjutnya adalah aplikasi Solid Explorer, Aplikasi Solid Explorer didukung oleh cloud storage, root access, FTP, SFTP, SMB, WebDAV dan CIFS.

Selain itu, aplikasi Solid Explorer juga menawarkan dukungan Chromecast, pengarsipan dan kompresi, dan opsi sinkronisasi yang tersedia.

Banyak orang menggunakan aplikasi ini karena mudah digunakan dan juga menemukan file yang Anda butuhkan dengan cepat.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi Solid Explorer, Anda dapat langsung mengunduh aplikasi Solid Explorer secara gratis dari Google Play Store atau tautan berikut.

9. Manajer File X-Plore

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Aplikasi X-Plore File Manager dapat mengelola dua jendela secara bersamaan, sehingga akan sangat membantu Anda untuk menyalin dan menempelkan file yang diinginkan dengan lebih cepat dan mudah. Anda juga akan disuguhi berbagai fitur lain untuk memudahkan dalam mengelola file yang Anda miliki.

Beberapa fitur unggulan dari aplikasi ini adalah dapat mendukung berbagai jenis file, editor teks bawaan, dukungan perangkat root, penyimpanan jaringan seperti FTP, SMB, DLNA atau UpnP dan banyak fitur lainnya.

Jika Anda tertarik dengan Aplikasi X-Plore File Manager, Anda dapat langsung mengunduh Aplikasi X-Plore File Manager secara gratis dari Google Play Store atau tautan berikut.

10. Total Komandan

10 File Manager Terbaik untuk Smartphone Android

Aplikasi pengelola file terbaru ini sangat menarik. Aplikasi Total Commander menyediakan berbagai fitur yang sangat dibutuhkan penggunanya, seperti dukungan penyimpanan cloud, penyimpanan jaringan, bookmark, dukungan plugin, dan alat lain seperti editor teks.

Dengan demikian, aplikasi Total Commander merupakan aplikasi yang banyak disukai pengguna karena memiliki fitur yang sederhana dan ramah pengguna.

Jika Anda tertarik dengan aplikasi Total Commander, Anda dapat mengunduh aplikasi Total Commander secara gratis langsung dari Google Play Store atau dari tautan berikut.

Nah, itulah artikel dari Teknoinside tentang pengelola file terbaik untuk smartphone Android.

Saran dari teknoinside memilih aplikasi Smart File Manager karena memiliki set fitur yang sangat lengkap, mudah digunakan dan memiliki tampilan dan nuansa yang sederhana. Semoga ini bisa membantu, terima kasih.


https://storyforgeproductions.com