Jadi, ketika berbicara tentang aplikasi kantor, apa itu aplikasi kantor? Aplikasi Office adalah paket aplikasi yang digunakan untuk melakukan berbagai tugas administratif di berbagai lingkungan kerja.

Biasanya ketika kita menginstall aplikasi office, kita mendapatkan tiga macam aplikasi yaitu spreadsheet, word, dan prosentase. Berikut adalah aplikasi office terbaik untuk alternatif Microsoft Office.

Aplikasi kantor gratis terbaik

Namun, saat ini sudah banyak aplikasi perkantoran yang banyak digunakan dan terkenal. Penasaran apa saja aplikasi office itu.

Nah, saya telah merangkum dan merekomendasikan aplikasi office untuk PC terbaik, terpopuler dan paling banyak digunakan, alternatif dari Microsoft Office.

1. Kantor WPS

WPS Office atau yang dulu dikenal dengan Kingsoft Office sering terlihat seperti aplikasi kw Cina untuk Microsoft Office karena pada dasarnya Kingsoft Office adalah aplikasi yang dikembangkan di Hong Kong dengan meniru tiga aplikasi utama Microsoft Office seperti Excel, Word dan PowerPoint (Writer, Spreadsheet). ), dan Presentasi)

Fungsi dan tiga antarmuka aplikasi yang menarik tampaknya mencerminkan Microsoft Office secara langsung, Kingsoft Office memiliki cukup banyak variasi dan opsi penyesuaian.

Aplikasi ini juga cukup cepat, ringkas dan kompatibel dengan format file seperti DOC dan XLS. Terlepas dari fungsi dasar dan dukungan fenomenal untuk pengguna pemula, aplikasi gratis Kingsoft Office juga menyertakan konversi PDF.

Kemampuan untuk membuat e-book multi-halaman, mengelola tab di antara banyak tugas penting lainnya, dan menambahkan tanda air.

Serta beberapa suite kantor gratis lainnya dengan cadangan file terintegrasi dan aplikasi seluler gratis untuk Android dan iOS.

2. Libre Office

Aplikasi selanjutnya adalah LibreOffice, aplikasi ini pada dasarnya adalah sebuah office suite yang bercabang dari Apache OpenOffice pada tahun 2010.

Aplikasi LibreOffice ini menggunakan kode sumber aplikasi dasar yang sama dengan alat produktivitas inti lainnya seperti OpenOffice.

Aplikasi ini bekerja dengan cara yang sama, memungkinkan Anda membuat dan mengedit dokumen yang kompatibel dengan Microsoft Word dan Publisher.

Baca juga:   Kirim File, Foto dan Lainya

Tetapi ia memiliki beberapa fitur dan fungsi lanjutan lainnya mengingat banyaknya ekstensi dan penyesuaian yang tersedia untuk aplikasi penerbit wiki, misalnya, serta pengubah template sederhana.

Nah, perbedaan utama antara LibreOffice dan OpenOffice adalah peningkatan jumlah pengembangan dokumen yang ditambahkan ke aplikasi LibreOffice selama bertahun-tahun.

Aplikasi ringan ini bahkan cocok untuk hard drive portabel atau flash drive standar, memungkinkan pengguna untuk menjalankan Writer, Impress, dan Calc di mana saja.

3. Open Office

OpenOffice adalah salah satu aplikasi perkantoran gratis yang paling populer. Kenapa saya bilang begitu? Karena OpenOffice merupakan aplikasi open source yang sudah ada selama hampir 15 tahun.

Ini berisi serangkaian aplikasi dalam bentuk alat untuk membuat dokumen kata, presentasi, grafik, spreadsheet, database, dan mengakses jenis file umum lainnya.

Aplikasi ini akan menyimpan data aplikasi dalam format standar internasional, termasuk membaca dan menyimpan dokumen Microsoft Word.

Meskipun aplikasi ini mungkin tidak terlalu canggih dalam hal kolaborasi, juga tidak memiliki banyak pilihan template dan transisi PowerPoint, para pengembang terus menambahkan fitur baru seperti kemampuan anotasi dan utilitas untuk pemangkasan interaktif.

itu juga meningkatkan tingkat kontrol dan meningkatkan kompatibilitas file dengan ekstensi umum. Forum komunitas, panduan pengguna, milis, panduan instalasi, dan istilah pencarian yang tersedia akan membantu Anda lebih memahami manfaat aplikasi ini.

4. iWork

Pada dasarnya, iWork adalah jawaban Apple untuk memiliki Google Documents. Setelah masuk dengan nama pengguna Apple, Anda dapat membuat dan mengedit dokumen secara real time, memungkinkan Anda untuk berpartisipasi dalam kolaborasi lintas platform dengan hingga 100 pengguna. iWork juga menyediakan alat dan template untuk membuat email dan laporan di browser. Numbers dan Keynote juga dilengkapi dengan beberapa alat untuk membuat formula dan transisi spreadsheet yang penuh dengan presentasi seperti PowerPoint.

Baca juga:   6 Merk Printer Harga Murah dan Bagus: Terbaik 2022

Nah, aplikasi ini juga kompatibel dengan file Microsoft Office dan semua dokumen Anda juga disimpan di cloud sehingga dapat diakses saat menggunakan aplikasi iWork di perangkat iOS atau Mac. Fitur penting lainnya yang juga dimiliki aplikasi ini adalah kemampuan untuk mengedit dokumen berukuran hingga 1GB, serta mengonversi file ke format ePub, dan kemampuan untuk menyisipkan dan mengedit spreadsheet yang disematkan.

5. Google Dokumen

Aplikasi berikutnya yang disebut Google Documents telah lama menjadi yang terdepan dalam aplikasi perkantoran sumber terbuka dan gratis karena berbagai alasan dan itulah yang membuat Gmail begitu mengagumkan. Aplikasi ini memiliki pengolah kata, spreadsheet, presentasi, dan semua fitur dasar Microsoft Office. Dan aplikasi ini sepenuhnya gratis, selain itu juga dapat diakses secara online melalui layanan penyimpanan awan Google (Google Drive). Ini juga menyediakan koneksi terpusat untuk semua dokumen.

Plus, Anda dapat membuat, berbagi, dan mengedit dokumen dengan siapa saja, baik mereka memiliki akun Google atau tidak. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk melihat perubahan dokumen secara real time, bahkan yang dibuat oleh beberapa orang sekaligus pada dokumen yang sama, seperti editor foto dan formulir online, Google Forms.

Bahkan aplikasi Google Documents mendukung berbagai jenis file, dari dokumen Microsoft Word hingga PDF, belum lagi integrasi hebat dengan layanan seperti Gmail, Google+, dan Google Kalender. Meskipun program ini gratis, Anda dapat meningkatkan dari 15GB untuk mendapatkan penyimpanan tambahan hanya dengan $2 per bulan.

6. Pembuat Perangkat Lunak FreeOffice

Aplikasi selanjutnya yang saya rekomendasikan adalah SoftMaker FreeOffice. Aplikasi ini adalah suite perkantoran kaya fitur yang berfungsi sebagai versi ringan dari aplikasi perkantoran komersial besar. Anda dapat dengan mudah mendapatkan kunci serial yang Anda butuhkan dari situs web SoftMaker FreeOffice, yang menyediakan akses ke aplikasi seperti TextMaker, PlanMaker, dan Presentation.

Baca juga:   Performa, Speed, Uptime dan Harga

Selain itu, aplikasi ringan ini juga menunjukkan waktu loading tercepat dan tampilan terbaik. Memiliki kompatibilitas bawaan aplikasi dengan jenis dokumen milik program lain, seperti Microsoft Word, membuat SoftMaker FreeOffice menarik. Dan paket perangkat lunak lainnya, seperti Presentation dan PlanMaker, berisi banyak alat untuk membuat materi visual dan diagram PowerPoint.

7. Dokumen Zoho

Aplikasi office gratis berikutnya yang saya rekomendasikan adalah Zoho Docs. Aplikasi ini adalah office suite berbasis web yang mengikuti jejak Google Documents. Paket gratis menawarkan penyimpanan online 5GB untuk pengolah kata, spreadsheet, dan alat presentasi. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat dengan aman berbagi dan mengedit data secara real time hingga tiga pengguna, tetapi sayangnya aplikasi ini tampaknya sedikit rumit.

Tapi jangan khawatir, aplikasi ini juga menyediakan alat untuk membuat anotasi dokumen dan melakukan rumus matematika, sinkronisasi desktop otomatis, sistem manajemen tugas terintegrasi, dan alat unggah file massal. Selain itu, Anda juga dapat mengekspor file ke berbagai format seperti ODT dan HTML. Aplikasi seluler tersedia untuk Android dan iOS, memiliki antarmuka yang jauh lebih menarik dan banyak alat yang sama untuk mengunggah, berbagi, dan mengomentari dokumen.

8. Kantor gratis

Free Office adalah salah satu kantor gratis paling populer. Fitur Free Office cukup bersaing dengan Office berbayar milik Microsoft. Selain di komputer, Free Office juga bisa digunakan di Android.

Jadi, ini adalah aplikasi Office gratis terbaik untuk PC, alternatif Microsoft Office yang saya rekomendasikan. Silakan pilih aplikasi yang paling cocok untuk Anda. Kami berharap informasi di atas dapat membantu dan juga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com