Ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan dan instal, kalian juga bisa mendownloadnya secara gratis maupun berbayar.

Namun, ada banyak aplikasi gratis yang bisa Anda nikmati tanpa mengeluarkan uang, biasanya kita bisa menggunakan dan menginstalnya dari Play Store. Namun, jika aplikasi Play Store Anda rusak, Anda juga dapat mengunduhnya dari situs web tepercaya lainnya untuk mengunduh aplikasi yang Anda gunakan.

Aplikasi tersebut dibuat oleh seseorang sehingga memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihan dan kekurangan yang saya sebutkan di atas dan kekurangannya adalah terkadang aplikasi tidak dapat dibuka atau tidak didukung atau bahkan tidak merespons.

Cara mengatasi aplikasi android tidak bisa dibuka

apa yang harus dilakukan dengan aplikasi android yang tidak bisa dibuka

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki aplikasi yang tidak bisa dibuka atau selambat mungkin. Silakan lihat beberapa tips di bawah ini dan semoga dapat membantu.

1. Ganti aplikasi dengan versi lain (update)

Aplikasi ini juga memiliki versi karena terkadang aplikasi diperbarui untuk meningkatkan fitur dan terkadang juga berfungsi sebagai peningkatan dari versi android sebelumnya.

Perubahan versi, yaitu Anda dapat memutakhirkannya atau Anda juga dapat menghapus versi sebelumnya.

Jika aplikasi sebelumnya terbuka dan setelah pembaruan bahkan tidak mendukungnya, maka Anda perlu menurunkan versi aplikasi Android, jika tidak, jika aplikasi yang Anda gunakan saat ini tidak mendukungnya, Anda perlu memperbaruinya.

2. Paksa berhenti dan hapus data

Tindakan ini akan menghentikan dan menghapus data secara paksa, tetapi Anda tidak perlu khawatir, itu tidak menghapus aplikasi Anda, itu hanya menghapus data sehingga kembali ke pengaturan default atau asli.

Cara ini akan menghapus data sementara tentang aplikasi, seperti memory cache, history, bookmark, dan lain-lain.

Baca juga:   6 Cara Menggabungkan Video Online Tanpa Aplikasi

3. Hapus cache memori

Cache adalah file yang disimpan dan bersifat sementara dalam aplikasi. Walaupun terdengar sepele, namun jika tidak dicek dan diakumulasikan akan memperlambat aplikasi itu sendiri.

Oleh karena itu, perlu dilakukan penghapusan cache secara berkala untuk mengurangi penumpukan file sampah dan mengantisipasi aplikasi yang tidak bisa dibuka.

4. Nyalakan ulang ponsel cerdas Anda

Ini adalah langkah terakhir jika semua langkah di atas tidak berhasil. Reboot mirip dengan me-reboot ponsel, tetapi dengan melepas kartu SIM, baterai, dan komponen ponsel lainnya yang dapat dilepas. Caranya mudah dan sangat sederhana.

Pertama Anda harus mematikan ponsel, kemudian keluarkan kartu SIM, baterai, memori eksternal kartu SD, lalu biarkan selama sekitar 30 detik, lalu pasang kembali di ponsel, hidupkan ponsel dan buka aplikasi yang bisa jangan dibuka dulu.

5. Coba ponsel lain

Langkah terakhir adalah mencoba menjalankan aplikasi di perangkat Android atau ponsel lain jika ponsel lain dapat digunakan. Tetapi ponsel Anda tidak, jadi kemungkinan besar tidak kompatibel, pastikan juga spesifikasi ponsel dan sistem operasinya kompatibel.

6. Perbarui Android

Sebagai langkah terakhir, Anda bisa mencoba mengupdate ponsel Android Anda ke versi terbaru dengan cara mengupdate sistem operasi ke level terbaru atau lebih tinggi dari sebelumnya.

Lihat juga: Cara memperbarui Android.

Kesimpulan

Aplikasi yang tidak bisa dibuka adalah masalah umum bagi hampir semua pengguna Android. Namun, masalah ini dapat diselesaikan dengan menggunakan metode yang dijelaskan di atas.

Ini adalah beberapa tips dan langkah-langkah untuk apa yang harus dilakukan dengan aplikasi yang tidak mau terbukacara diatas bisa anda praktekkan saat aplikasi anda mengalami masalah, semoga membantu dan selamat mencoba.

Baca juga:   3+ Cara Mengatur Kecerahan Foto di Photoshop: Lengkap

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada langkah yang kurang jelas, tanyakan pada kolom komentar yang sesuai. terima kasih


https://storyforgeproductions.com