Whatsapp merupakan aplikasi yang sedang populer saat ini, banyak orang yang dulunya menggunakan BBM (Blackbery Messenger) kini menggunakan WhatsApp.

Hal ini dikarenakan whatsapp tidak terlalu berat untuk digunakan, whatsapp juga tidak terlalu memakan kuota kita sehingga banyak orang yang beralih dari bbm ke whatsapp.

Saat Anda mengirim pesan ke teman WhatsApp Anda, Anda akan melihat tanda centang yang berubah tergantung pada kondisi.

Ada 3 jenis checklist yaitu satu checklist abu-abu, dua checklist abu-abu dan tiga checklist biru. Setiap checklist memiliki arti, jadi apa maksud dari checklist di atas?

Dalam hal ini, saya akan menjelaskan tentang tiga checklist sebelumnya. Selain itu, saya juga akan menjelaskan berbagai hal lain yang berkaitan dengan tanda atau simbol di WhatsApp.

Sobat penasaran, oke langsung saja yuk simak ulasan tentang arti tanda atau simbol di whatsapp berikut ini.

Arti simbol cek Whatsapp

apa arti kotak centang di whatsapp

Di situs resmi WhatsApp, mereka menjelaskan bahwa ada 3 jenis simbol atau karakter setelah kita mengirim pesan ke orang lain di WhatsApp.

Ketiga jenis karakter ini termasuk dalam read receipt atau laporan baca di menu Privasi akun WhatsApp.

Membaca laporan adalah fitur yang sangat berguna bagi kami. Dengan fitur ini, kita dapat menampilkan atau mengenali informasi kita sebagai pengirim atau penerima pesan, apakah pesan kita sudah dibaca oleh penerima atau belum di WhatsApp atau sebaliknya.

Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi BBM yang menampilkan aplikasi BBM membaca tanda terima berupa huruf R (Baca).

Whatsapp menunjukkan laporan baca (membaca tanda terima) berupa centang satu dan dua.

Banyak orang yang baru pertama kali menggunakan WhatsApp mengira jika ada tanda centang berwarna abu-abu di Checklist 2, berarti pesan kita sudah dibaca oleh penerima.

Banyak juga yang beranggapan bahwa tanda checklist berarti pesan WhatsApp kita terkirim atau diterima oleh penerima WhatsApp, padahal ini salah tafsir.

Tiga tanda atau simbol checklist di WhatsApp memiliki arti yang berbeda tergantung pada faktor-faktor tertentu.

  1. Periksa satu, artinya pesan sudah terkirim ke server WhatsApp, namun tidak diterima oleh penerima pesan. Saat tanda ini muncul, kemungkinan penerima pesan sedang offline dan data selulernya dinonaktifkan sehingga tidak bisa menerima pesan yang dikirim oleh server.
  2. Centang dua abu-abu, artinya pesan yang kita kirim terkirim dan diterima oleh penerima pesan di WhatsApp, namun penerima pesan tidak membaca pesan tersebut. Mungkin penerima pesan sedang sibuk atau malas membalas pesan dari Anda, hehehehe :v.
  3. Centang dua birudan terakhir, ketika dua tanda centang biru berarti pesan telah dikirim dan diterima oleh penerima pesan, dan pesan dibaca oleh orang yang Anda kirimi pesan di WhatsApp.
Baca juga:   4+ Cara Mengganti Tema Whatsapp di HP Android (Keren)

Kapan pesan dibaca?

Whatsapp memberikan izin kepada kita untuk mengetahui atau melihat kapan pesan yang dikirimkan oleh kita diterima dan dibaca oleh penerima pesan di WhatsApp.

Ini sangat mudah. Buka salah satu chat WhatsApp Anda, tekan dan tahan salah satu baris pesan terkirim selama beberapa detik, lalu tekan simbol informasi (i), lihat gambar di bawah.

WhatsApp kemudian akan menampilkan detail kapan pesan WhatsApp Anda diterima, serta kapan pesan itu dibaca oleh penerima pesan.

Baca juga: Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus.

Nilai tanda centang Whatsapp One

Anda mengirim ke teman, keluarga, atau pacar Anda (jika ada), tetapi mereka tidak membalas pesan Anda.

Hanya ada tanda centang/daftar periksa yang berwarna abu-abu. Apa arti simbol ini dan mengapa pesan kami tidak dijawab.

Jika Anda mengirim pesan ke teman atau kerabat Anda, tetapi hanya ada satu tanda centang, ini berarti pesan Anda tidak diterima oleh penerima pesan.

Pesan Anda baru saja dikirim ke server WhatsApp dan belum sampai ke penerima pesan. Alasan tanda centang terkait dengan ponsel penerima. Salah satu alasan kutu adalah:

  • Penerima pesan tidak memiliki kuota atau tidak terhubung ke Internet.
  • Koneksi Internet penerima tidak stabil.
  • Tidak ada sinyal dari ISP.
  • Penerima menghentikan aplikasi WhatsApp agar tidak berjalan di latar belakang.
  • Penerima tidak lagi memiliki WhatsApp / telah menghapus aplikasi WhatsApp.
  • Telepon penerima dimatikan atau dalam mode pesawat.
  • WhatsApp penerima hanya berfungsi saat aplikasi WhatsApp dibuka. Kemungkinan besar, ponsel yang digunakan penerima memiliki spesifikasi rendah.
  • Penerima telah memblokir nomor Anda di WhatsApp sehingga Anda tidak dapat lagi menghubungi mereka.
  • Dan alasan lainnya terkait dengan keadaan ponsel penerima.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda melihat daftar centang abu-abu.

Pesan Anda terkirim tetapi tidak terkirim ke penerima, pesan Anda hanya terkirim ke server WhatsApp dan tidak terkirim ke penerima.

Arti tanda centang abu-abu ganda di WhatsApp

Setelah pesan WhatsApp Anda telah dikirim ke server dan kemudian juga dikirim ke penerima, Anda akan melihat dua daftar centang abu-abu.

Baca juga:   BI Tarik Dua Jenis Uang Rupiah Emisi 1995, Begini Cara Tukarnya!

Ini berarti bahwa pesan Anda telah dikirim ke penerima, tetapi pesan tersebut tidak dibaca oleh penerima pesan. Kalau dipikir-pikir, ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya dua tanda centang, yaitu:

  • Penerima pesan membaca pesan yang Anda kirim saat koneksi internet terputus atau tidak terhubung ke internet. Mungkin juga penerima membalas pesan Anda, tetapi pesan tidak terkirim karena terputusnya koneksi internet.
  • Penerima pesan telah membaca pesan Anda dan membalasnya, tetapi hanya mencapai server. Anda mungkin tidak tersambung ke Internet, atau sambungan Internet Anda mengalami masalah dan alasan lain yang terkait dengan sambungan Internet Anda.
  • Penerima menonaktifkan notifikasi dari whatsapp sehingga jika ada pesan masuk yang masuk tidak mengetahuinya, sehingga pesan Anda tidak terbaca.
  • Salah satu dari Anda menonaktifkan fitur Laporan Baca atau Membaca tanda terima. Ketika fitur ini dinonaktifkan, Anda tidak dapat mengetahui apakah pesan Anda telah dibaca atau belum.
  • Aplikasi WhatsApp yang Anda atau penerima gunakan terlalu lama atau kedaluwarsa dan perlu diperbarui.
  • Kemungkinan terakhir adalah si penerima pesan terlalu malas untuk membuka aplikasi WhatsApp-nya, atau bisa juga karena terlalu malas untuk mengirimi Anda pesan, hehe.

Anda juga dapat melihat kapan penerima pesan terakhir membuka WhatsApp, Anda dapat melihat ini di gambar profil orang yang Anda kirimi pesan.

Jika terakhir kali dia menonton lebih dari waktu pesan Anda terkirim, maka bisa dipastikan mereka tidak mau atau terlalu malas untuk membaca pesan Anda.

Dua tanda centang abu-abu muncul meskipun mereka menjawab

Saat muncul dua tanda centang, biasanya pesan sudah terkirim tetapi tidak dibaca oleh penerima pesan. Namun terkadang ada kalanya penerima membalas pesan kita, meski sebenarnya masih ada dua tanda centang berwarna abu-abu.

Ada beberapa alasan kenapa bisa muncul tanda centang ganda meski pesan sudah dibalas, yaitu:

  • Keanehan Tanda terima bacaan atau Baca Tanda Terima di menu Privasi dinonaktifkan oleh Anda atau penerima di WhatsApp.
  • Anda atau penerima menggunakan WhatsApp versi lama dan perlu memperbarui.
  • Mungkin menggunakan mod whatsapp pada penerima.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya mengapa beberapa kontak WhatsApp Anda dikirimi pesan dan pesan itu dijawab, mereka masih memiliki dua tanda centang, kemungkinan orang / penerima yang menerima pesan dari Anda telah menonaktifkan fitur tersebut. Tanda terima bacaan.

Hal ini juga berlaku untuk Anda, jika Anda menonaktifkan fitur ini, maka Anda tidak akan melihat dua tanda centang biru yang menunjukkan bahwa pesan telah dibaca.

Baca juga:   3 Cara Cek Root HP Android Semua Merk (Terbukti)

Cara mematikan fungsi membaca laporan

Beberapa orang merasa bahwa dua centang biru adalah pelanggaran privasi mereka. Karena dengan fitur ini, orang yang mengirimkan pesan kepada kita dapat mengetahui saat kita membaca pesan mereka.

Bagi Anda yang peduli dengan fitur ini, Anda bisa mematikannya seperti yang Anda lakukan, sobat.

  1. Buka aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih titik tiga atau overflow di pojok kanan atas. Kemudian pilih Pengaturan.
  2. Buka “Akun”, lalu pilih “Privasi”.
  3. Setelah itu scroll ke bawah dan hilangkan checklist atau tanda centang yang terdapat pada read report.
cara mematikan fitur tanda terima baca

Baca Juga: Cara Memulihkan Obrolan WhatsApp yang Dihapus.

Setelah Anda menonaktifkan fitur ini, orang yang Anda kirimi pesan tidak akan tahu apakah Anda telah membaca pesan mereka atau belum.

Tidak hanya mereka, tetapi Anda juga tidak dapat mengetahui apakah pesan Anda telah dibaca atau belum saat Anda mengirim pesan dan sudah terkirim.

Kesimpulan

Pesan yang sudah terkirim dan muncul satu tanda centang, ketika pesan dihapus, pesan tersebut akan tetap datang.

Pesan yang Anda kirim ke penerima akan tetap terkirim nanti, meskipun hanya ditandai dengan satu tanda centang, pesan itu akan tetap terkirim meskipun Anda menghapusnya dari ponsel Anda.

Karena tanda centang yang satu ini berarti pesan sudah terkirim ke server WhatsApp dan saat penerima sedang online maka server akan otomatis mengirimkan pesan.

Anda tidak akan dapat membatalkan pesan terkirim. Tidak seperti BBM, semua pesan yang Anda kirim tidak dapat ditarik kembali. Jika Anda tidak menggunakan WhatsApp BETA.

Whatsapp BETA dikatakan memiliki fitur yang disebut Batalkan Kirim yang berarti membatalkan atau membatalkan pengiriman. Namun versi BETA ini memiliki banyak kekurangan dan banyak hambatan untuk digunakan.

Seperti yang sudah Anda pahami arti dari simbol atau tanda centang di WhatsApp. Masih bingung. Silahkan bertanya di kolom komentar, jika saya bisa menjawab saya akan menjawabnya.

Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian agar mereka bisa mengerti.


https://storyforgeproductions.com