Aturan bagasi Garuda menjadi sorotan setelah beredar video klip perkelahian antara penumpang dan pegawai bandara Garuda Indonesia.

Pasalnya, penumpang harus membayar denda Rp 2 juta karena membawa 3 dus bika Ambon. Untuk menghindari kesalahan, simak pembahasannya di artikel selanjutnya!

Perjalanan udara

Bepergian ke negara yang jauh, beberapa orang memilih pesawat terbang sebagai alat transportasi mereka. Karena waktu tempuh pesawat lebih cepat dan angka kecelakaan sangat kecil dibandingkan moda transportasi lainnya.

Selama perjalanan, kita harus mematuhi sejumlah aturan, salah satunya tentang barang bawaan. Setiap maskapai tentunya memiliki ketentuan untuk hal tersebut, termasuk Garuda Indonesia.

Belakangan ini ramai pemberitaan tentang penumpang Garuda Indonesia yang didenda Rp 2 juta setelah membawa 3 dus Bika Ambon.

Jadi, bagaimana sebenarnya Kebijakan Bagasi Garuda? Biar gak penasaran, berikut penjelasannya.

Aturan Bagasi Garuda Indonesia yang Perlu Anda Ketahui

Sebuah video muncul di media sosial TikTok yang memperlihatkan seorang penumpang Garuda Indonesia menembak staf bandara.

Insiden itu diduga akibat denda Rp 2 juta untuk tiga kotak Bika Ambon yang dibawa seorang penumpang.

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menanggapi video klip yang viral di media sosial. Menurutnya, barang bawaan penumpang melebihi norma yang ditetapkan.

Berikut aturan bagasi pesawat Garuda Indonesia, menurut situs resminya:

Kategori bagasi #1

Terdapat dua kategori bagasi dalam kebijakan bagasi Garuda Indonesia, yaitu:

#1 Bagasi Terdaftar

Bagasi terdaftar adalah barang yang ditimbang dan disimpan di ruang kargo pesawat terbang. Selama penerbangan, penumpang tidak dapat mengakses item di bagian ini.

Bagasi terdaftar akan ditandai dengan nomor seri bagasi dan terminal kedatangan. Penumpang juga akan mendapatkan kartu identitas di boarding passini untuk kami tunjukkan ke petugas di terminal kedatangan.

Peraturan bagasi Garuda Indonesia menyatakan bahwa setiap bagasi terdaftar harus didaftarkan. berat maksimum 70 pon atau 32 kg.

Jika dua orang bepergian dan melakukan daftar bersama-sama mereka berhak atas kombinasi jatah bagasi gratis dan bagasi terdaftar individu.

#2 Bagasi yang tidak diperiksa

Penumpang membawa bagasi yang tidak diperiksa ke dalam pesawat dan menempatkannya di kompartemen di atas, di bawah, atau di depan tempat duduk penumpang, yang terdiri dari:

tas tangan

Dalam hal ini, tas tangan penumpang dibawa ke dalam kabin dan diberi label. Tas tangan harus berada di bawah pengawasan langsung penumpang.

Barang yang dapat dibawa penumpang dalam tas jinjing memiliki panjang maksimal 56 cm, lebar 36 cm, dan tebal 23 cm dengan berat maksimal 7 kg.

Pada pesawat CRJ dan ATR Economy Class, penumpang hanya diperbolehkan membawa kargo dengan panjang 41 cm, lebar 34 cm, dan tebal 17 cm dengan berat maksimal 7 kg.

Bagasi gratis

Sementara itu, kebijakan bagasi Garuda Indonesia juga memberikan jatah bagasi gratis. Penumpang dapat mengambilnya tanpa label bawaan.

Beberapa barang yang disediakan gratis yaitu laptop, tas, mantelselimut, payung, tongkat jalan, kamera sakuteropong, bahan bacaan, Gelandangan ukuran kabin bayi keranjang bayipenahan anak, kursi roda lipat dan kruk berjalan.

[Baca Juga: Hore! Harga Tiket Pesawat Turun Mulai Januari 2023]

Konsep berat bagasi #2

Garuda Indonesia menerapkan dua konsep bagasi yaitu untuk penerbangan domestik dan internasional.

#1 untuk jatah bagasi gratis pada penerbangan domestik

Berikut aturan jatah bagasi gratis Garuda Indonesia untuk penerbangan domestik:

[Baca Juga: Bikin Ngiler! Inilah Gaji Tukang Parkir Pesawat Alias Marshaller]

Bagasi Gratis #2 di Penerbangan Internasional

Berikut adalah kebijakan jatah bagasi gratis Garuda Indonesia pada penerbangan internasional:

Kebijakan Bagasi Garuda_Gratis Bagasi pada Penerbangan Internasional

#3 Kelebihan Bagasi

Penumpang akan dikenakan biaya kelebihan bagasi. Situs web resmi menunjukkan biaya kelebihan bagasi di kaki GA penerbangan jika dioperasikan oleh pesawat GA (Garuda Indonesia).

Dengan demikian, nomor penerbangan GA yang sedang dikerjakan operator lain tidak masuk dalam jatah bagasi Garuda Indonesia.

Biaya kelebihan bagasi untuk penerbangan lokal bisa dicek di sini Sobat Finansialku. Sementara itu, lihat biaya kelebihan bagasi untuk penerbangan internasional di sini.

Memahami aturan perjalanan udara

Memahami regulasi bagasi Garuda Indonesia akan membuat perjalanan Anda semakin nyaman. Selain itu, ini akan menyelamatkan Anda dari kesalahpahaman tentang pengenaan denda.

Jika Anda memiliki rencana untuk liburan dengan pesawat, disarankan agar Anda mulai mempersiapkan anggaran Anda aplikasi keuangan saya.

Spanduk Promosi Umum Aplikasi Keuangan Saya

Hal ini akan dilakukan penganggaran lebih detail sehingga tidak perlu mendonasikan dana untuk kebutuhan lain yang akan dibuat nantinya arus kas berantakan.

Aplikasi My Financial tersedia secara GRATIS di Google Play dan App Store. Ayo, download sekarang untuk mendapatkan keuntungan!

Demikian pembahasan mengenai kebijakan bagasi Garuda Indonesia. Silakan bagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda agar mereka juga memahami ketentuan yang ada. Terima kasih!

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber tautan:

  • admin. Bagasi. Garuda-indonesia.com – https://bit.ly/41w5F4c
  • Iganico Jordi Osvaldo. 20 Maret 2023 Kagum dengan Biki Ambon Berikut aturan bagasi Garuda. Detik.com – https://bit.ly/3L0Bix7




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   LPS Kembali Naikkan Suku Bunga Penjamin, Apa Alasannya?