Dengan menggunakan fungsi fokus otomatis, kita dapat memperkirakan jarak antara subjek yang dibidik, sehingga gambar akan fokus pada gambar yang diambil, dan bagian lain akan kabur.

Dengan menggunakan auto fokus kita juga bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, fitur ini sangat cocok untuk anda yang sangat gemar bereksperimen dengan foto.

Fitur ini biasanya tersedia di Android versi terbaru dan memiliki spesifikasi yang bagus. Untuk Android tentunya tidak ada fitur autofocus.

Tenang saja, bagi kamu yang belum memiliki autofocus di Android bisa mencoba aplikasi bernama Google Camera yang merupakan aplikasi autofocus untuk Android yang kameranya belum memiliki autofocus.

Lihat juga: Cara membuat fokus otomatis buram di Photoshop.

Google Camera adalah aplikasi fokus otomatis khusus karena aplikasi ini hanya mengaburkan area di sekitar pemotretan.

Cara Autofocus pada Ponsel Android yang Tidak Memiliki Autofocus

Jika Anda menginginkan fitur autofokus sejati, Anda perlu mengupgrade perangkat keras Android Anda. Langsung saja bagi anda yang ingin menggunakan aplikasi ini silahkan download aplikasinya.

Setelah mengunduh aplikasi, yang harus Anda lakukan adalah mempelajari cara menggunakannya. Berikut cara menggunakan aplikasi Google Camera untuk menggunakan fitur autofocus.

1. Buka dan sesuaikan

Setelah mengunduh aplikasi di atas, instal. Buka aplikasinya, begini tampilan awalnya.

Untuk mengaktifkan fitur Lens Blur, Anda hanya perlu menggeser dari sudut kiri bawah layar ke kanan. Ada 5 fungsi, pilih Lens Blur.

cara mengatur fokus otomatis di ponsel tanpa fokus otomatis

Siapkan sesuatu yang ingin Anda foto sebagai eksperimen, misalnya di sini saya menggunakan botol parfum.

Arahkan kamera ke subjek di tengah layar, lalu tekan tombol kamera untuk mengambil gambar subjek.

2. Bagaimana cara memotretnya?

Setelah menekan tombol kamera, akan muncul notifikasi atau perintah seperti gambar di bawah ini (paling kiri).

Baca juga:   5 Aplikasi Mempercepat HP Android Terbaik 2022: Lengkap

Untuk menyelesaikan pemotretan, Anda perlu mengangkat atau menggerakkan ponsel ke atas sehingga subjek yang tidak ingin diburamkan atau subjek dalam fokus tetap berada di tengah.

Dalam proses mengangkat atau memindahkan android anda, luangkan waktu anda agar proses pengambilan gambar berhasil.

3. Proses dan hasil

Jika proses selesai dengan sukses, tanda centang akan muncul dan bilah status akan memberi tahu Anda bahwa kamera sedang memproses gambar.

Tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, Anda bisa melihat hasil foto Anda tadi. Dapat dilihat bahwa di area selain objek yang dibidik, semuanya buram, ini menunjukkan bahwa Anda berhasil.

cara mengatur fokus otomatis di ponsel tanpa fokus otomatis

CATATAN. Jika tidak, berarti terjadi kesalahan saat melakukan langkah-langkah di atas. Ada 2 kemungkinan yang akan membuat Anda gagal.

  1. kekurangan cahaya
  2. Anda memindahkan android Anda terlalu cepat.

Kesimpulan

Ini adalah aplikasi fokus otomatis android yang tidak memiliki fitur fokus otomatis. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menikmati fitur autofocus meskipun Android Anda tidak mendukung atau memiliki fitur autofocus.

Walaupun sedikit berbeda dengan autofocus lainnya karena ketika menggunakan aplikasi Google Camera untuk membuat gambar autofocus, Anda harus menunggu sebelum gambar dapat dilihat.

Tapi menurut saya prosesnya sepadan dengan hasilnya. Sebelumnya kita tidak bisa menggunakan fitur auto fokus, dengan aplikasi ini kita bisa menggunakan fitur auto fokus dan kita bisa mengambil foto yang keren dan menarik karena aplikasi ini memiliki fitur auto fokus.

Mungkin tutorial saya kali ini cukup, semoga apa yang saya tulis bermanfaat dan bermanfaat bagi pembaca.

Jika ada yang kesulitan mengikuti proses di atas, jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com