Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan software bajakan, atau mungkin anda salah satu pengguna software atau aplikasi bajakan ini.

Jika Anda salah satunya, maka Anda harus berhati-hati karena bisa jadi ada konsekuensi yang harus Anda tanggung. Mengapa? Karena software bajakan ini telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat dimuati virus berbahaya.

Karena itu, jika memungkinkan, jangan gunakan perangkat lunak bajakan. Cukup gunakan perangkat lunak gratis yang memiliki fungsi serupa. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahaya saat menggunakan software bajakan ini.

Bahaya menggunakan software bajakan

bahaya menggunakan software bajakan

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bahaya menggunakan solusi software bajakan yang bisa anda terapkan. Selanjutnya, saya akan berbicara tentang betapa berbahayanya menggunakan perangkat lunak bajakan.

Saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi manfaatnya, nah salah satunya gratis. Dengan demikian, kita bisa menggunakan software tersebut tanpa harus membayar, dan Anda bisa melihat kekurangannya di bawah ini.

1. Tidak dapat diperbarui

Kami tidak akan menerima pembaruan aplikasi dari pengembang, pembaruan ini termasuk menambahkan fitur baru dan memperbaiki bug di versi sebelumnya.

2. Data hilang

Mohon di pikirkan baik-baik, apa kelebihan orang yang membuat patch/cracks/apk cracker? Meskipun tidak mudah untuk membuat crack, sangat sulit untuk membuat crack, tidak semudah yang kita download software cracking di Internet.

Banyak orang yang menggunakan perangkat lunak bajakan tidak berpikir demikian. Keuntungan dari orang yang membuat crack paling berbahaya adalah dia berhasil menempatkan celah / backdoor pada perangkat yang Anda gunakan.

Oleh karena itu, mereka dapat dengan mudah mengambil data penting atau memerintahkan perangkat Anda untuk menjalankan perintah tertentu. Anda dapat mencari di Google dengan kata kunci “Meretas Android menggunakan pintu belakang dari file apk”.

Itu sebabnya terkadang ketika Anda akan menginstal perangkat lunak bajakan, Anda perlu menonaktifkan antivirus Anda. Jika tidak berbahaya, maka antivirus tidak dapat mendeteksinya, karena Anda harus menonaktifkan antivirus, jelas ini adalah malware.

Baca juga:   15 Aplikasi Al Quran Terbaik 2022: HP, PC, Tejemahan, Artinya

3. Ada cacat

Karena sistem komputer sangat kompleks dan membingungkan, maka banyak kode yang digunakan hanya dalam satu aplikasi. Jika Anda menggunakan aplikasi bajakan, tidak ada yang menjamin apa yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Dan juga tidak menutup kemungkinan adanya cacat pada software. Cacat pada software ini juga dapat merusak komputer anda, jadi anda harus berhati-hati karena bug pada software bajakan tidak terdeteksi.

4. Virus bersembunyi di dalam

Tidak ada komputer yang bisa 100% bebas dari virus. Komputer dapat terkena virus dalam berbagai cara, seperti ketika berpindah dari satu komputer ke komputer lain. Virus ini dapat dengan mudah melakukan perjalanan melalui memori flash, sehingga sangat mudah bagi mereka untuk menginfeksi komputer lain.

Nah, virus ini juga bisa berasal dari software bajakan yang Anda gunakan. Virus yang terdapat dalam software bajakan dapat menyebabkan hilangnya data di komputer Anda dan memperlambatnya.

5. Ancaman Malware

Perangkat lunak berbahaya adalah perangkat lunak yang dirancang untuk merusak atau melakukan tindakan berbahaya pada sistem komputer. Nah, bisa juga software bajakan yang Anda gunakan mengandung malware yang dapat merusak komputer Anda.

Komputer yang terkena malware akan menurunkan kinerja CPU saat membaca data yang diminta oleh pengguna. Hal ini membuat komputer jadi lambat bahkan merusak fungsinya.

6. Tidak dapat dihapus

Selain ketidakmungkinan pembaruan, ada juga beberapa program bajakan yang, setelah diinstal, bahkan tidak dapat digunakan. Namun saat menguninstall, ternyata software tersebut justru sangat sulit atau bahkan tidak mungkin untuk di uninstall dan berujung pada pengisian memori di komputer Anda.

Ini karena perangkat lunak tersebut memang memiliki beberapa malware dan virus di dalamnya yang membuatnya terhubung secara permanen ke komputer Anda. untuk menghapusnya, Anda harus menghapus aplikasi ke akarnya.

Lihat juga: Cara menghapus instalan aplikasi yang dihapus.

7. Tidak ada berkah

Banyak orang menggunakan perangkat lunak bajakan sebagai alat pembelajaran. Di sini Anda harus berpikir, apakah Anda yakin bahwa ilmu yang diperoleh adalah berkah?

Baca juga:   Cara Kompres (Mengecilkan Ukuran) PDF Online: CleverPDF

Dan setelah Anda menggunakan perangkat lunak bajakan, gunakan pengetahuan yang diperoleh untuk menghasilkan uang. Apakah Anda yakin keberuntungan itu halal? Apakah uang yang dihasilkan dari penggunaan perangkat lunak bajakan merupakan berkah?

Berpikir logis, perangkat lunak bajakan adalah hasil dari pencurian, dan Anda menggunakan perangkat lunak curian untuk menghasilkan banyak uang?

Catatan: Butir 4 dan 5 tidak termasuk Anda yang benar-benar mengumpulkan uang untuk membeli perangkat lunak asli yang Anda inginkan dan telah menerapkan solusi di bawah ini.

Lalu bagaimana cara menghemat uang kita dari penggunaan software tersebut?

Bagaimana menghindari penggunaan perangkat lunak bajakan

bagaimana tidak menggunakan perangkat lunak bajakan

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk menghindari penggunaan aplikasi atau perangkat lunak bajakan. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Gunakan perangkat lunak pengganti yang serupa

Anda dapat mencoba menggunakan software untuk menggantikan software bajakan yang ingin Anda gunakan, misalnya untuk Internet Download Manager, Anda dapat menggantinya dengan Free Download Manager.

Kemudian anda bisa mengganti Office dengan Libre Office/WPS Office dan untuk sistem operasi Windows anda bisa menggantinya dengan sistem operasi open source seperti Debian, Mac OS dan lain sebagainya.

Lihat juga: Alternatif untuk Microsoft Office.

2. Mengumpulkan uang untuk pembelian

Jika memang fitur dari software tersebut tidak dapat digantikan oleh software gratis lainnya, maka anda bisa mencoba mengumpulkan uang dengan menggunakan software bajakan untuk sementara waktu.

Tapi di sini Anda harus memastikan bahwa firewall dan antivirus aktif dan membeli versi asli dari perangkat lunak sesegera mungkin ketika ada cukup uang yang terkumpul.

Saya yakin jika Anda bekerja keras, Anda pasti akan dapat membeli versi asli dari perangkat lunak yang Anda gunakan.

Baca juga:   5 Cara Cara Berhenti Unreg (Layanan) IM3: Terbaru 2022

Kesimpulan

Penggunaan software bajakan memiliki resiko yang cukup berbahaya bagi pengguna komputer. Karena bisa saja terjadi data-data penting di PC portabel hilang atau bahkan dicuri.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan beberapa tips di atas untuk menghilangkan penggunaan software bajakan.

Demikian ulasan singkat tentang bahaya menggunakan solusi software bajakan yang bisa Anda terapkan.

Kumpulkan uang untuk membeli software original secepatnya agar bagi anda yang bekerja dengan software yang anda gunakan hasilnya adalah anugerah, dan bagi yang belajar ilmunya cepat masuk ke otak anda.


https://storyforgeproductions.com