Harga minyak dunia naikSekarang saya adalah “ancaman” bagi dunia. Beberapa harga BBM di beberapa negara bahkan sudah meroket.

Yuk simak info lengkapnya di artikel Finansialku selanjutnya.

Harga bahan bakar naik di seluruh dunia

Dunia saat ini sedang mengalami masalah akibat kenaikan tajam harga minyak mentah. Akibatnya, harga bahan bakar di seluruh dunia kini meroket.

Harga minyak mentah diketahui masih mempertahankan harga di atas $100 (sekitar Rs. 1.447.000) per barel.

Sejumlah negara kini mengalami lonjakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), termasuk Amerika Serikat (AS), sejumlah negara di Eropa dan Asia.

Berdasarkan pembaruan hingga hari ini pukul 11:40 WIB, harga minyak mentah dunia masih mendekati harga 114 dollar AS per barel.

Pergerakan Harga Minyak Mentah atau Crude Oil Hingga Hari Ini (06.02) at 15:45

Harga bahan bakar di beberapa negara

Berdasarkan data yang dihimpun CNBC melalui GlobalPetrolPrice, berikut harga bahan bakar minyak di beberapa negara per 30 Mei 2022.

#1 Amerika Serikat

Di Amerika Serikat, harga bahan bakar beroktan 95 adalah US$1.265 atau Rs.18.345 per liter. Padahal sebelumnya harga BBM jenis ini masih US$4.789 per galon.

#2 Eropa (Jerman)

Salah satu negara di Eropa, Jerman, juga mengalami masalah yang sama. Saat ini harga BBM jenis RON 95 di dalam negeri sebesar 2.155 euro atau Rp 33.699 per liter.

No.3 Asia (Cina dan Jepang)

Beberapa negara di kawasan Asia, seperti Jepang dan China, juga mengalami harga yang tinggi.

Negara untuk bahan bakar di Jepang untuk jenis RON 95 berada di kisaran harga 163,5 yen atau Rs 18.574 per liter. Di sisi lain, China sendiri mencapai 9.328 yuan atau 1,4 USD dalam dolar AS atau 20.300 rupee per liter..

#4 Wilayah Asia Tenggara

Hal yang sama terjadi dengan negara-negara ASEAN. Berikut harga BBM beroktan 95 di beberapa negara ASEAN:

  • Singapura: SGD 3.088 atau Rp 32.770 per liter.
  • Thailand: US$51,33 baht, US$1506 atau Rs 21.835 per liter.
  • Malaysia: RM2,05 atau Rs 6.777 per liter.
  • Indonesia: Pertamax Turbo 14.500 – Rp 14.800 per liter.

Harga BBM di SPBU Indonesia

Sementara itu, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Pertamina yang dijual di Indonesia masih lebih rendah dibandingkan kompetitor.

Sebagai perbandingan, berikut harga BBM di beberapa SPBU antara lain Pertamina, Shell, BP, Vivo per Juni 2022, dilansir dari website: kontan.co.id (01/06).

Pertamina

harga bahan bakar

kerang

Harga bahan bakar shell

BP (British Petroleum)

harga BBM

vivo

harga bahan bakar vivo

Angkat bahan bakar, mari perbaiki anggaran keuangan Anda!

Harga BBM masih cukup fluktuatif. Kenaikan harga masih bisa terjadi kapan saja. Jadi, menghadapi kondisi saat ini, mari mulai perbaiki kembali anggaran keuangan Anda.

Hal ini agar Anda bisa mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada kenaikan harga. Dengan membiasakan diri membuat anggaran yang baik, dijamin keuangan Anda tidak akan jebol!

Jadi jika Anda masih belum tahu bagaimana membuat anggaran keuangan yang tepat, cobalah untuk mencari tahu terlebih dahulu melalui Buku Elektronik Kursus keuangan saya “Bagaimana membuat anggaran yang tepat.”

Spanduk promosi e-book
Banner Promosi E-Book Cara mengatur anggaran dengan benar - HP

Di dalamnya, Anda bisa mendapatkan informasi tentang cara mengatur, mencatat, dan mengevaluasi anggaran dengan baik dan benar. Jadi, ayo pergi unduh Buku ElektronikGRATIS disini atau klik banner diatas!

Ini adalah informasi tentang meroketnya harga bahan bakar di seluruh dunia. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan takut untuk menulis di komentar!

Editor: Eunice

Sumber referensi:

  • Gitar Utama. 2 Juni 2022 Harga BBM dunia memang “meledak”, beberapa di antaranya mencapai 33 ribu rupiah per liter!. cnbcindonesia.com https://bit.ly/3M4kBOI
  • Adi Vicanto. 1 Juni 2022 Sekali lagi ini perbandingan harga BBM Pertamina, Shell, BP, Vivo per 1 Juni 2022. Kontan.co.id- https://bit.ly/3anpMMI




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Harga BBM Hari Ini 16 Juni 2022 di SPBU Pertamina & Shell