Namun, akses internet biasanya membutuhkan aplikasi browser. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita dalam mempelajari berbagai informasi di internet. Tapi tahukah Anda apa itu web browser?

Sebelumnya kita telah membahas browser terbaik di Android, sekarang kita akan membahasnya lebih detail untuk versi laptop.

Sederhananya, browser dapat diartikan sebagai program yang dirancang khusus untuk digunakan saat menjelajah Internet.

Sebuah aplikasi web browser biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan user experience. Di antara sekian banyak browser terbaik untuk laptop, ada beberapa yang hadir dengan rangkaian fitur yang sangat lengkap.

Browser terbaik untuk laptop pada tahun 2022

Oleh karena itu, mereka menjadi favorit banyak pengguna internet. Buat kamu yang sedang mencari browser PC jadul yang ringan, berikut kumpulan aplikasi browser laptop terbaik yang bisa kamu coba.

1.Google Chrome

browser terbaik

Mari kita mulai dengan salah satu browser terpopuler di dunia, terutama jika bukan Google Chrome. Saya yakin anda semua sudah mengetahui browser ini, sangat terkenal dan digunakan oleh banyak orang.

Google Chrome dikenal sebagai salah satu aplikasi browser paling ringan. Fitur yang mereka berikan juga lengkap untuk memenuhi semua kebutuhan kita.

Selain itu, ada juga ekstensi atau add-on yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Dari segi tampilan juga sangat sederhana, sehingga mata tidak cepat lelah.

Kami bahkan dapat menggunakan Chrome di jaringan dengan sinyal lemah. Untuk lebih memanjakan para penggunanya, Chrome juga merupakan browser bebas iklan. Disini kita bisa melihat bahwa aplikasi ini memang salah satu yang terbaik dari yang terbaik.

2. Mozilla firefox

10 browser terbaik dan teringan

Di urutan kedua adalah Mozilla Firefox, Anda juga harus terbiasa dengan perangkat lunak ini. Kami dapat mengatakan bahwa hampir semua komputer yang kami temui harus menginstal Firefox.

Tidak diragukan lagi ini adalah salah satu aplikasi browser tercepat dan memiliki banyak fitur yang sangat lengkap. Itu juga dilengkapi dengan banyak add-on seperti Google Chrome.

Dari segi performa, Firefox kerap menjadi andalan para pengunduh karena proses pengunduhannya yang cukup cepat.

3.Opera Mini

10 browser terbaik dan teringan

Selanjutnya kita bertemu dengan Opera Mini, berbicara mengenai browser terbaik tentunya tidak bisa kita tinggalkan begitu saja. Mengapa demikian? Bukan rahasia lagi bahwa Opera Mini adalah salah satu browser terbaik yang pernah ada.

Selain mulus, juga dikenal dengan pengalaman web yang cukup cepat. Dari segi fitur, Opera Mini tidak kalah sempurna dari yang lain.

Selain itu juga menyediakan berbagai ekstensi yang tentunya bisa didapatkan secara gratis. Opera Mini sangat populer tidak hanya di laptop atau PC, tetapi juga di kalangan pengguna smartphone.

Baca juga:   10+ Aplikasi Pembuat Logo di Android: Terbaik 2022

4. Peramban Obor

obor peramban

Rekomendasi kami selanjutnya adalah untuk Maxthon Cloud Browser. Ada banyak alasan mengapa kami menyarankan Anda untuk mencoba browser ini. Dari segi antarmuka sangat sederhana dan tidak rumit, bahkan bisa dikatakan mirip dengan Chrome.

Selain itu, browser ini sangat cocok untuk Anda yang suka mengunduh video YouTube. Mengapa? Karena memiliki kemampuan untuk mendownload video dari berbagai situs streaming tanpa aplikasi tambahan apapun.

5. Safari

10 browser terbaik dan teringan

Nama Safari mungkin tidak begitu dikenal, namun telah menarik perhatian banyak pengguna komputer dan iPhone. Ya memang, aplikasi browser yang satu ini tidak hanya tersedia untuk PC tetapi juga untuk iPhone.

Safari memiliki kemampuan browsing internet yang cukup cepat sehingga akan sangat menyenangkan bagi para penggunanya. Selain itu, ini juga dilengkapi dengan fungsi pembaca PDF, jadi Anda tidak perlu menginstalnya secara terpisah.

6. Komodo

10 browser terbaik dan teringan

Daftar browser terbaik berikutnya adalah Comodo Dragon. Mungkin Anda pernah mendengar nama ini beberapa kali, tetapi tidak tahu kemampuannya. Dilihat dari namanya yang mengintimidasi, kinerja browser ini juga bisa disebut mengintimidasi.

Tidak mau kalah, Comodo Dragon bisa dibilang setara dengan Google Chrome. Baik secara performa maupun penampilan keduanya sangat mirip, kenapa? Hal ini dikarenakan kedua browser ini dikembangkan dengan menggunakan “seed” yang sama yaitu Chromium.

7. Peramban Canggih

10 browser terbaik dan teringan

Mencari browser komputer dengan kecepatan yang baik? Anda bisa mencoba Avant, browser ini dijamin memiliki kemampuan menjelajah web yang sangat cepat namun ringan.

Untuk performa maksimal, disarankan agar Avant digunakan pada perangkat portabel dengan spesifikasi lebih tinggi dari standar. Either way, Anda tidak akan menyesal menggunakan perangkat lunak ini.

8 Rubah Air

10 browser terbaik dan teringan

Terdengar asing dengan nama browser ini? Memang banyak yang belum familiar dengan browser Waterfox ini. Tapi jangan salah, ternyata sudah lebih dari 3 juta unduhan.

Seperti namanya, ini mungkin mengingatkan Anda pada Firefox, bukan karena kedua pintasan itu masih satu. Ini adalah browser web yang cukup menarik untuk dicoba. Namun sayangnya, Waterfox hanya kompatibel dengan Windows 64-bit.

9. Peramban Baidu

browser baidu

Selanjutnya adalah browser Baidu yang sebenarnya cukup terkenal meski tidak sepopuler Chrome atau Firefox.

Namun jangan salah, fitur yang disediakan oleh browser ini sama sekali tidak kalah dengan mereka. Salah satu kelebihannya adalah kemampuan mengunduh video dari berbagai situs.

Kita tidak membutuhkan aplikasi tambahan seperti IDM untuk mengunduh video dari situs seperti YouTube atau Facebook.

Setiap kali Baidu mendeteksi file video, ia segera menawarkan opsi pengunduhan. Selain itu, Baidu juga memiliki fitur yang memungkinkan Anda memeriksa apakah situs tersebut terlindungi dari virus.

Baca juga:   5+ Cara Melihat Spesifikasi Laptop dan Komputer: Lengkap

10. Browser Cloud Maxthon

Browser Cloud Maxthon

Di tempat terakhir kami akan menempatkan Maxthon Cloud Browser, tidak seperti beberapa program yang kami sebutkan sebelumnya, Maxthon Cloud Browser difokuskan pada fitur jejaring sosial.

Bagi Anda yang aktif di berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dll, ini adalah browser yang tepat. Ini akan memudahkan Anda untuk aktif di jejaring sosial.

11. Vivaldi

browser web terbaik dan teringan untuk laptop 6

Browser ini mungkin kurang terkenal dibandingkan dengan browser-browser sebelumnya.

Mungkin karena kita terlalu terbiasa dengan browser kesayangan kita sehingga kita tidak tahu tentang browser baru ini. Padahal Vivaldi adalah browser yang cukup mudah digunakan dan bisa memberikan banyak kesenangan.

Seluruh struktur dan gaya antarmuka di browser ini sepenuhnya terserah Anda. Anda dapat menggunakan jendela utama untuk tampilan utama, ini adalah ide yang sangat inovatif untuk menumpuk tab.

Dengan cara ini, Anda dapat mengelompokkan tab dan memindahkannya untuk menghindari kekacauan tab yang biasanya terjadi saat menggunakan browser lain.

Vivaldi dibangun di atas Chromium, sehingga Anda dapat melangkah lebih jauh dengan ekstensi yang ditemukan di Toko Web Chrome.

Anda dapat memilih plugin favorit Anda dan menambahkannya ke Chrome. Beberapa ekstensi akan terlihat berbeda di Vivaldi, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sebagian besar akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Vivaldi adalah peramban web yang kreatif dan terkini yang akan berkembang selama beberapa tahun mendatang saat fitur-fitur baru ditambahkan.

12. Peramban Tor

browser web terbaik dan teringan untuk laptop 7

Web browser terbaik terbaru adalah Tor Browser, browser ini mengutamakan aspek privasi dimana lalu lintas data Anda akan dialihkan melalui node acak di seluruh dunia sehingga akan sangat sulit untuk dilacak.

Peramban Teratas ini sebenarnya adalah perangkat di mana Tor merupakan modifikasi dari dukungan diperpanjang Firefox. Beberapa paket privasi yang ada digabungkan untuk menciptakan pengalaman browsing yang lebih aman yang bisa Anda rasakan.

Anda tidak dapat dilacak, data penjelajahan tidak disimpan, dan Anda juga dapat melupakan bookmark dan cookie di browser ini.

Dengan browser ini, identitas Anda akan aman dan tidak ada yang tahu. Bagi Anda yang sangat mengutamakan privasi saat berselancar di web dan tidak ingin ada yang tahu, Anda bisa menggunakan browser ini.

13.Microsoft Edge

browser web laptop terbaik dan teringan 4

Browser berikutnya ini sedikit mirip dengan yang ini karena browser ini adalah browser default di Windows 10 yang tidak tersedia di sistem operasi Windows lama (sebelumnya).

Ini karena Microsoft memiliki dua browser dan keduanya menjalankan Internet Explorer dan Microsoft Edge. Microsoft harus menjadikan Edge sebagai browser default dan terus mengembangkan browser agar lebih ramah.

Edge ini dikirimkan dan diintegrasikan langsung ke Windows 10, kekuatan browser Microsoft Edge. Browser ini bekerja dengan baik dengan aplikasi modern, juga dapat berjalan dalam mode tablet Windows 10, dan bekerja dengan Cortana.

Baca juga:   5 Aplikasi Peredup Layar HP Android: Terbaik 2022

Edge seefisien browser web modern dengan menghilangkan protokol tidak aman seperti ActiveX yang memaksa Anda untuk membuka Internet Explorer saat Anda ingin mengaksesnya.

Namun meski begitu, Edge ini sangat nyaman digunakan. Peramban ini sangat cepat, ia juga memiliki mode membaca bawaan, yang membuatnya lebih mudah untuk membaca situs yang rumit.

Microsoft juga menjamin bahwa Edge ini tidak akan menemui pelanggaran keamanan. Jadi bagi Anda yang sangat sadar akan keamanan, browser ini cocok untuk Anda.

Yang membuat Edge ini tidak disukai adalah browser ini benar-benar memaksa penggunanya untuk menggunakan browser Edge di perangkat Windows 10.

Mereka menjadikan browser ini sebagai browser default untuk membuka tautan di aplikasi Mail, menambahkan pintasan desktop setelah Anda melakukan pembaruan OS utama, dan menggunakannya untuk hasil teratas saat Anda mengetik “Firefox” di pencarian Cortana.

14.Microsoft Internet Explorer

browser web laptop terbaik dan teringan 5

Sebelumnya, Microsoft Internet Explorer pernah menjadi browser yang sangat populer dan digunakan oleh sebagian besar masyarakat.

Tetapi Internet Explorer mengalami pasang surut saat menderita dari dua pesaing utamanya, yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Ini karena, sebagian, itu adalah opsi karena Internet Explorer dianggap tertinggal dari browser modern.

Faktanya, tidak ada masalah dengan Internet Explorer 11, browser ini kuat, bersih, sangat kompatibel bahkan memakan lebih sedikit RAM dan CPU laptop Anda dibandingkan dengan browser Firefox dan Chrome.

Meskipun lebih ringan dan menggunakan lebih sedikit RAM, bukan berarti Internet Explorer tidak memiliki kekurangan. Dapat dilihat bahwa browser ini sedang berjuang.

Internet Explorer tidak dapat bekerja dengan ekstensi dan add-on dengan cara yang sama seperti para pesaingnya. Jadi Anda bisa menggunakan browser ini atau menggunakannya sebagai cadangan.

15. Peramban Berani

Berikutnya di daftar terakhir adalah aplikasi browser bernama Brave, sama seperti aplikasi browser lainnya. Mampu membuka situs, menyimpan kata sandi, mengunduh file, dan lainnya. Aplikasi browser yang tidak terkunci untuk PC.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi browser PC terbaik dan teringan. Semua daftar browser di atas sangat ringan, hemat data, dan cocok untuk komputer jadul atau generasi terbaru. Agar dapat menjelajahi web dengan aman dengan browser, kita membutuhkan aplikasi antivirus di laptop agar tetap terlindungi.

Bagi Anda yang sedang mencari web browser bebas iklan, 10 browser di atas mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Jika ada yang punya saran menarik lainnya, silahkan komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com