Namun terkadang walaupun kita sudah menggunakan Android yang bagus, jika kita menggunakannya terus-menerus, terkadang Android yang kita gunakan menjadi lemot bahkan lag saat kita gunakan untuk bermain game.

Hal ini sangat wajar, karena semakin lama data game ada di ponsel android anda maka akan semakin bertambah dan berkembang.

Jika kotak ini tidak dicentang maka handphone anda akan berjalan lambat, selain itu ada beberapa faktor lain yang membuat handphone android anda menjadi lambat saat digunakan untuk bermain game. Agar HP Andriod kamu tidak lemot saat digunakan, kamu bisa menggunakan cara berikut ini.

Cara mengatasi backlog dalam game

cara mengatasi slowdown pada game

Ada beberapa cara untuk memastikan ponsel Android Anda tidak lagi lag atau macet saat bermain game. Di bawah ini adalah cara agar HP Android tidak lemot saat bermain game.

1. Hapus cache aplikasi

Cache adalah file data yang dibuat khusus untuk menyimpan data sementara di ponsel Anda. Cache ini berguna untuk mempercepat pemuatan halaman atau untuk mempercepat transfer data dalam suatu aplikasi.

Hampir semua aplikasi di ponsel Anda memiliki cache, tetapi terkadang ada aplikasi yang tidak dapat berfungsi dengan baik karena cache yang lama.

Itu sebabnya kita harus menghapus cache android yang lama. Berikut tutorialnya:

  • Buka menu Pengaturan / Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi terinstal
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cache-nya.
  • Setelah itu pilih Hapus data.
  • Memilih Hapus cache.

Saat Anda melakukan langkah-langkah di atas, Anda akan merasa bahwa permainan menjadi lebih mudah.

Walaupun data cache anda terhapus, anda tidak perlu khawatir karena data game anda seperti data pribadi, setting, dll juga tidak akan hilang.

Menghapus cache tidak memengaruhi data game Anda, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Menggunakan aplikasi pembersih

Jika menurut Anda menghapus cache secara manual dengan cara pertama tidak nyaman, Anda dapat menghapus cache di ponsel menggunakan aplikasi tambahan.

Baca juga:   8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris di Android: Terbaik 2022

Anda dapat menggunakan aplikasi khusus yang digunakan untuk menghapus data cache di ponsel Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menghapus data cache, file sampah, dan menonaktifkan aplikasi yang membuat ponsel cepat panas. Baca Juga: Aplikasi Pembersih Sampah.

Ada banyak aplikasi pembersih yang memiliki fitur ini, Anda dapat menemukan aplikasi pembersih ini di Google Play Store. Contoh aplikasi untuk membersihkan file sampah di Android adalah Clean Mater.

Aplikasi ini dapat membersihkan file sampah di ponsel Anda, menonaktifkan aplikasi yang membuat ponsel Anda panas dan lambat, aplikasi ini akan membebaskan RAM ponsel android Anda. Hanya dengan satu klik, Anda dapat menghapus file cache di Anadroid Anda.

3. Selalu perbarui game

Agar game yang kamu mainkan tidak lemot, kamu harus memastikan bahwa game yang kamu mainkan selalu up to date.

Jika Anda tidak mengupdate game Anda, kemungkinan game yang Anda mainkan akan berjalan lambat. Hal ini dikarenakan terkadang versi sebelumnya sudah tidak tersedia lagi sehingga menyebabkan game yang kamu mainkan menjadi sulit.

Oleh karena itu, Anda perlu memperbaruinya di Google Play Store dan sering memeriksa versi gim terbaru.

Bagi yang tidak bisa update aplikasi dan game android, bisa baca cara mengatasi game tidak bisa update.

Penyebab lain mengapa game kamu lag saat kamu memainkannya adalah karena ada aplikasi lain yang sedang aktif selain game yang kamu mainkan, apalagi tidak satu, banyak aplikasi yang aktif aktif.

Ini akan memperlambat permainan yang Anda mainkan karena ponsel Anda membawa banyak muatan.

Tidak hanya RAM Anda yang dikonsumsi oleh aplikasi ini, baterai ponsel Anda juga terkuras lebih cepat dari biasanya.

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan, apalagi saat sedang bermain game. Saat ingin bermain game, ada baiknya Anda menutup aplikasi lain yang sedang aktif agar tidak lemot atau lag saat bermain game.

Baca juga:   6+ Cara Mengatasi HP Android Bootloop: Semua Merk

5. Mulai ulang game yang sedang Anda mainkan.

Namun setelah cara-cara diatas sudah kalian ikuti dan hp kalian masih tertinggal dari game, kalian bisa coba restart game yang kalian mainkan.

Dengan memulai ulang game, Anda akan mengurangi beban pada ponsel Anda selama bermain game. Setelah restart game, diamkan hp sekitar 10 menit sampai normal dan tidak panas.

Jika Anda merasa ponsel Anda tidak lagi hangat, Anda dapat memainkan game tersebut lagi.

6. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Banyak orang yang tidak mempedulikan aplikasi yang tidak digunakan di ponselnya, padahal aplikasi yang tidak terpakai tersebut justru dapat menguras ponsel Anda saat bermain game.

Terlebih lagi, aplikasi yang tidak terpakai ini berukuran besar, yang tentunya menambah beban pada ponsel Anda.

Jadi jika ada aplikasi yang sudah tidak digunakan, sebaiknya dihapus saja. Berikut cara uninstall aplikasi android yang tidak terpakai di hp android :

  • Silakan masuk ke menu Pengaturan / Pengaturan.
  • Buka menu Pengaturan / Pengaturan.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi terinstal
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda copot atau copot pemasangannya.
  • Setelah itu pilih Hapus / Hapus.

7. Menghapus file yang tidak perlu

Salah satu penyebab HP Android hang saat main game adalah memorinya sudah tidak cukup karena sudah penuh. Ini yang bikin hp lemot, solusinya hapus file yang sudah tidak terpakai.

Misalnya video, foto, dan file lain yang sudah tidak terpakai lagi, apalagi jika ukuran filenya besar dan jumlahnya banyak. Tentu sangat percuma jika memang penting, tapi terlalu besar bisa diupload ke Google Drive.

Jika Anda tidak tahu cara mengunggah file ke Google Drive, Anda dapat mendengarkan artikel yang diterbitkan oleh Technoinside.

8. Gunakan jaringan tercepat

Untuk bermain game tanpa masalah, Anda perlu menggunakan jaringan Internet dengan koneksi yang stabil dan cepat. Karena jika jaringannya jelek, maka pada saat permainan tidak maksimal biasanya orang menyebutnya dengan ping.

Baca juga:   4+ Cara Mematikan Firewall di Windows 7/8/10: Lengkap

Solusinya adalah memilih jaringan tercepat menggunakan Wi-Fi atau jaringan seluler 4G. Ping normal saat game kurang dari 70ms, mulus.

9. Banyak baterai HP yang tersisa

Pastikan sisa baterai banyak saat bermain game, jika baterai ponsel lemah akan menyebabkan ponsel menjadi lag, sementara itu jika digunakan untuk game, akan menyebabkan ponsel menjadi lag saat bermain game. .

Solusinya adalah dengan memastikan saat baterai ponsel berada di 20%, langsung mengisi daya dan memutar kembali saat terisi penuh.

10. Tutup aplikasi yang sedang berjalan

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menutup aplikasi yang sedang berjalan saat bermain. Karena inilah yang menyebabkan ponsel menjadi lag saat bermain game, karena RAM dan CPU juga menjalankan aplikasi.

Jadi apa yang harus menjadi sumber daya maksimum untuk game juga diambil oleh aplikasi tersebut. Sehingga dalam permainan akan kurang optimal dan lancar.

Kesimpulan

Namun sebelum menghapus aplikasi, pastikan aplikasi tersebut tidak berisi data atau dokumen sensitif apa pun. Jika ada dokumen dan data penting, silahkan backup terlebih dahulu kemudian uninstall aplikasinya.

Jadi jika sewaktu-waktu Anda ingin menggunakan aplikasi itu lagi, Anda masih memiliki datanya. Dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai, maka memori handphone anda menjadi lebih kecil dan handphone anda menjadi lebih ringan saat bermain game.

Demikian tips, trik dan guide yang bisa Teknoinside beritahukan kepada anda tentang cara agar hp android tidak lag atau lag saat bermain game.

Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat dan membantu ponsel Anda agar tidak lemot dan tetap kencang saat bermain game.


https://storyforgeproductions.com