Whatsapp adalah salah satu aplikasi untuk berkomunikasi dengan begitu banyak pengguna di seluruh dunia. Dengan WhatsApp, pengguna hanya dapat mengirim pesan satu sama lain melalui Internet.

Jadi aplikasi whatsapp gratis saat kami mengirim sms.

Ternyata selain mengirim pesan, dengan menggunakan aplikasi Whatsapp kita juga bisa berbagi foto, video, audio, emoticon dan lain sebagainya.

Selain itu, Whatsapp juga menyediakan fitur panggilan suara dan video yang hanya dapat Anda gunakan ketika Anda memiliki koneksi internet yang terhubung ke smartphone Anda.

Karena banyaknya pengguna Whatsapp, menunjukkan bahwa Whatsapp adalah salah satu aplikasi yang paling penting dan banyak diminta. Terlebih lagi, pengguna juga menggunakan Whatsapp sebagai sarana komunikasi yang penting.

Tidak jarang banyak pengguna menyimpan data penting dalam obrolan mereka. Apa yang harus dilakukan jika obrolan dihapus atau hilang? whatsapp bisa dilakukan cadangan data ini.

Cara membuat cadangan obrolan WhatsApp

Bagaimana melakukan cadangan Obrolan Whatsapp sangat mudah, saya bertanya-tanya bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya mari simak tutorialnya berikut ini.

cara backup chat whatsapp di android dengan mudah dan cepat

1. Pergi ke obrolan

Pertama, buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda. Kemudian klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.

Selanjutnya pilih Pengaturan untuk pergi ke pengaturan aplikasi WhatsApp. Kemudian pilih Mengobrol untuk masuk ke pengaturan obrolan.

2. Jalankan cadangan obrolan

Nah, selanjutnya Anda akan dibawa ke beberapa jenis menu pengaturan chat Anda. Klik Cadangan obrolan melakukan cadangan.

cara backup chat whatsapp di android dengan mudah dan cepat

Kemudian sebelum melakukan proses cadangan pengaturan pertama yang terkait dengan akun penyimpanan dan cadangan melalui .Jika Anda ingin melakukannya cadangan video yang terdapat dalam obrolan, periksa bagian Aktifkan video.

Anda dapat mengonfigurasi opsi penyimpanan yang terkait dengan hasil cadangan. Hasil cadangan Obrolan biasanya disimpan di akun Google Drive Anda. Untuk memilih akun, Anda dapat melakukannya dengan mengklik bagian Memeriksa.

Baca juga:   3+ Cara Mengubah Word ke PDF di HP & Laptop PC

3. Atur jadwal pencadangan

Anda dapat memilih jadwal pencadangan sesuai dengan opsi yang disediakan, klik bagian Cadangkan ke Google Driveitu akan menampilkan beberapa opsi untuk jadwal pencadangan yang Anda butuhkan, dimulai dengan

  • Tidak akan pernah (tidak ada cadangan sama sekali)
  • Hanya ketika saya mengklik “Cadangkan” (hanya akan mencadangkan jika Anda mengklik tombol “Cadangkan”),
  • Harian, Mingguan, Bulanan (artinya whatsapp akan melakukan cadangan obrolan Anda secara otomatis selama hari, minggu, dan bulan.

4. Atur metode jaringan

Untuk pengaturan data internet, ketika Anda melakukannya cadanganAnda dapat mengklik bagian Cadangkan melalui. Saat makan akan muncul 2 pilihan yaitu Wifi sebaik Wi-Fi atau Seluler.

  • Jika Anda memilih Wi-Fi, maka prosesnya cadangan dimulai saat ponsel cerdas Anda terhubung ke Wi-Fi.
  • Wi-Fi atau seluler, lalu proses cadangan Ini akan dilakukan jika ponsel cerdas Anda terhubung ke Wi-Fi atau menggunakan paket data di ponsel cerdas Anda.

5. Tunggu prosesnya

Jika Anda melakukannya di pengaturan cadanganmaka Anda dapat memulai prosesnya cadangan dengan satu sentuhan tombol cadangan. Kemudian proses cadangan mulai dan tunggu prosesnya cadangan untuk mengakhiri.

Cara Mencadangkan Obrolan WhatsApp ke Google Drive

Nah dibawah ini Teknoinside akan membagikan artikel tentang cara backup data chat WhatsApp ke Google Drive, langkah-langkahnya bisa diterapkan sebagai berikut.

cara mencadangkan obrolan ke google drive

1. Langkah pertama silahkan klik tombol menu WhatsApp (tombol dengan 3 titik di pojok kanan atas).

2. Selanjutnya sobat pilih Pengaturan menu bendungan pergi ke menu pengaturan Obrolan. Kalau kurang jelas bisa lihat gambar di bawah ini, saya tandai dengan lingkaran merah.

3. Jika sudah berada di “Pengaturan Obrolan” atau “Pengaturan Obrolan” di aplikasi media sosial WhatsApp, pada langkah selanjutnya, klik menu Cadangan obrolanKalau kurang paham bisa lihat foto berikut yang saya ambil, perhatikan tanda lingkaran merah.

Baca juga:   8 Cara Mengganti Nomor WhatsApp Tanpa Data Hilang

4. Langkah selanjutnya, jika sudah berada di bagian Chat Backup, sekarang klik tombol Cadangan ada hijau, lihat gambar yang saya tandai dengan lingkaran merah di bawah ini, klik tombol.

5. Sekarang proses back up data WhatsApp ke akun Google Drive kamu sudah berlangsung, tunggu prosesnya sampai selesai.

Untuk proses ini minimal baterai di handphone anda harus diatas 20%, jika dibawah 20% maka proses akan otomatis pause atau stop.

Lihat juga: Whatsapp Aero.

Bagaimana memulihkan obrolan WhatsApp

Selain bisa backup, kita juga perlu tahu cara restore chat WhatsApp, disini kita menggunakan Google Drive. Jadi lihat saja panduan pemulihan obrolan yang mudah.

Mungkin yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi cara mengembalikan chat whatsapp yang terhapus yaitu dengan melakukan restore dari hasil backup yang sebelumnya disimpan.

1. Instal whatsapp baru

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memulihkan data WhatsApp dari Google Drive yang telah Anda buat cadangannya. Dengan menginstal whatsapp baru.

2. Setelah itu, masukkan nomor ponsel yang Anda gunakan untuk akun WhatsApp Anda yang sebelumnya telah dicadangkan atau disimpan ke Google Drive.

3. Selanjutnya, klik tombol Lanjut yang bagian bawahnya berwarna hijau. Kemudian tunggu beberapa detik hingga Anda menerima pesan dengan kode verifikasi dari Whatsapp yang harus dimasukkan di kolom konfirmasi.

4. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima dari WhatsApp sebelumnya, terkadang langkah ini akan otomatis dilewati jika kartu dengan nomor yang Anda gunakan untuk WhatsApp ada di perangkat WhatsApp baru.

5. Tunggu beberapa saat, aplikasi Whatsapp akan otomatis mencari history backup data whatsapp kita yang ada di google drive sebelumnya.

6. Jika proses nomor lima sudah selesai dan file backup sebelumnya sudah ditemukan (ditandai dengan tulisan “Backup Found”), pada langkah selanjutnya klik tombol Membangun kembali hijau, seperti yang saya tandai dengan lingkaran merah pada gambar di bawah.

7. Tunggu hingga proses pemulihan data WhatsApp ke perangkat baru selesai 100%. Lamanya proses ini tergantung pada jumlah data yang telah Anda backup dari akun WhatsApp Anda sebelumnya.

Baca juga:   3 Cara Mengubah Bahasa Whatsapp di Android, iPhone

8. Jika proses pemulihan data WhatsApp selesai, klik tombol Lanjut.

9. Selanjutnya masukkan nama dan foto profil untuk akun WhatsApp Anda seperti yang Anda lakukan saat pertama kali mendaftarkan akun WhatsApp Anda, lalu klik tombol Lanjut hijau, seperti pada gambar yang saya lingkari merah di bawah ini.

10. Setelah itu, data WhatsApp yang sebelumnya terhapus kembali normal lagi.

Kesimpulan

Mengerjakan cadangan Whatsapp sangat dianjurkan, terutama jika Anda menggunakan Whatsapp sebagai lingkungan bisnis dan memiliki obrolan dan data penting dalam obrolan Anda.

Jadi ini adalah artikel dari teknoinside tentang cara melakukannya cadangan adalah salah satu cara untuk meminimalkan kemungkinan kehilangan data atau file.


https://storyforgeproductions.com