Dengan menggunakan Google maps, kita juga bisa mengetahui atau melacak lokasi dan posisi teman kita. Selain itu, kita juga dapat mencari ponsel kita yang hilang menggunakan peta Google, tetapi hanya dapat dicari jika GPS di ponsel kita diaktifkan.

Namun kali ini saya tidak akan membahas tentang GPS, melainkan tentang cara berbagi atau share lokasi di Google maps di Android.

Dengan membagikan titik lokasi kita dengan Google Maps, orang lain dapat mengetahui keberadaan kita saat ini. Anda yang sering menggunakan Google Maps untuk mencari tempat atau alamat tetapi tidak tahu cara membagikan lokasi Anda di Google Maps?

Tenang, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara share lokasi kita di google maps via android. Silakan baca dengan seksama baik-baik!.

Lihat juga: Cara menandai tempat di peta Google.

Cara Berbagi Lokasi Google Maps Terbaru

Jika Anda tidak dapat menemukan teman Anda, Anda dapat meminta mereka untuk menggunakan Google Maps untuk menemukan lokasi saya dan kemudian mengirimkannya.

Oke langsung saja bagi yang belum tahu cara share lokasi di google maps, ikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini.

1. Aktifkan GPS

Pertama-tama, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan GPS di Android Anda.

2. Buka Google Maps

Buka aplikasi Google Maps di Android Anda. Aplikasi ini biasanya diinstal secara default di semua perangkat android sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya. Jika Anda belum memilikinya, unduh aplikasi Google Maps terlebih dahulu.

cara berbagi lokasi di google maps

3. Masukkan lokasi

Saat Google Maps ditampilkan, masukkan lokasi atau tempat yang ingin Anda bagikan, lalu pilih atau ketuk Informasi lebih lanjut.

bagikan lokasi google map android

4. Bagikan lokasi

Setelah itu pilih Membagikanseperti yang sudah saya catat.

bagikan lokasi di peta google

Langkah terakhir adalah memilih lokasi di mana Anda ingin membagikan lokasi Anda. Anda dapat membagikannya melalui aplikasi seperti BBM, WhatsApp, Facebook, dan aplikasi lainnya.

cara berbagi lokasi di ponsel android

Cara berbagi lokasi Google Map dengan WA

Selain berbagi lokasi kami melalui aplikasi seperti whatsapp, Anda juga dapat membagikan lokasi real time atau saat ini di mana Anda berada melalui aplikasi google maps sebagai berikut cara membagikan lokasi google map di whatsapp.

Baca juga:   7+ Cara Menggunakan & Membuat Google Scholar: Lengkap

1. Buka Google Maps

Seperti biasa, aktifkan dulu GPS androidmu.

Kemudian buka aplikasi Google Maps di ponsel pintar Android Anda, klik gambar lingkaran seperti gambar di bawah ini untuk mencari lokasi Anda.

cara berbagi lokasi waktu nyata
cara berbagi lokasi di google maps

Setelah lokasi Anda terbaca dan muncul di Google maps, pilih atau klik garis tiga (kurang lebih) di pojok kanan atas, lihat gambar untuk lebih jelasnya, hehehe.

3. Pilih Bagikan Lokasi.

Kemudian Anda memilih Berbagi lokasi.

4. Tunjukkan lokasi ke teman

Juga, ketika muncul notifikasi berisi konten “Tunjukkan lokasi Anda ke teman” Tolong pilih MULAILAH.

cara membagikan lokasi Anda saat ini

5. Atur waktu

Kemudian langkah selanjutnya adalah Anda dapat menentukan berapa lama Anda akan membagikan lokasi di google maps. Untuk menginstalnya Anda dapat menggunakan klik atau tekan tombol ditambah (+) atau dikurangi (-).

bagikan lokasi di ponsel android

6. Bagikan lokasi

Setelah itu, pilih cara Anda ingin membagikan lokasi Anda, apakah ingin membagikannya melalui BBM, WhatsApp, Line, atau aplikasi lainnya.

Misalnya, di sini saya akan memilih untuk menggunakan WhatsApp untuk membagikan lokasi saya, lalu saya akan memilih kontak yang Anda bagikan lokasi Anda.

bagikan lokasi di obrolan IG WhatsApp FB

Kedua cara di atas hampir sama, bedanya di cara kedua ini kamu bisa mengatur berapa lama kamu akan berbagi lokasi dengan orang lain. Namun, fungsinya tetap sama, yaitu memberi tahu orang lain lokasi Anda.

Kalau mau share tanpa Google Maps juga bisa, berikut cara share lokasi di WhatsApp.

Cara Menggunakan Google Maps Offline

Kali ini Teknoinside akan memberikan tutorial cara menggunakan google maps offline. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir berkendara melewati pedesaan yang sinyalnya lemah.

1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone Anda, lalu klik ikon tiga garis di pojok kiri atas, lalu pilih Peta offline.

cara menggunakan google maps offline saat pulang hari raya idul fitri

2. Kemudian pilih PILIH KARTU ANDA SENDIRI (PILIH KARTU ANDA), lalu pilih lokasi Anda dengan menggeser area kotak untuk menemukan peta yang ingin Anda unduh secara offline jika Anda memilih UNDUH.

cara menggunakan google maps offline saat mudik lebaran 2

3. Silahkan tunggu sampai proses download selesai, jika sudah selesai klik PETA 1 yang telah Anda unduh sebelumnya dan siap digunakan.

cara menggunakan google maps offline saat mudik lebaran 3

4. Kemudian Anda akan melihat bahwa area yang Anda unduh sebelumnya di Google Maps dapat Anda buka dan gunakan secara offline, pilih lokasi yang ingin Anda tuju, lalu pilih ARAH.

cara menggunakan google maps offline saat mudik lebaran 4

5. Matikan koneksi internet anda dan sekarang anda telah berhasil menggunakan google maps offline.

cara menggunakan google maps offline saat mudik lebaran 5

Kesimpulan

Ada dua cara untuk membagikan lokasi Anda di Google Maps, yaitu membagikan lokasi Anda saat ini dan membagikan lokasi langsung Anda. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda karena kedua metode ini memiliki fungsi yang sedikit berbeda.

Lihat juga: Cara membuat barcode lokasi.

Berikut cara berbagi lokasi di Google Maps. Jadi Anda bisa berbagi lokasi dengan teman-teman Anda, Anda tidak perlu khawatir lagi saat bertemu dengan teman-teman Anda. Itu saja yang bisa saya tulis kali ini, semoga bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:   6 Cara Download File di Google Drive di HP & Laptop PC


https://storyforgeproductions.com