Pengguna komputer atau laptop baru terkadang masih suka bertanya-tanya bagaimana cara mengecek kapasitas harddisk di Windows 7, 8 atau Windows 10.

Sebenarnya Anda tidak perlu mengecek kapasitas harddisk di komputer Anda, sudah terlihat saat Anda membuka File Explorer, namun meskipun demikian masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Selain menggunakan File Explorer, Anda juga bisa mengecek kapasitas harddisk komputer Anda dengan cara lain.

Lihat juga: Cara merawat hard drive Anda.

Nah bagi anda yang bertanya-tanya bagaimana caranya, berikut ini saya akan menjelaskan tentang 2 cara cek kapasitas atau isi hardisk di laptop tanpa aplikasi tambahan, paling mudah dan dijamin work.

Melalui File Explorer

Cara pertama ini adalah cara termudah dan tercepat untuk mengecek kapasitas harddisk di laptop kamu.

Cukup dengan explorer ini, Anda dapat memeriksa ukuran hard drive komputer Anda.

1. Buka File Explorer

Cara mengeceknya juga sangat mudah, Anda hanya perlu membukanya. Konduktor. File Explorer adalah aplikasi bawaan Windows yang berbentuk folder untuk mengakses folder file di komputer Anda.

2. Pilih komputer ini

2 cara untuk memeriksa kapasitas hard drive laptop windows 7 8 10 1

Setelah membuka File Explorer, navigasikan ke PC ini / Komputer saya.

3. Informasi kapasitas hard disk

Di sini misalnya ada 4 partisi, karena partisi H adalah hardisk eksternal, jadi hardisk yang terpasang di laptop saya adalah 500 GB yaitu partisi C, D dan E yang jumlahnya mencapai sekitar 500 GB.

Jika jumlahnya kurang, defisit digunakan oleh sistem dan tidak ditampilkan di sini.

Melalui Manajemen Disk

Cara kedua adalah melalui manajemen disk. Cara kedua ini dapat menampilkan informasi lebih lengkap mengenai kapasitas harddisk komputer atau laptop anda.

Untuk cara kedua ini tidak bisa langsung seperti cara pertama karena Disk Management tidak tersedia di Start Menu. Untuk membuka Manajemen Disk, ikuti langkah-langkah berikut.

Baca juga:   5 Cara Membuat Konsumen Mengingat Bisnis Anda

1. Buka Manajemen Disk

Pertama, silakan buka Lari dengan satu sentuhan tombol Menang + Rkemudian setelah jenis ini Magister Sains dan tekan Untuk masuk atau BAGUS.

2 cara untuk memeriksa kapasitas hard drive laptop windows 7 8 10 2

2. Informasi kapasitas hard disk

Setelah itu akan muncul informasi/kapasitas harddisk di komputer anda, bisa anda lihat di 0. piringan adalah drive komputer/laptop default, dan Disk 1 adalah harddisk eksternal.

Lihat juga: Cara memperbaiki hard drive yang tidak terbaca.

Di sebelah kiri di bawah Disk 0 adalah ukuran efektif hard drive komputer saya, yaitu 465,76 GB.

2 cara untuk memeriksa kapasitas hard drive laptop windows 7 8 10 3

3. Periksa total kapasitas hard drive

Jika Anda ingin memastikan hard drive yang Anda gunakan adalah 500 GB, klik kanan. 0. piringan lalu pilih Karakteristik.

2 cara untuk memeriksa kapasitas hard drive laptop windows 7 8 10 4

Informasi akan muncul dari kapasitas yang digunakan pada hard disk.

2 cara untuk memeriksa kapasitas hard drive laptop windows 7 8 10 5

Kesimpulan

Ada dua cara yang saya jelaskan di atas untuk mengecek kapasitas harddisk di laptop atau PC Anda. Menurut saya cara yang paling mudah adalah yang pertama karena lebih cepat dan bisa langsung dilihat.

Demikian panduan singkat yang bisa Teknoinside bagikan kepada Anda 2 cara cek kapasitas harddisk di laptop Windows 7, 8 dan 10 tanpa menggunakan aplikasi tambahan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Anda dapat menggunakan metode apa pun, Anda dapat menggunakan metode yang menurut Anda sederhana dan menampilkan informasi yang diperlukan.


https://storyforgeproductions.com