Alamat MAC berarti alamat kontrol akses media. Alamat MAC ini adalah kode yang harus dimiliki antarmuka jaringan menggunakan pengontrol atau nirkabel.

Cara mengetahui MAC address bisa dilakukan di hampir semua perangkat PC yang terhubung dengan jaringan ethernet. Alamat MAC biasa disebut sebagai alamat Ethernet atau alamat fisik karena ada komponen di ponsel Android dan PC laptop.

Alamat fisik atau alamat MAC ini terdiri dari alamat, atau bisa juga disebut kode unik dengan sistem 48 bit atau 6 bit. Setiap perangkat yang terhubung ke router harus memiliki alamat MAC ini.

Untuk penjelasan lebih rinci, alamat MAC itu sendiri adalah pengenal unik yang dimiliki semua antarmuka jaringan, baik itu NIC (Pengontrol Antarmuka Jaringan) atau WNIC (Pengontrol Antarmuka Jaringan Nirkabel).

Alamat MAC dikeluarkan oleh pabrikan sesuai dengan standar IEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) dan digunakan sebagai alamat jaringan di semua teknologi jaringan IEE 802, termasuk jaringan Wi-Fi dan Ethernet.

Alamat MAC harus milik perangkat yang sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti laptop, ponsel Android, atau komputer.

Saat digunakan, alamat MAC sering digunakan untuk mengamankan atau memblokir koneksi yang ditetapkan ke perangkat.

Mengetahui alamat MAC suatu perangkat, apakah itu perangkat keras komputer atau perangkat seluler, administrator dapat menentukan apakah perangkat tersebut harus diblokir atau tidak.

Alamat MAC milik setiap perangkat, bukan milik perangkat. Misalnya, satu perangkat komputer memiliki alamat MAC untuk perangkat yang terhubung langsung ke jaringan, seperti Bluetooth, kartu jaringan, dan perangkat nirkabel.

Dengan mengetahui alamat MAC perangkat, Anda dapat mengontrol akses, seperti apakah perangkat dapat mengakses jaringan atau tidak.

Cara mengecek alamat MAC adalah hal yang sangat penting yang harus diketahui oleh orang-orang yang sudah bergantung pada Internet saat ini.

Baca juga:   7+ Cara Mengalihkan Panggilan Telepon di HP (Terbukti)

Terkadang, saat menggunakan komputer, laptop, atau ponsel Android, suatu tindakan dapat dilakukan yang memerlukan penyediaan informasi yang terkait dengan kode unik di jaringan.

Kondisi seperti itu biasanya terjadi ketika Anda online di suatu tempat melalui hotspot, seperti Wi-Fi corner, dll.

Lihat juga: Cara melindungi Wi-Fi dari peretasan.

Seringkali, orang menggunakan layanan hotspot secara tidak langsung, jadi mereka harus mendaftar terlebih dahulu ke lembaga yang bertanggung jawab untuk mendapatkan nama pengguna.

Nama pengguna akan digunakan untuk masuk ke layanan hotspot. Nah, saat mendaftar, Anda akan diminta memasukkan alamat MAC.

Ini akan sangat membingungkan bagi orang normal yang mencoba ini untuk pertama kali dan tidak tahu cara memeriksa alamat MAC pada perangkat yang mereka gunakan.

Cara mengetahui alamat MAC di laptop

Disini saya akan sedikit berbagi informasi bagaimana cara mengecek atau mengetahui MAC address pada perangkat komputer jinjing. Langsung saja simak tutorialnya di bawah ini.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka jendela Run di desktop Anda dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan.

Jika kotak dialog Run muncul di layar, ketik “cmd” tanpa tanda kutip, lalu tekan tombol enter di keyboard Anda.

Kemudian akan muncul jendela command prompt. Cukup ketik “getmac /v” tanpa tanda kutip.

cara cek mac address dengan mudah

Lihat juga: Pengertian CMD.

Informasi alamat MAC akan ditampilkan.

Nama koneksi akan ditampilkan di sebelah kiri, opsi Ethernet berarti kartu jaringan ditampilkan, opsi Wi-Fi menunjukkan Wi-Fi atau WLAN yang diperlukan oleh hotspot, dan opsi Bluetooth yang dimaksud di sini adalah Bluetooth perangkat di laptop.

Jika Anda masih tidak tahu di mana alamat MAC di laptop, biasanya dikodekan antara angka dan huruf, total 12 karakter.

Baca juga:   8 Cara Transfer Saldo OVO ke OVO & Rekening Bank

Jika Anda ingin mengetahui detail MAC address dan online ID Anda lebih detail pada perangkat yang Anda gunakan, pada jendela cmd ketikkan “ipconfig /all”.

Cara Cek Alamat MAC di Android

Berikut informasi tentang cara cek alamat MAC di Android dan prosesnya, perhatikan baik-baik.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka menu Setting atau Pengaturan pada perangkat Android yang Anda gunakan.

Masuk ke menu Wi-Fi, setelah Anda masuk ke jaringan Wi-Fi berikutnya, klik menu di pojok kanan bawah, lalu klik “Lanjutkan”, maka alamat MAC akan tercantum di alamat MAC.

Jika ada yang kurang jelas, anda bisa melihat gambar di bawah ini. (biasanya kanan atas, lalu dilanjutkan dengan memilih opsi “Advanced”) karena saya menggunakan Asus Zen C.

Untuk sebagian besar ponsel lainnya, setelah masuk ke bagian “Lainnya”, Anda dapat memilih opsi Wi-Fi jika ingin memeriksa alamat MAC Wi-Fi di perangkat Android.

Geser layar ke bawah hingga Anda menemukan alamat MAC yang diinginkan. Cara memeriksa alamat MAC bluetooth, sama seperti memeriksa alamat mac android untuk Wi-Fi.

Perbedaannya adalah Anda hanya perlu memilih opsi Bluetooth sebelum menemukan alamat MAC.

cara cek mac address dengan mudah
900

Kesimpulan

Sekarang Anda tidak akan bingung lagi ketika dimintai alamat MAC untuk dapat menggunakan jaringan tertentu.

Demikian sedikit informasi cara cek MAC address di PC atau Android semoga bermanfaat.

Jika anda merasa artikel kami dibutuhkan oleh saudara, kerabat atau siapa saja yang membutuhkan informasi.

Silahkan langsung saja kunjungi teknoinside, dan jika ada pertanyaan seputar isu di bidang teknologi, sampaikan saja melalui kolom komentar di bawah. Itu saja dan semoga berhasil.


https://storyforgeproductions.com