NISN, atau akronim Nomor Induk Mahasiswa Nasional, adalah layanan unik dari Sistem Manajemen Kode Identifikasi Mahasiswa.

Bekerja standar berdiri untuk membedakan satu siswa dari yang lain di seluruh Indonesia dan di sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri.

NISN dioperasikan oleh Pusat Data dan Statistik Kementerian Pendidikan Nasional, yang merupakan bagian dari program Dapodik/Data Dasar Pendidikan (Kemdikbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Layanan NISN menerapkan sistem online terkomputerisasi terpusat untuk memfasilitasi pengelolaan ID siswa secara nasional sesuai dengan standar pengkodean yang telah ditetapkan.

Semua siswa yang terdaftar di NISN diberi Kode Identifikasi Siswa NISN yang unik, yang terdiri dari 10 digit, standar, dan berlaku setiap saat.

NISN dianggap unik karena 3 digit pertama angka tersebut merupakan tahun lahir siswa, misal siswa lahir tahun 2004, 3 digit pertama NISN adalah 004 diikuti 7 digit kode unik.

Nah sob, sistem pemberian kode tanda pengenal siswa ini dilakukan secara otomatis dengan menggunakan komputer yang ada di service center NISN.

Kode tanda siswa ditentukan dan ditetapkan berdasarkan penyerahan atau input sumber data siswa yang telah diverifikasi oleh masing-masing sekolah dan/atau dinas pendidikan kota/kabupaten secara daring.

Hasil penetapan kode identifikasi NISN System Center kemudian ditampilkan secara publik, dalam batas-batas tertentu, melalui website NISN.

Lalu bagaimana cara cek NISN berdasarkan nama dan/atau sekolah, yang bisa Anda lakukan sendiri.

Untuk mengetahui cara cek NISN siswa TK, SD, SMP, SMA/SMK secara online, caranya dengan mencari NISN berdasarkan NISN dan mencari NISN berdasarkan nama siswa, tanggal lahir, dan tempat kelahiran siswa tersebut.

Namun hanya operator sekolah di vervalpd.data.kemdikbud.go.id yang bisa mengecek NISN berdasarkan nama sekolah.

Cara Cek NISN Siswa Online

Nah sobat kali ini kita akan membahas bagaimana cara cek NISN siswa TK, SMP, SMP, SMA dengan menggunakan internet online. Nah, selain bisa cek KTP online, kamu juga bisa cek NSN online.

Baca juga:   4 Cara Mengunci File di Komputer & Laptop: Agar Aman

1. Cara mencari NISN berdasarkan nama siswa, tanggal lahir

Cara ini cocok jika Anda lupa atau bahkan tidak mengetahui NISN Anda. Inilah cara melakukannya seperti ini:

2. Cara mengecek nilai siswa secara online melalui internet 3
  1. Kunjungi https://reference.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  2. Klik pada menu “Cari berdasarkan Nama”.
  3. Kemudian isikan nama siswa
  4. Masukkan tempat lahir siswa
  5. Selanjutnya isikan hari-bulan-tahun lahir dengan format tanggal/bulan/tahun, misalnya 15/03/2003
  6. Klik Cari

Setelah mengklik tombol Cari, maka akan muncul hasil pencarian NISN berdasarkan nama dengan informasi sebagai berikut:

  • NISN
  • Nama siswa
  • Lantai
  • Tempat Lahir
  • Tanggal lahir

Nah sobat sudah berhasil mengetahui NISN dan keabsahan data yang ada, jika belum valid sobat bisa menghubungi operator sekolah sobat untuk memperbaikinya.

2. Cara mengecek informasi siswa dengan NISN

Cara mengecek atau mencari NISN berdasarkan NISN mudah, berikut caranya:

2 cara mengecek nilai siswa secara online melalui internet 4
  1. Kunjungi https://reference.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  2. Kemudian isikan NISN siswa pada kolom yang sesuai.
  3. Setelah itu, klik tombol “Cari”.
  4. Lihatlah hasilnya.

Hasil pencarian NISN berdasarkan NISN siswa

Setelah Anda mengklik tombol “Cari”, maka akan muncul hasil pencarian NISN yang Anda masukkan dengan keterangan informasi siswa:

  • mahasiswa NSN
  • Nama siswa
  • Lantai
  • Tempat Lahir
  • Tanggal lahir

Manfaat NISN

Ada beberapa tujuan dan manfaat dari adanya NISN ini, diantaranya sebagai berikut.

1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (siswa) di seluruh sekolah di Indonesia secara baku, konsisten dan berkelanjutan.

2. Sebagai pusat layanan pengelolaan nomor induk siswa secara online untuk unit kerja di Chemdiknas, dinas pendidikan daerah untuk sekolah yang terstandarisasi, terintegrasi dan akuntabel berbasis TIK terkini.

3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik (Dapodikdasmen) dalam meningkatkan dan melaksanakan program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya di tingkat pusat, daerah, kota, kabupaten dan sekolah.

Baca juga:   12 Paket Internet Indosat Murah 4G Unlimited (Terbaru 2022)

Misalnya BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Database dan Informasi Pendidikan, Beasiswa PIP untuk SNMPTN dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Situs Belajar Online.

Cara mendapatkan NISN

Siswa baru di sekolah dasar akan mendapatkan NISN dari sekolahnya, dimana operator sekolah akan memberikan NISN kepada siswa baru di sekolahnya.

Pengajuan NISN disampaikan melalui pengajuan di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Jika ada siswa SMP dan SMA yang belum memiliki NISN, operator sekolah juga bisa mengirimkannya melalui rekening mereka.

NISN yang diterima di vervalpd akan disinkronkan ke aplikasi dapodik, baik dapodikdas maupun dapodikmen (dapodikdasmen) setelah operator sekolah mengeceknya di vervalpd. data, kemdikbud.go.id.

NISN berlaku karena siswa berada pada jenjang pendidikan SD hingga SMP dan SMA.

Tujuan Cek NISN online

Ada beberapa hal yang membuat seseorang baik siswa maupun guru mengecek NISN atau mencari data NISN. Di bawah ini adalah beberapa alasan untuk memeriksa dan menemukan siswa NISN.

1. Karena sekolah/guru mengecek

  • Jika ada siswa baru di sekolah tersebut, khususnya pada awal tahun pelajaran, operator sekolah memasukkan data siswa baru tersebut ke dalam aplikasi dapodikdas atau dapodikmen. Operator sekolah akan meninjau tahap awal, yaitu proses pengusulan NISN yang baru.
  • Verifikasi NISN oleh pengelola sekolah dapat dilakukan sewaktu-waktu apabila NISN siswa dianggap perlu untuk diverifikasi keabsahannya. Hal ini biasanya dilakukan ketika siswa ingin mengikuti ujian sekolah dan ujian nasional. Operator biasanya mengecek validitas NISN calon peserta ujian.

2. Alasan guru dan siswa sekolah menengah melakukan audit

  • Sebaiknya guru SD mengecek keabsahan NISN siswa baru di sekolah tersebut agar jika ada NISN yang tidak valid dapat segera diperbaiki melalui website vervalpd.
  • Jika siswa baru lupa NISNnya sendiri, operator SMP/guru dapat mencari NISN siswa di Internet dengan nama siswa tersebut. Jadi tidak perlu lagi menanyakan SD siswa.
  • Jika siswa SMP lupa NISN, bisa langsung mencari NISN online melalui website NISN, seperti yang saya jelaskan pada panduan di atas.
Baca juga:   4+ Cara Meredupkan Layar HP Android: Mengatur Kecerahan

3. Alasan guru dan siswa SMK/SMK memeriksa dan mencari NISN

  • Pendidik SMA/SMK hendaknya melakukan verifikasi keabsahan NISN siswa baru di sekolah tersebut sehingga jika ada NISN yang tidak valid dapat segera diperbaiki melalui website vervalpd.
  • Jika ada siswa yang lupa NISNnya, dapat menghubungi operator SMK/SMK untuk dibantu mencarikan NISN online atas nama siswa. Dengan demikian, tidak perlu meminta informasi NISN dari SMP atau SD siswa yang bersangkutan.
  • Jika siswa SMA/SMK lupa NISNnya, maka dapat mencari NISN secara online dengan memasukkan nama dan tanggal lahir.

4. Alasan Orang Tua Siswa Memeriksa dan Mencari NISN Anaknya

  • Orang tua siswa/wali siswa biasanya mengecek NISN anaknya untuk memverifikasi dan memastikan keakuratan data anaknya.
  • Jika kartu NISN siswa hilang atau siswa lupa NISNnya, orang tua atau wali siswa dapat mencari NISN anaknya secara online melalui internet.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, melalui website https://verval.pd.data.kemdikbud.go.id anda bisa mencari NISN berdasarkan NISN, nama, tempat dan tanggal lahir, mencari NISN anak TK sampai SMA dan berbagai fungsi lain yang terkait dengan NISN.

Selain itu kami juga mencetak kartu nisn secara online, mungkin ada yang membutuhkannya untuk keperluan tertentu.

Berikut cara cek NISN untuk siswa TK, SD, SMP, SMA online sob. Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan memudahkan Anda menemukan NISN Anda sendiri. Mungkin jika ada yang membingungkan anda pada artikel di atas silahkan bertanya pada teman.


https://storyforgeproductions.com