Jika Anda memiliki smartphone Android, alangkah baiknya jika Anda mengetahui berapa besar RAM yang dimiliki oleh sebuah ponsel. Dengan cara ini akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apakah ponsel Anda dapat menjalankannya atau tidak jika Anda ingin menginstal aplikasi yang berat.

Jadi, bagaimana cara memeriksa RAM ponsel android. Yuk simak penjelasannya berikut ini agar kamu bisa melihat seberapa besar memori yang dimiliki ponsel android kamu.

Cara Cek RAM Semua Merk HP Android

Nah, cara ini bisa kamu gunakan di Samsung, Xiaomi, Oppo, ASUS, Vivo dan HP Android lainnya. Berikut cara cek RAM semua merk HP Android.

1. Menggunakan monitor sistem sederhana

Dalam kasus pertama, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang harus diinstal terlebih dahulu di Google Play Store. Nah, Anda bisa menggunakan aplikasi Simple System Monitor untuk memeriksa kinerja seluruh sistem di ponsel Android Anda.

Aplikasi ini memiliki grafik di mana Anda dapat melihat berapa banyak peralatan yang sedang berjalan. Dan tentunya sangat berguna untuk memantau kinerja HP ‚Äč‚Äčkamu. Cara menggunakannya seperti ini:

Langkah pertama adalah menginstal aplikasi Simple System Monitor dari Google Play Store.

ini cara mudah melihat hp android ram 1 1

Kemudian geser ke kanan dan Anda akan menemukan tab RAM. Ada informasi tentang total RAM ponsel Anda serta jumlah memori yang digunakan.

ini adalah cara mudah untuk melihat ram ponsel android 2

2. Dengan CPU-Z

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi CPU-Z, yaitu aplikasi khusus yang dirancang untuk memeriksa karakteristik umum HP.

Aplikasi CPU-Z ini menampilkan prosesor, ukuran layar, memori internal dan eksternal, dan versi kernel. Dan, tentu saja, jumlah RAM juga.

Nah, di CPU-Z, ukuran RAM ditampilkan dalam kehidupan nyata, jadi Anda tidak perlu memeriksa sana-sini. Jadi bagaimana cara melihat ram ponsel android menggunakan aplikasi CPU-Z ini? Berikut penjelasannya:

Baca juga:   6+ Cara Kalibrasi Baterai HP Android: Semua Merk Lengkap

Langkah pertama tentunya anda harus menginstall CPU-Z terlebih dahulu dari Google Play Store.

ini cara mudah melihat hp android ram 3

Setelah itu buka CPU-Z, buka bagian “Device” dan centang kolom “Total RAM”.

ini adalah cara mudah untuk melihat ram ponsel android 4

Jadi, ini adalah ukuran RAM HP Anda. Akan muncul keterangan spesifikasi lainnya, misalnya kita ingin mencoba cara melihat penggunaan RAM agar bisa mengetahui sisa RAM yang tersedia.

Baca juga: Lihat prosesor HP untuk Android.

3. Melalui kotak HP

Nah, jika cara sebelumnya menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka cara ini adalah yang paling mudah. Bagaimana? Anda dapat menggunakan dusbook HP yang disertakan dengan pembelian Anda.

Karena kotak biasanya berisi spesifikasi singkat dari ponsel yang digunakan. Misalnya prosesor, nomor IMEI, versi sistem, serta jumlah RAM.

Dan untuk besaran RAM sendiri biasanya langsung ditulis jumlah penuhnya. Misalnya 1GB, 2GB, 3GB, 4GB dan seterusnya. Namun, jika Anda membeli ponsel Android yang tidak baru atau bekas dan tidak memiliki kotak, ada cara lain yang dapat Anda gunakan selain ini.

4. Melalui pengaturan Android

Dan cara terakhir yang saya rekomendasikan pastinya sangat sederhana, karena tidak perlu mendownload aplikasi pihak ketiga, tetapi hanya menggunakan aplikasi yang sudah ada di setiap smartphone.

Nah, lebih tepatnya di bagian pengaturan, selalu ada kesempatan untuk mengecek jumlah RAM di ponsel, sekaligus mengecek aplikasi yang sedang berjalan.

Nah, pemeriksaan ini bisa dilakukan di semua versi Android. Mulai dari versi lama hingga versi terbaru. Karena? Simak langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, buka “Pengaturan” di ponsel Anda.
  • Kemudian temukan dan buka Memori
  • Setelah itu, Anda akan melihat jumlah RAM ponsel Anda.

Namun, cara di atas mungkin berbeda tergantung pada merek, jenis ponsel, dan versi Android yang Anda gunakan. Jadi jika tidak bisa mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mengikuti cara berikut ini karena cara ini bisa Anda gunakan dalam berbagai jenis:

  • Nyalakan “Opsi Pengembang” >> “Buka Opsi Pengembang” >> “Buka Memori”.
  • Buka Pengaturan >> Aplikasi / Aplikasi >> Menjalankan aplikasi.
  • Buka Pengaturan >> Lanjutan >> Manajer Aplikasi >> Startup (atas).

Baca juga: Cara Cek RAM Laptop.

5. Dengan X CPU

Aplikasi ini hampir seperti aplikasi cpu z atau kebanyakan aplikasi yang dapat mengetahui spesifikasi lengkap ponsel android. Salah satunya adalah dengan mengecek memori atau RAM HP Android.

  1. Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi di atas.
  2. Kemudian buka aplikasi, pilih memori untuk memeriksa RAM.
  3. Ini kemudian akan menampilkan Penggunaan RAM yang Tersisa, RAM yang Digunakan, dan Total RAM.
Baca juga:   KoinGold Gift, Cara Baru untuk Menunjukkan Kasih Sayangmu!

Kesimpulan

Pada langkah-langkah di atas Anda dapat memilih mana yang paling sederhana, kami urutkan dari yang paling sederhana. Karena, mungkin, tanpa aplikasi, letak bagian-bagian yang diperlukan berbeda untuk setiap ponsel.

dia Cara melihat RAM ponsel Android yang saya rekomendasikan di atas. Silakan pilih cara yang menurut Anda paling mudah. Nah, jika ada yang kurang jelas pada pembahasan di atas atau ada yang ingin ditanyakan, tulis saja di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com