Buat kamu khususnya mahasiswa yang berada di level terakhir pasti akan sibuk mencari cara membuat akun Google Scholar untuk jurnal bahasa Indonesia karena untuk keperluan skripsi atau tugas kuliah.

Google Scholar adalah situs jurnal internasional tempat banyak penulis mengunggah makalah mereka.

Bagi teman-teman yang membutuhkan rekomendasi penulisan, cari saja di Google Scholar dan temukan yang menurut Anda terbaik, semuanya gratis.

Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas secara detail tentang Google Scholar. Google Scholar adalah situs yang mendukung penelitian atau tugas yang sedang Anda kerjakan.

Situs ini sangat bermanfaat bagi banyak mahasiswa, terutama mahasiswa pascasarjana yang sedang mengerjakan disertasinya. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Cara menggunakan Google Cendekia

Pertama, saya akan menunjukkan cara menggunakan Google Cendekia. Ketik research.google.com di bilah alamat browser Anda, lalu ketikkan saja kata yang ingin Anda cari. Anda kemudian akan menemukan beberapa hasil untuk istilah yang Anda cari sebelumnya.

Sistemnya hampir sama dengan mesin pencari Google pada umumnya, tetapi Google Cendekia hampir seperti buku dengan ribuan kata, misalnya saya ingin mencari artikel atau nilai “Kekuatan Mitos”

Gambar di bawah adalah hasil pencarian “Kekuatan Mitos” Apa yang saya lakukan.

cara membuat akun/profil ilmuwan google

Berdasarkan hasil pada gambar di atas, di mesin pencari Google Cendekia, Anda juga dapat mencari artikel berdasarkan tanggal publikasi atau artikel yang relevan.

Fitur ini akan sangat berguna jika Anda kehilangan referensi untuk tugas akhir atau disertasi yang sedang Anda kerjakan. Fitur lain dari Google Cendekia adalah profil Google Cendekia, yang akan dibahas di bawah ini.

Cara membuat akun Google Cendekia

Profil Google Cendekia adalah fitur untuk peneliti, penulis, dan cendekiawan yang perlu memiliki profil Google Cendekia.

Baca juga:   10 Cara Repost Foto dan Video Instagram di HP Android

Fungsi dari google scientist profile adalah untuk meningkatkan indeks sitasi publikasi ilmiah, fungsi lain dari fungsi ini adalah untuk mengumpulkan artikel ilmiah yang telah anda buat dan yang langsung dipublikasikan di internet oleh beberapa sumber,

Sederhananya, jika Anda seorang penulis atau peneliti, hasil tulisan yang Anda publikasikan yang menjadi referensi bagi peneliti atau penulis lain akan tercatat di profil Google Cendekia Anda.

Anda dapat melihat jumlah kutipan yang mempengaruhi hasil tulisan Anda. Akan sangat membanggakan jika hasil tulisan sendiri menjadi center atau transset bagi penulis lain.

Membuat profil Google Cendekia sangat mudah, selama Anda memiliki akun gmail. Berikut langkah-langkah membuat profil Google Cendekia:

1. Buat akun Gmail

1. Bagi yang belum punya akun Gmail, klik link [disini] per melakukanjika Anda tidak dapat membuat gmail klik tautannya [disini] baca artikel tentang cara membuat gmail lengkap.

2. Masuk ke akun Gmail Anda

Gabung dengan akun yang telah dibuat atau sudah ada.

3. Buka Google Cendekia

Buka alamat Ilmuwan Google [disini] atau anda juga memasukkan kata kunci “Google Scientist” ke dalam Google.

4. Klik Profil Saya

Klik entri Profil saya atau Profil saya di kiri atas.

cara membuat akun/profil ilmuwan google

5. Isi detailnya

Isi dengan lengkap 3 langkah yang ada di menu.

cara membuat akun/profil ilmuwan google

6. Mengedit data

Sunting data untuk foto afiliasi, dll. Jika ini tampaknya benar, klik Menerbitkan sehingga orang lain dapat melihat.

cara membuat akun/profil ilmuwan google

7. Selesai

Jika semuanya sudah siap, maka tampilannya akan seperti pada gambar dibawah ini.

cara membuat akun/profil ilmuwan google

Kesimpulan

Kesimpulannya, Google Schoolar ini akan membantu Anda melihat bagaimana pekerjaan Anda bermanfaat bagi orang lain. Cara membuatnya juga tidak sulit, cukup ikuti petunjuk di atas dan cara menggunakannya.

Baca juga:   Cara Blokir Akses Internet Aplikasi di Laptop PC: Lengkap

Untuk apa Profil Ilmuwan Google ini? Jika Anda seorang penulis, profil Google Cendekia ini akan sangat membantu untuk melihat bagaimana karya Anda bermanfaat bagi orang lain.

Ini adalah artikel singkat yang saya bagikan kepada Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara membuat akun beasiswa google, Tanyakan saja di profil penulis, atau jika Anda memiliki saran kritik, silakan coret kolom komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com