Dengan laptop, Anda juga bisa menikmati berbagai macam hiburan menarik secara gratis. Karena banyak juga orang yang menggunakan laptop untuk bermain game, menonton film dan hiburan lainnya.

Namun tidak semua laptop langsung dilengkapi dengan game-game keren. Karena itu, banyak pengguna laptop yang tidak mengerti bagaimana bersenang-senang sambil bermain game, karena game itu tidak ada.

Nah, dalam hal ini, kali ini Teknoinside akan membagikan tutorial cara download game di laptop Windows.

Untuk mendownload game di laptop Windows sebenarnya sangat mudah, Anda bisa mendownloadnya langsung melalui aplikasi yang disediakan oleh Microsoft.

Atau, Anda juga bisa mendownload game-game tersebut melalui website penyedia game Windwos yang bisa Anda temukan di Internet. Ada banyak situs penyedia game Windows yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh game favorit Anda.

Google juga memiliki banyak game Windows keren yang layak untuk dicoba. Dengan bantuan permainan, Anda dapat menghilangkan stres dan bersenang-senang di waktu luang Anda.

Lihat juga: Cara mencopot pemasangan aplikasi.

Hal ini dikarenakan game merupakan salah satu media hiburan yang sangat menarik dan sangat mudah untuk dimainkan. Hanya dengan bermain game, kita bisa melupakan semua masalah yang ada dan menikmati game tersebut.

Cara download game di laptop pc

Selanjutnya, Teknoinside akan menjelaskan cara download game gratis di laptop Windows.

Jadi jika cara pertama rumit dan rumit, maka Anda bisa menggunakan cara kedua, ketiga, dan seterusnya. Langsung saja simak artikel berikut ini.

1. Toko Windows

7 cara download game di pc laptop windows 1

Pertama, cara download game melalui windows store, ini adalah aplikasi resmi yang disediakan Microsoft untuk penggunanya. Berbagai game menarik bisa kamu download secara gratis, dan ada juga yang berbayar, seperti Minecraft, World of Tanks, Plague dan lain sebagainya.

Untuk perangkat Windows 8 dan 10, biasanya software Windows Store akan langsung terinstal di laptop, namun untuk Windows 7 ke bawah harus terlebih dahulu diunduh dari situs resmi Microsoft dan diinstal.

Anda harus menyadari bahwa Anda harus terhubung ke akun Microsoft Anda sebelum mengunduh game dari Windows Store, jika Anda belum memilikinya, buatlah terlebih dahulu.

Jika sudah terhubung, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini untuk mengunduh game dari Windows Store:

  1. Buka aplikasi Windows Store (gunakan fungsi pencarian).
  2. Kemudian masuk ke kategori Games.
  3. Silakan pilih game favorit Anda yang ingin Anda mainkan.
  4. Pilih Instal Game.
  5. Silakan tunggu beberapa detik hingga proses instalasi selesai. Jika berhasil, game yang diunduh akan muncul di menu start laptop atau desktop Anda.
Baca juga:   BI Tarik Dua Jenis Uang Rupiah Emisi 1995, Begini Cara Tukarnya!

Jika Anda diminta untuk masuk saat ingin mengunduh dan mengklik tombol Instal, itu berarti Anda belum menghubungkan akun Microsoft Anda, jadi silakan hubungkan akun Microsoft Anda terlebih dahulu.

2. Uap

7 Cara Download Game di PC Laptop Windows 2

Anda harus tahu bahwa Steam adalah platform distribusi digital yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh dan bermain game.

Steam mirip dengan Windows Store, tetapi Steam memiliki banyak fitur keren yang dapat memberi Anda pengalaman bermain game terbaik.

Menggunakan aplikasi Steam, Anda juga dapat berkomunikasi dengan pemain melalui pesan teks atau suara.

Agar Anda dapat mengunduh dan memainkan game di toko Steam, Anda harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Steam dari situs web resmi Steam.

Jika aplikasi Steam sudah terpasang dengan benar, Anda dapat mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengunduh game di Steam:

  1. Buka aplikasi Steam yang terinstal. Silahkan login dengan akun Steam anda, jika belum punya silahkan buat/daftar terlebih dahulu.
  2. Setelah login, buka menu Store, pilih menu Games, dan pilih Free Play.
  3. Silakan cari dan pilih game yang ingin Anda mainkan.
  4. Kemudian, setelah itu, klik menu “Play Game”.
  5. Centang kotak “Buat pintasan di desktop”, lalu klik “Berikutnya”.
  6. Silahkan tunggu sampai proses download selesai.

Jika proses download sudah selesai maka game yang anda download akan otomatis muncul di layar desktop laptop anda. Sekarang Anda dapat mulai memainkan game ini secara gratis.

3. Jaringan

7 Cara Download Game di PC Laptop Windows 3

Cnet adalah situs tempat Anda dapat mengunduh berbagai jenis aplikasi dan game untuk Android dan Windows. Anda dapat dengan mudah mengunduh dan memainkan game laptop di situs web ini.

Jadi kamu bisa langsung mendownload game favoritmu tanpa harus mendownload aplikasi tertentu terlebih dahulu, seperti aplikasi downloader.

Cara download di situs ini juga tidak sulit, berikut langkah-langkah download game di cnet:

  1. Silahkan buka halaman download game Windows di Cnet menggunakan browser yang biasa anda gunakan.
  2. Kemudian cari dan pilih game yang diinginkan.
  3. Jika sudah ketemu, silahkan klik DOWNLOAD SEKARANG.
  4. Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa unduhan game disetujui, pilih opsi “Simpan file” dan unduhan akan dimulai.
  5. Harap tunggu hingga proses pengunduhan selesai, lalu instal game seperti Anda akan menginstal aplikasi Windows lainnya. Jika sudah terinstal, Anda dapat mulai memainkan game.

4. Emulator

7 Cara Download Game di PC Laptop Windows 4

Apakah Anda ingin memainkan game Android atau konsol di laptop Windows Anda? Jika demikian, maka Anda dapat menggunakan emulator untuk melakukan ini.

Baca juga:   Kode QR, QR Code, Android

Emulator adalah aplikasi yang digunakan untuk menjalankan game atau program dari sistem operasi lain agar dapat berjalan di sistem operasi kita.

Ada banyak jenis emulator Android terbaik yang bisa kamu gunakan untuk laptop Windows kamu. Berikut ini adalah beberapa emulator yang biasa digunakan di Windows:

  1. BlueStack adalah emulator yang dapat digunakan untuk menginstal game dan aplikasi Android di laptop Windows. Ada banyak emulator yang sebenarnya bisa Anda gunakan, tetapi bluestack ini adalah salah satu yang paling populer dan memiliki banyak pengguna.
  2. PPSPP adalah emulator yang bisa digunakan untuk memainkan game PSP di laptop Windows.
  3. PCSX2 adalah emulator yang dapat digunakan untuk memainkan game konsol PS2 di laptop Windows Anda.
  4. ePSXe adalah emulator yang bisa kamu gunakan untuk memainkan game PS2 dan PS1 di laptop Windows kamu.

5. Game perselisihan

7 Cara Download Game di PC Laptop Windows 5

Discord mungkin lebih dikenal para gamers sebagai sarana komunikasi saat bermain game, namun ternyata selain menjadi alat komunikasi yang sangat populer, mereka juga menyediakan Windows play store dimana Anda bisa mendownload aplikasi secara gratis dan berbayar.

Untuk bisa mendownload game yang sedang di perebutkan, download dulu aplikasinya. [disini] dan instal seperti biasa.

Jika aplikasi sudah diinstal, ikuti langkah-langkah ini untuk mengunduh game di Discord:

  1. Buka aplikasi Discord yang Anda instal sebelumnya.
  2. Kemudian pilih menu Store dan temukan game yang ingin Anda mainkan.
  3. Setelah itu, pilih Tambahkan ke Perpustakaan.
  4. Dari menu “Library”, pilih “Install” game yang Anda tambahkan sebelumnya.
  5. Silahkan tunggu sampai proses instalasi selesai, jika sudah selesai anda bisa langsung memainkannya dengan mengklik menu “Play”.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lambat.

6. GOG

7 Cara Download Game di PC Laptop Windows 6

Seperti halnya Steam, GOG adalah platform yang digunakan untuk mengunduh berbagai jenis game. Anda dapat mengunduh game gratis dan game berbayar melalui aplikasi GOG.

Untuk dapat mengunduh game di GOG, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi GOG Galaxy terlebih dahulu.

Pastikan aplikasi GOG terpasang dengan benar di laptop Windows Anda. Berikut langkah-langkah untuk mendownload game Windows di GOG Galaxy:

  1. Setelah menginstal aplikasi GOG Galaxy, buka.
  2. Silahkan masuk ke menu toko.
  3. Temukan game yang ingin Anda unduh dari menu dan mainkan.
  4. Setelah game yang Anda inginkan ditemukan, pilih DOWNLOAD AND INSTALL NOW.
  5. Silahkan tunggu sampai proses download selesai dan game berhasil di install.
  6. Setelah instalasi, Anda dapat memainkan game.
Baca juga:   12 Rekomendasi HP Gaming Terbaik Untuk Main Game Anti Macet 2022

7. Situs web resmi game

7 Cara Download Game di PC Laptop Windows 7

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh game favorit Anda adalah dengan mengunduhnya langsung dari situs resminya.

Sebagian besar pengembang game besar biasanya memiliki situs web khusus tempat Anda dapat menemukan pembaruan terbaru atau mengunduh game.

Untuk menemukan situs resmi gim tersebut, Anda hanya perlu memasukkan nama gim yang ingin diunduh ke Google. Setelah itu, situs resmi game akan muncul, biasanya di bagian paling atas.

File game yang dihosting di situs web resmi game biasanya dalam format .exe yang dapat Anda instal langsung di laptop Anda.

Format ini sama seperti saat mengupload game di Cnet, bedanya Cnet membuka website resmi dari developer game tersebut, mereka hanya membagikan file mentah dari game tersebut.

8. Toko Epic Games

Unduh kumpulan game gratis dengan kualitas sangat bagus. Anda dapat mencoba situs ini, toko game epik. Ada ribuan permainan yang tersedia, dari yang gratis hingga jutaan rupiah.

Berikut cara download game laptop gratis menggunakan epic games store.

  • Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Epic Games.
  • Kemudian daftarkan akun menggunakan email, login media sosial.
  • Jika Anda mengklik tautan di atas dan daftar game gratis akan muncul.
  • Klik pada permainan dan klik dapatkan.

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan cara di atas untuk mendownload game favorit yang ingin Anda mainkan di laptop Windows Anda.

Selain cara-cara di atas, sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa Anda gunakan, namun Teknoinside hanya menyediakan cara-cara yang direkomendasikan.

Pertanyaan dan jawaban

Kami telah merangkum beberapa pertanyaan untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

Apakah ini permainan asli?

Game yang kami rekomendasikan 100% asli dan gratis.

Apakah ada tanggal kadaluarsa?

Umumnya yang kami bagikan adalah game seumur hidup yang dapat diunduh kembali kapan saja.

Apakah ada biaya tambahan?

Game-game di atas 100% gratis tanpa biaya tambahan kecuali untuk transaksi mikro.

Ini adalah panduan yang dapat Mastkekno sampaikan kepada Anda tentang cara termudah untuk mengunduh game untuk PC dan laptop Windows.

Saya harap apa yang saya katakan bermanfaat dan membantu Anda mengunduh game yang ingin Anda mainkan. Anda bisa memilih cara yang menurut Anda paling mudah.

Jika masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan, silahkan komentar dibawah.


https://storyforgeproductions.com