Bukan rahasia lagi bahwa Photoshop adalah salah satu perangkat lunak pengedit foto paling populer untuk PC portabel. Hal ini karena menyediakan banyak fitur yang memudahkan untuk bekerja dengan objek dalam gambar.

Namun di sisi lain, kepenuhan kemungkinan di dalamnya juga kerap membingungkan para pemula yang ingin menguasai Photoshop. Mungkin Anda adalah salah satu dari orang-orang yang tertarik untuk mengedit foto tetapi tidak tahu harus mulai dari mana.

Oleh karena itu Teknoinside akan memberikan sedikit tutorial cara menggunakan photoshop untuk pemula. Itulah dasar-dasar yang biasanya perlu dikuasai oleh orang yang baru belajar software edit foto ini.

Setelah Anda mengetahui hal ini, akan lebih mudah bagi Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang manipulasi foto di masa mendatang. Tinggal menggabungkannya dengan kreativitas dan ide yang ada di otak Anda.

Buat background foto transparan

Ini mungkin salah satu hal yang paling Anda cari. Inilah cara menghilangkan background gambar agar menjadi transparan, atau seperti yang kita ketahui menghilangkan background di photoshop. Saya ingin tahu? Perhatikan segera tips berikut ini.

1. Ubah foto terlebih dahulu

Cara mengubah background transparan foto

Jika gambar berakhir di Photoshop, klik dua kali layer background terlebih dahulu. Ini untuk memudahkan kita membuat background menjadi transparan nantinya.

2. Ubah menjadi layer baru

Cara mengubah background transparan foto

Jadi jika muncul popup, Anda tinggal klik OK. Layer background yang sebelumnya akan berubah menjadi Layer 0.

3. Aktifkan laso poligonal

Cara mengubah background transparan foto

Selanjutnya kita akan menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk melakukan seleksi. Untuk membuatnya lebih cepat, Anda bisa menggunakan kombinasi huruf L pada keyboard Anda.

4. Memilih bagian dari suatu objek

Cara mengubah background transparan foto

Di sini kita harus sabar dalam memilih bagian-bagian objek. Lakukan ini dengan hati-hati dan akurat agar hasilnya memuaskan Anda.

Baca juga:   5 Cara Mengatasi RAM Laptop yang Tidak Terbaca

5. Pemilihan terbalik

Cara mengubah background transparan foto

Jika pemilihan ditautkan, klik kanan dan pilih Select Invert. Opsi ini untuk membatalkan pilihan yang kami pilih sebelumnya.

6. Hapus latar belakang

Cara mengubah background transparan foto

Terakhir, untuk membuat background transparan, yang harus kita lakukan adalah menekan tombol Delete pada keyboard. Maka secara otomatis background pada gambar akan terhapus.

7. Simpan hasilnya

Cara mengubah ukuran foto

Sekarang, untuk menyimpan perubahan Anda, klik File, pilih Save As, atau tekan CTRL+ALT+S. Di bagian Format, pastikan Anda memilih PNG karena ekstensi ini mendukung objek transparan. Jika Anda menyimpan sebagai JPG, hasilnya tidak akan transparan.

Cara mengubah background menjadi hitam putih

Di media sosial, kita sering melihat orang memposting foto mereka dengan warna hitam putih. Bagaimana Anda melakukannya? Mungkin Anda penasaran, padahal rahasianya sangat sederhana. Jika ingin mengetahuinya, silahkan simak panduan berikut ini.

1. Pilih alat Polygonal Lasso.

Cara mengganti background hitam putih foto

Pertama-tama, buka foto yang ingin Anda edit dengan Photoshop. Setelah itu klik Polygonal Lasso Tool yang fungsinya untuk menyeleksi objek.

2. Memilih objek

Cara mengganti background hitam putih foto

Selanjutnya, kita perlu memilih bagian objek yang diperlukan. Langkah ini membutuhkan kesabaran dan kehati-hatian. Lakukan ini secara perlahan hingga seleksi terhubung sepenuhnya.

3. Pemilihan terbalik

Cara mengganti background hitam putih foto

Jika semuanya terhubung, Anda tinggal klik kanan dan pilih “Select Invert”. Ini dilakukan untuk membatalkan pemilihan yang kami buat sebelumnya sehingga latar belakang yang dipilih diganti.

4. Atur lapisan penyesuaian

Cara mengganti background hitam putih foto

Terakhir, klik opsi Adjustment Layer di bagian bawah dan pilih menu Hue/Saturation. Kami dapat mengatur beberapa perubahan warna dll dalam opsi ini.

5. Ubah saturasi objek

Cara mengganti background hitam putih foto

Terakhir, kamu bisa langsung drag Saturation ke kiri. Seketika, background akan langsung berubah menjadi hitam putih. Ini sangat sederhana, bukan?

Memotong foto di Photoshop

Pemangkasan adalah salah satu hal paling mendasar yang harus dikuasai setiap orang. Fitur ini biasanya digunakan untuk memotong bagian tertentu dari sebuah foto, berikut cara mudah memotong foto di photoshop.

Baca juga:   10 Cara Download Foto Instagram di HP & Laptop: Terbaru 2022

1. Aktifkan fungsi pangkas

Cara memotong foto di Photoshop

Pastikan gambar Anda masuk ke Photoshop. Setelah itu aktifkan tool Crop, jika ingin lebih cepat tekan saja tombol C pada keyboard.

2. Pilih area yang dipotong

Cara memotong foto di Photoshop

Jadi, kita hanya perlu menggambar batas area yang ingin kita potong. Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

3. Gunakan rasio aspek

Cara memotong foto di Photoshop

Jika Anda ingin mengubah ukuran foto sesuai rasio aspek tertentu, cukup klik kanan dan pilih ukuran yang tersedia. Ukuran pemotongan kemudian secara otomatis disesuaikan dengan rasio yang dipilih. Untuk memotong, cukup tekan Enter.

Cara mengubah ukuran gambar

Setiap foto pasti memiliki ukurannya masing-masing, yang biasanya dinyatakan dalam piksel. Semakin banyak piksel yang dimiliki, tentunya kualitasnya akan semakin baik. Ini akan diikuti oleh file yang lebih besar.

Lalu bagaimana cara menguranginya? Kemudian kita bisa memperkecil ukuran gambar. Namun tentunya harus seimbang agar kualitasnya tidak menjadi pecah dan buram.

1. Buka gambar di Photoshop

Seperti biasa, pertama-tama kita memasukan foto ke photoshop. Gambar yang lebih besar biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat. Ini juga dipengaruhi oleh karakteristik teknis perangkat yang digunakan.

2. Ubah Ukuran Foto

Cara mengubah ukuran foto

Untuk mengubah ukuran gambar, klik menu Gambar, lalu pilih opsi Ukuran Gambar. Jika ingin lebih mudah, Anda bisa menggunakan shortcut keyboard CTRL+ALT+I.

3. Sesuaikan ukuran gambar

Cara mengubah ukuran foto

Kemudian jendela pop-up akan terbuka, sekarang di bagian Pixel Dimensions Anda dapat mengubah panjang dan lebar foto. Cobalah untuk tidak membuatnya terlalu kecil, lalu klik OK.

4. Simpan gambar

Terakhir, kita hanya perlu menyimpan foto yang telah diubah ukurannya. Maka ukurannya akan lebih kecil dari versi aslinya.

Lihat juga: Cara memperkecil ukuran foto

Sesuaikan kontras dengan kurva

Saat kita memotret dengan kamera HP, kontrasnya sering bergeser. Kita dapat memperbaikinya dengan mudah menggunakan fitur Curve Photoshop. Berikut panduan pemula.

Baca juga:   4 Cara Print Warna Hitam Putih Semua Merk Printer)

1. Buka foto di Photoshop

Kita mulai dengan membuka foto yang ingin diedit di Photoshop. Klik “File” lalu pilih “Open” atau tekan CTRL + O. Setelah itu cari file gambar yang diinginkan.

2. Pilih opsi pengaturan kurva

Bagaimana Menyesuaikan Kontras Photoshop

Kemudian klik “Pengaturan Lapisan” di bagian bawah. Kemudian pilih opsi Curves untuk mengatur kontras gambar.

3. Sesuaikan kontras

Bagaimana Menyesuaikan Kontras Photoshop

Terakhir, Anda dapat langsung menyeret penyesuaian kurva untuk mengatur kontras foto. Harap lakukan dengan hati-hati untuk menemukan level yang sesuai.

Lihat juga: Cara mengatur kecerahan foto

Kesimpulan

Itulah beberapa tips tutorial menggunakan photoshop untuk pemula. Software ini memiliki fitur yang sangat lengkap.

Dengan demikian, mereka yang ingin belajar akan membutuhkan waktu untuk mempelajari semua alat yang tersedia.

Pertanyaan dan jawaban

Pada artikel ini, kami merangkum beberapa pertanyaan umum.

Bisakah foto diedit di semua versi Photoshop?

Umumnya, untuk keperluan dasar seperti cropping, pengaturan pencahayaan, dll, semuanya bisa dilakukan di Photoshop CS dan CC.

Apa perbedaan antara Photoshop CC dan CS?

Perbedaan yang paling mencolok adalah tampilannya, kemudian menurut karakteristiknya tentu saja berbeda.

Bagaimana cara menyimpan perubahan photoshop?

Untuk menyimpan sebagai gambar, klik File > Save As > JP atau PNG sesuai kebutuhan.

Bagi yang punya kritik, saran atau pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.


https://storyforgeproductions.com