9 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk untuk Hidup Lebih Produktif Setiap orang memiliki kebiasaan dalam melakukan sesuatu, baik itu kebiasaan buruk maupun kebiasaan baik.

Perilaku yang dilakukan berulang-ulang cenderung sulit untuk dilepaskan, apalagi perilaku tersebut dilakukan secara tidak sadar.

Untuk hidup produktif setiap hari, Anda harus selalu mengurangi kebiasaan negatif atau buruk yang dapat menurunkan produktivitas Anda.

Pertama, cari tahu penyebab kebiasaan ini. Biasanya ini menyangkut pola perilaku orang lain atau sekadar mengikuti emosi diri sendiri.

Baca juga: Hindari kebiasaan ini jika Anda ingin menjadi salah satu pengusaha tersukses di dunia!

Misalnya, jika Anda sedang marah, tanpa sadar Anda selalu bertengkar dengan banyak orang. Atau berat badan Anda terus bertambah karena setiap malam Anda selalu lapar dan memutuskan untuk makan mie instan.

Tentu saja, kedua contoh tersebut bukanlah kebiasaan yang baik. Konsekuensinya di masa depan bisa lebih buruk.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana menghentikan dan menyelesaikannya? Adakah hal-hal tertentu yang bisa mengurangi kebiasaan buruk untuk membuat hidup lebih produktif?

Simak tipsnya berikut ini.


9 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk untuk Hidup Lebih Produktif

Ganti dengan kebiasaan baru

Tips pertama untuk menghilangkan kebiasaan buruk adalah menggantinya dengan kebiasaan baru yang lebih sehat dan lebih positif.

Misalnya, Anda seorang perokok aktif, Anda sudah lama ingin menghilangkan kebiasaan ini, tetapi dengan susah payah.

Anda tidak bisa begitu saja menghilangkan kebiasaan merokok, bahkan ada yang mengaku tidak bisa menghilangkannya 100%. Sebagai solusinya, Anda bisa mencoba menguranginya secara perlahan.

Ganti kebiasaan merokok Anda dengan:

  • Makan buah favoritmu
  • Mengunyah permen karet
  • minum air
  • Pergi ke tempat favoritmu

Jika keinginan untuk merokok muncul, matikan saja dengan mengambil permen atau menuangkan air ke dalam gelas.

Jadi selalu sarankan alternatif-alternatif di atas agar kebiasaan buruk Anda berangsur-angsur hilang, setidaknya sedikit berkurang.


Rayakan kesuksesan kecilmu

5 Hal Menakjubkan yang Akan Terjadi Jika Anda Tidak Berhenti Belajar

Menghentikan sebuah kebiasaan tentu membutuhkan waktu. Itu tergantung pada bagaimana Anda menanamkan gaya hidup yang baik dalam hidup Anda.

memberi penghargaan setiap kali Anda berhasil untuk tidak mengulangi kebiasaan buruk Anda. Dengan melakukan ini, semangat Anda akan meningkat dan Anda akan termotivasi untuk menyingkirkan kebiasaan buruk lebih cepat.

Anda dapat menggunakan strategi ini:

  1. Tantang diri Anda untuk menghindari kebiasaan buruk selama 3 hari. Jika Anda bisa melakukannya, berikan diri Anda sesuatu yang Anda sukai.
  2. Tantang diri Anda kembali untuk menghindari kebiasaan buruk selama 7 hari. Jika Anda berhasil dalam 7 hari, berikan penghargaan berbeda dan lebih memotivasi.
  3. Begitu seterusnya dengan waktu panggilan yang lebih lama dari sebelumnya.
Baca juga:   Ingin Meningkatkan Skill Bisnis? KoinLearn Solusinya!

Secara tidak sadar dan bertahap, Anda akan merasa bahwa kebiasaan buruk yang Anda lakukan tidak berguna dan sepertinya tidak perlu lagi.


Ubah pemikiran

Ubah Pikiran Anda - 4 Cara Modern untuk Mengelola Keuangan Anda

Sulitnya menghentikan kebiasaan berhubungan dengan sulitnya mengubah gaya hidup dan tindakan dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi jika pikiran Anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk terlalu dalam dan terfokus, sehingga Anda merasa kewalahan dan semakin mendorong diri Anda ke dalam depresi.

Agar perubahan ini benar-benar terjadi, Anda harus mulai mengubah sudut pandang atau pola pikir Anda tentang apa yang sedang Anda hadapi saat ini. Mana masih terkait dengan tujuan perubahan Anda.

Mari kita ambil kasus di mana Anda adalah seorang perokok aktif.

Ketika Anda berniat untuk membuat perubahan, Anda harus mengatakan “Saya seorang perokok yang mencoba berhenti merokok”.

Coba ganti kalimatnya dengan “Saya tidak merokok dan saya selalu dalam keadaan sehat”. Sederhana tapi berbeda bukan?

Ketika Anda mengatakan yang pertama, Anda tampaknya sangat ingin berhenti. Namun, dalam situasi ini, bahkan lebih sulit bagi Anda untuk berhenti bahkan untuk sesaat.

Lihat juga: Apakah Anda merasa berjalan di tempat? 6 Pertanyaan Ini Dapat Mengubah Pikiran Anda

Sedangkan kalimat kedua sepertinya menggantikan kepribadian asli Anda, yang memiliki kebiasaan buruk menjadi perokok aktif. Anda akan merasa seperti Anda benar-benar “tidak merokok”.

Anda dapat memainkan kata-kata tertulis berulang-ulang dalam pikiran Anda dan secara bertahap mulai mengubah cara Anda mengidentifikasi diri Anda sendiri.


Gunakan aplikasi seluler

berbagi di jejaring sosial - 2020

Selama ini, Anda hanya menggunakan ponsel untuk melihat kehidupan orang lain yang terekspos di jejaring sosial.

Untuk sekali, abaikan sisi negatifnya dan beralih ke sisi positif dari penggunaan ponsel digital yang Anda miliki.

Ponsel yang Anda pegang seharian ini ternyata memiliki kelebihan yang tidak sepenuhnya Anda sadari. Siapa yang tahu ada begitu banyak aplikasi telepon yang dapat membantu Anda menghilangkan kebiasaan buruk secara instan?

Baca juga:   4+ Cara Menutup Akun Facebook Orang yang Sudah Meninggal

Sama seperti aplikasi manajemen keuangan, ini sangat berguna untuk sisi keuangan Anda sekarang dan di masa depan. Juga, ada aplikasi penghitung detak jantung atau penghitung langkah yang dapat Anda gunakan untuk berolahraga setiap pagi.

atau aplikasi Dautub yang dapat Anda gunakan sebagai panduan memasak, membuat kerajinan unik, dan mempelajari hal-hal yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Dengan cara ini, kebiasaan buruk Anda secara bertahap akan dilupakan dan diganti dengan kebiasaan baru yang lebih positif.


Ingat tujuan hidup

Ingat tujuan hidup

Salah satu tips yang paling efektif dan sederhana adalah dengan selalu mengingat tujuan hidup Anda di dunia ini.

Gunakan kalender atau catatan kecil dengan lakban untuk barang-barang (yang Anda lewati setiap kali) seperti lemari es, cermin, dan sebagainya.

Misalnya, Anda memiliki tujuan hidup: menikah dan membawa keluarga Anda jalan-jalan keliling dunia. Ketika Anda mengingat ini, pikiran Anda akan secara otomatis memahami bahwa Anda harus melakukan ini.

Dengan cara ini, kebiasaan buruk (katakanlah salah satunya adalah merokok) yang Anda jalani menjadi kabur.

Karena jika anda ingin mewujudkan mimpi tersebut tentunya anda harus selalu menjaga kesehatan anda, dan tidak mengeluarkan uang untuk mengobati pasien anda karena asap rokok dari paru-paru bukan?

Tujuan hidup yang Anda tulis dapat menjadi sinyal mental yang kuat untuk membantu Anda menghentikan kebiasaan buruk.


Minta bantuan orang yang dicintai

Memulai Bisnis sebagai Kencan Pertama - 3 Tips Khusus untuk Komunikasi Hubungan yang Lebih Baik

Sesulit apapun untuk menghentikan kebiasaan buruk, akan menjadi lebih mudah jika Anda mendapat dukungan dari orang-orang terdekat Anda, seperti keluarga, teman atau pasangan.

Katakan kepada mereka bahwa Anda benar-benar ingin menyingkirkan kebiasaan negatif yang Anda jalani. Mintalah bantuan mereka untuk mewujudkannya. Tapi dengan satu syarat, kamu juga harus berusaha keras dan mendengarkan dukungan mereka.

Inilah yang dapat mereka lakukan:

  • Lupakan kebiasaan buruk Anda.
  • Membantu Anda menghilangkan pemicu dari lingkungan Anda.
  • untuk memberimu penghargaan ketika Anda berhasil meminimalkan kebiasaan itu.
  • Terlibat dalam kebiasaan baru yang lebih bermanfaat bersama.

Mungkin dukungan dari pasangan adalah pilihan yang tepat, karena orang cenderung mendengarkan apa yang keluar dari mulut orang yang dicintainya. Dan ini bukan?


Lakukan dengan kebiasaan baik

Hindari kebiasaan ini jika Anda ingin menjadi salah satu pengusaha paling sukses di dunia!

Kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering dilakukan secara tidak sadar, seperti lupa mematikan kompor, lupa memakai kacamata, lupa menyisir rambut setelah mandi, dan sebagainya.

Baca juga:   Ikuti Tutorial Ini untuk Menggunakan KoinBill dengan NEO Card!

Tindakan ini sulit dicegah. Solusi terbaik adalah menambahkan kebiasaan baru di atas kebiasaan lama.

Anggap saja Anda selalu lupa mematikan kompor saat sedang memanaskan makanan, itu karena Anda melakukan hal lain.

Untuk meminimalkan risiko kebakaran karena lupa mematikan kompor, Anda bisa menunggu sambil melakukannya. Latihan 7 menit di dapur. Lumayan untuk membakar kalori, kan?

Dengan cara ini Anda tidak akan lupa untuk mematikan kompor lagi karena Anda tidak sengaja meninggalkan dapur dalam waktu yang lama.


Visualisasikan rutinitas positif

Makan siang di kantor, lebih hemat, buat sendiri atau beli?  - 5 tips berhemat dengan layanan transportasi online - 5 cara menghibur tamu pesta dengan anggaran terbatas - cara cerdas mengatur keuangan keluarga untuk pasangan baru - tips kesehatan - Nasihat keuangan

Membayangkan sesuatu yang menyenangkan, Anda dapat menyingkirkan kebiasaan buruk, kamu tahu. Daripada fokus memvisualisasikan hasil, lebih baik memvisualisasikan proses yang perlu dilakukan untuk mencapai hasil tersebut.

Mulailah dengan membuat rencana eksekusi, setidaknya memikirkannya selama 2-3 menit sehari. Jika Anda yakin bisa melakukannya, lakukan sekarang juga.

Baca juga: Ayo Terinfeksi, Yuk Baca 7 Buku Favorit Orang Sukses Ini!

Mempraktikkan visualisasi juga dapat membantu mengurangi kecemasan tentang berhenti dari kebiasaan buruk. Bahkan dalam beberapa kasus, itu hanya akan menyebabkan stres karena terus-menerus memikirkannya, tidak menemukan jalan keluar.

Berhenti berpikir”Saya ingin kurus!“dan ubah menjadi”Bagaimana saya bisa mencapai berat badan ideal saya?“Sesimpel itu.


Untuk lebih memperhatikan

Lebih memperhatikan diri sendiri

Nasihat terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan buruk adalah lebih memperhatikan diri sendiri.

Dengan memperhatikan hal-hal kecil yang terjadi pada Anda, Anda akan lebih peka terhadap pemicu yang memicu kebiasaan buruk ini.

Temukan penyebab dan alasannya, maka Anda bisa mengontrol dan membatasi kebiasaan buruk yang mendarah daging.

Bahkan, itu akan bekerja lebih cepat dan terasa lebih efektif daripada jika Anda hanya fokus menghilangkannya.

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini Jika Tidak Ingin Karir Rusak

Pastikan untuk beralih ke kebiasaan lain yang lebih produktif, seperti kursus yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda.

CoinSmart hadiah dari CoinWorks ini adalah jalan terbaik yang dapat Anda ambil untuk mengembangkan potensi Anda alih-alih memperparah kebiasaan buruk Anda.

Dengan pinjaman suku bunga rendah, Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda. Yuk, ubah kebiasaanmu sekarang juga dan buat hidupmu lebih produktif!

Referensi; Lifehack


https://storyforgeproductions.com