Internet Download Manager adalah salah satu alat pembantu yang paling penting untuk pengunduh. Software ini memiliki banyak fitur dan manfaat yang dapat mempermudah dalam mendownload.

Fungsi membuat jadwal download akan sangat berguna. Dengan fitur ini, Anda dapat mengonfigurasi tugas pengunduhan untuk memulai secara otomatis pada jam tertentu.

Cara membuat antrian download multi file di IDM

Lalu bagaimana cara membuat antrian di IDM agar bisa mulai mendownload secara otomatis? Sederhana saja, Anda bisa menggunakan fitur penjadwalan atau antrian yang sudah tersedia di IDM.

Mungkin bagi yang belum pernah bingung cara menggunakannya. Silakan ikuti panduan yang telah dirangkum Teknoinside di bawah ini.

1. Buka IDM > Pilih Penjadwal.

cara download otomatis dengan idm

Pertama, buka aplikasi IDM di perangkat Anda. Kemudian pilih menu Penjadwal yang ada di atas.

2. Klik Antrean Baru.

cara download otomatis dengan idm

Pilih opsi Antrian baru di bagian bawah untuk membuat antrian baru.

3. Beri nama antrian

Beri nama sesuai keinginan lalu klik BAGUS.

cara download otomatis dengan idm

4. Atur jadwal pengunduhan

cara download otomatis dengan idm

Jadi di sini kita akan menyesuaikan jadwal. Perhatikan pilihan Mulai unduh di, ubah ke tanggal dan waktu mulai yang Anda inginkan. Tentang Pilihan Berhenti mengunduh di juga mengubah waktu di mana proses pengunduhan akan dibatasi.

Anda juga dapat mengaktifkan opsi Matikan komputer saat selesai sehingga perangkat akan mati secara otomatis saat selesai. Kemudian pilih Berlaku sebaik Menutup.

5. Pilih Unduh Nanti.

cara download otomatis dengan idm

Lalu pergi ke situs download yang diinginkan. Mari kita ambil contoh mengunduh video YouTube. Saat jendela unduhan IDM muncul, pilih opsi Unduh nanti.

6. Pilih antrian yang dibuat.

cara download otomatis dengan idm

Jadi di bagian ini, pilih antrian yang kita buat tadi, lalu BAGUS.

Baca juga:   8 Cara Download Game di Laptop PC: Windows 7,8,10

7. Ulangi langkah 5-6.

Ulangi langkah 5 dan 6 hingga semua file yang ingin Anda unduh telah diantrekan.

8. Pastikan Anda memiliki koneksi internet

Terakhir, pastikan perangkat Anda dihidupkan dan terhubung ke internet saat jadwal pengunduhan dimulai.

Kesimpulan

Dengan menggunakan fitur schedule di IDM, kita bisa menjadwalkan download sesuai waktu yang kita inginkan. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan waktu saat internet kita aktif, misalnya di pagi hari, menggunakan paket malam.

Demikian pembahasan tentang cara membuat penjadwalan download otomatis pada IDM di semua browser. Setelah antrian dibuat, proses pengunduhan akan dimulai secara otomatis dan kita tidak perlu memulainya secara manual.

Dengan cara ini akan lebih mudah jika Anda ingin mengunggah file menggunakan kuota tengah malam tanpa bangun terlebih dahulu. Bagaimana Anda mengerti? Jika ada yang masih belum dipahami, silahkan komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com