Siapa yang tidak mengenal Xiaomi? Pabrikan smartphone asal China ini memang cukup populer, terutama di Indonesia.

Bukan hanya karena produk smartphone mereka dinilai memenuhi spesifikasi teknis, namun memiliki harga yang lebih terjangkau.

Ini sangat cocok untuk kalangan menengah ke bawah yang menginginkan smartphone canggih dan murah.

Sekarang smartphone Xiaomi biasanya memiliki mode yang disebut fastboot. Beberapa dari Anda mungkin tidak asing dengan istilah ini.

Baca juga: Memahami Mode Fastboot.

Untuk itu mari kita kenali dulu apa itu fastboot mode dan fitur-fiturnya. Karena itu juga pengetahuan, yang sangat penting, jadi kita tidak sepenuhnya bodoh.

Memahami Mode Fastboot Xiaomi

Sederhananya, fastboot adalah alat khusus pada smartphone Android, yang fungsinya untuk memodifikasi sistem internal. Dengan kata lain, fastboot hampir sama dengan mode pemulihan pada kebanyakan ponsel Android.

Fungsi yang satu ini memiliki banyak kelebihan jika kita bisa menggunakannya. Namun tentunya kita tidak boleh sembarangan mencoba, karena jika salah langkah bisa merusak perangkat.

Fitur Mode Fastboot

Dalam mode fastboot, kita dapat menemukan banyak alat untuk berbagai tujuan. Dan karena semuanya terhubung langsung dengan sistem android, maka pengoperasiannya harus dilakukan dengan hati-hati.

Bahkan kesalahan kecil dapat menyebabkan kesalahan sementara atau bahkan permanen. Lalu apa yang bisa kita lakukan dengan menggunakan mode fastboot ini?

  • Perbarui sistem Android Anda ke versi terbaru.
  • Ganti ROM default dengan ROM khusus.
  • Penggantian atau modifikasi kernel.
  • Ubah dan modifikasi bootloader.
  • Perbaiki atau pulihkan sistem Android.
  • Reflash partisi Android.
  • Hapus akumulasi cache.
  • Hapus data secara permanen.

Cara masuk ke mode fastboot Xiaomi

Untuk bisa masuk fastboot, kita harus unlock bootloader terlebih dahulu. Apa artinya?

Baca juga:   6+ Cara Install Driver di Laptop PC Otomatis: Lengkap

Jika pemuat sistem android terkunci, maka ketika dihidupkan, maka akan langsung masuk ke boot sistem.

Hal ini juga dilakukan untuk mencegah pengguna secara sengaja atau tidak sengaja membuka recovery atau fastboot mode.

Jadi, pertama-tama pastikan perangkat Anda memiliki bootloader yang tidak terkunci. Untuk masuk ke mode fastboot hampir sama dengan restore di android pada umumnya.

Kita bisa menggunakan kombinasi tombol power + volume atas/bawah tergantung jenis hpnya Tunggu hingga perangkat menyala dan lepaskan tombol. Secara otomatis akan langsung masuk ke mode fastboot.

Cara keluar dari fastboot Xiaomi

Meskipun memiliki fitur yang sangat beragam, tidak semua orang membutuhkan fitur ini. Karena banyak dari kita yang tidak ingin mengubah sistem Android karena takut akan resiko yang mungkin terjadi.

Namun, sering kali HP Xiaomi masuk ke mode fastboot padahal kita tidak mau.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, disengaja atau tidak. Ada kemungkinan bahwa dengan menyalakan sederhana, volume atas / bawah ditekan.

Di sisi lain, ada juga kasus di mana perangkat masuk ke mode fastboot karena tidak bisa boot ke sistem Android secara normal. Jika ada bug di ROM yang Anda gunakan yang menyebabkan terjadi kesalahan pada sistem.

Jika hal ini terjadi tentunya dapat menimbulkan kecemasan, terutama bagi mereka yang masih awam. Jangan hanya mengklik karena dapat menyebabkan kerusakan sistem yang fatal.

Karena itu, jika Anda tidak terlalu berpengalaman dalam hal ini, lebih baik keluar saja dari mode fastboot. Cara keluar dari fastboot xiaomi

1. Nyalakan ulang menggunakan tombol daya

Jika Anda secara tidak sengaja masuk ke mode fastboot, jangan buru-buru menekan tombol apa saja. Untuk keluar dari mode ini, Anda dapat me-restart perangkat Xiaomi Anda.

Baca juga:   6 Cara Sederhana untuk Raih Uang 100 Juta Pertama

Triknya saat masuk fastboot tinggal tekan dan tahan tombol power sampai hp mati dan hidup kembali. Setelah itu, akan reboot dan masuk ke android seperti biasa.

2. Menggunakan perangkat lunak CMD

Untuk cara yang kedua kita akan membutuhkan bantuan software CMD di PC atau laptop. Sebelum itu, ada beberapa perlengkapan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, antara lain:

  • Ponsel Xiaomi dengan fungsi debugging USB aktif.
  • PC atau laptop dengan perangkat lunak baris perintah.
  • Kabel data/USB.
  • File Fastboot ADB, Anda dapat mencari di Google.

Jika semuanya sudah siap, maka kita bisa langsung mulai, seperti pada pelajaran berikutnya:

  • Hubungkan ponsel Xiaomi Anda dalam mode fastboot ke komputer Anda dengan kabel USB.
  • Ekstrak file fastboot ADB yang Anda download tadi.
  • Klik kanan folder hasil ekstrak, lalu pilih opsi “Buka jendela perintah di sini”.
  • Jika CMD sudah terbuka, ketik fastboot devices dan tekan Enter.
  • Setelah itu ketik fastboot reboot dan enter.
  • Ponsel Xiaomi Anda akan otomatis restart dan booting secara normal kembali.

3. Lepaskan baterai secara langsung

Untuk cara yang terakhir ini cukup mudah dan sangat sederhana. Namun, tips ini hanya berlaku untuk smartphone yang tidak menggunakan baterai bawaan.

Jadi masih mudah untuk uninstall dan install ulang. Cukup dengan melepas baterai secara paksa untuk mematikan perangkat. Kemudian pasang kembali dan tekan tombol power sampai boot seperti biasa.

Namun jika ponsel Xiaomi Anda sudah menggunakan baterai bawaan, jangan sekali-kali mencoba menggunakannya. Pasalnya, baterai yang ditanamkan membutuhkan penanganan khusus dan tidak bisa dilepas sembarangan. Karena resikonya juga cukup tinggi dan bisa merusak HP kamu secara serius.

Baca juga:   6 Cara Mengubah Lebar Kolom & Tinggi Baris di Excel

Namun jika ponsel Xiaomi Anda sudah menggunakan baterai bawaan, jangan sekali-kali mencoba menggunakannya. Pasalnya, baterai yang ditanamkan membutuhkan penanganan khusus dan tidak bisa dilepas sembarangan. Karena resikonya juga cukup tinggi dan bisa merusak HP kamu secara serius.

Baca juga: Cara Masuk dan Keluar Xiaomi Fastboot.

Kesimpulan

Untuk keluar dari mode fastboot di hp xiaomi caranya sangat sederhana yaitu dengan mengaktifkannya kembali. Atau, jika tidak berfungsi, tekan tombol Daya + Volume Naik/Turun selama beberapa detik. Anda juga dapat menggunakan 2 metode lain yang saya jelaskan.

Demikian pembahasan tentang cara keluar dari mode fastboot. Jika Anda tidak terlalu berpengalaman, lebih baik tidak menggunakan mode fastboot ini.

Jika Anda tidak sengaja memasukkannya, restart saja menggunakan tips di atas. Kamu mengerti? Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat meninggalkan komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com