Biasanya, ketika kita membuat tugas, tidak hanya hasil cetak yang dikumpulkan, tetapi terkadang salinan file elektronik juga diminta.

Ukuran file Microsoft Word tidak menjadi masalah jika file dikirim menggunakan penyimpanan flash perantara. Masalahnya jika file Microsoft Word berukuran besar dan perlu dikirim melalui email, tentu akan sangat merepotkan.

Biasanya, dokumen Microsoft Word yang berukuran besar biasanya berisi foto dan gambar. Jika hanya berisi teks, biasanya hanya berukuran beberapa KB.

Saat foto dimasukkan ke dalam dokumen Microsoft Word, ukuran dokumen Microsoft Word bertambah.

Contoh dokumen Microsoft Word yang biasanya memiliki kapasitas atau ukuran file yang besar adalah cut task yang berisi banyak gambar, laporan aktivitas dan lampiran foto, dan lain sebagainya.

Saat ini ukuran foto yang dihasilkan oleh smartphone cukup besar, mulai dari 3-4 MB. Apalagi jika foto tersebut menggunakan kamera SLR yang memiliki ukuran hingga 10 MB atau lebih.

Jadi, dalam panduan ini, Teknoinside akan memberikan panduan tentang cara mengompres file Microsoft Word dengan mudah. Untuk panduan ini, Teknoinside akan menggunakan Microsoft Word 2013.

Untuk versi lain, seperti Microsoft Word 2007, 2010, atau 2016, caranya tidak jauh berbeda. Lihat panduan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Cara memperkecil ukuran file Word

Cara pertama kompres gambar di file word, berikut cara kompres word doc docx, simak baik-baik.

  1. Pertama, buka dokumen Microsoft Word yang ingin Anda kompres ukurannya.
  2. Kemudian klik dua kali salah satu foto atau gambar dalam dokumen.
  3. Menu akan muncul nanti Format Alat Grafis.
  4. Lalu klik Kompres Gambar dalam grup mengatur.
  5. Maka akan muncul jendela Kompres Gambar seperti gambar berikut.
cara mengompres atau memperkecil ukuran file di Microsoft Word

Informasi

Deskripsi di jendela Compress Image:

Baca juga:   4 Cara Mengubah PDF ke PPT Online & Offline 2022

Terapkan untuk gambar ini saja, yang berarti bahwa kompresi hanya akan diterapkan pada foto atau gambar tersebut. Jika Anda ingin mengompres semua foto dalam dokumen, maka hapus daftar periksa.

Menghapus area gambar yang dipotong, yang berarti akan menghapus area foto yang disembunyikan oleh fitur pemotongan. Checklist pada bagian ini adalah untuk memastikan bahwa gambar yang tidak digunakan telah dihapus dan ukuran file Microsoft Word lebih kecil.

Dalam bab Izinpilih sesuai dengan kebutuhan Anda, jika dokumen akan dikirim melalui email atau aplikasi pesan maka gunakan Surel surat atau ukuran 96 ppi.

Jika sudah, klik BAGUS. Semua foto atau gambar dalam dokumen akan dikompres secara otomatis sesuai aturan yang kita tetapkan.

Hasil perbandingan

cara mengompres atau memperkecil ukuran file di Microsoft Word

Lihat saja hasil resize file microsoft word yang semula 50 MB, setelah dikompresi, ukuran file microsoft word menjadi lebih kecil dan hanya 5 MB. Dengan cara ini, jika Anda ingin mengirimnya melalui email atau melalui aplikasi perpesanan, akan lebih mudah.

Cara memperkecil ukuran file di Word Online

Beberapa orang tidak tahu jika kita sebenarnya memiliki beberapa situs web yang menyediakan layanan pengoptimalan ukuran file untuk dokumen Word.

Untuk tip ini, kita tidak perlu mengatur gambar seperti pada cara sebelumnya, tetapi hasil akhirnya akan diatur secara otomatis. Di bawah ini adalah cara mudah untuk mengompres file Word secara online.

1. Kompres

Menggunakan situs berikut dapat membantu mengurangi ukuran kata secara gratis, cukup ikuti langkah-langkah ini.

1. Kemudian tekan tombol Menambahkan “+” lalu pilih dokumen yang ingin Anda kompres

cara mengecilkan file word

2. Tunggu beberapa saat untuk proses kompresi,

cara kompres file kompres word online

3. Setelah proses selesai, Anda dapat langsung menyimpan file hasil kompresi. Berdasarkan hasil kompresi file dari website ini, dapat dikatakan sangat cocok untuk memperkecil ukuran sebuah dokumen.

Baca juga:   3+ Cara Mengatur Kecerahan Foto di Photoshop: Lengkap

2. Anda memeras

Pada situs kedua yang bernama youcompress ini dapat membantu anda untuk mengompres kata secara online secara gratis agar anda lebih paham, simak penjelasannya berikut ini.

cara kompres file doc docx online
  1. Buka situs youcompress di ponsel atau laptop Anda.
  2. Kemudian masukkan file teks dan atur file sesuai dengan lokasi penyimpanannya.
  3. Jika Anda mengklik unduh file dan kompres
  4. Tunggu hingga proses selesai dan klik Download.

Tunggu proses download sampai selesai dan juga akan ada pengurangan persentase. Ukuran file dan sebelum file tersebut terbukti memampatkan kata.

Jika Anda ingin mengompres file PDF, Anda juga dapat melihat cara memperkecil ukuran file PDF secara online.

3. Kompres klip

Setelah menggunakan situs di atas, jika tidak ada yang cocok untuk Anda. Anda dapat menggunakan situs berikut. Langkah-langkahnya cukup sederhana, cukup unduh dan unduh.

cara mengompres file Microsoft Word secara online
  1. Langkah pertama adalah mengklik kotak pemilihan file untuk dikompres.
  2. Masukkan file teks dan tunggu prosesnya selesai.
  3. Kemudian akan muncul notifikasi siap pakai dan klik “Download”.
  4. Tunggu proses download, berapa persen kompresi yang akan muncul disana.

Cara mengompres Word di ponsel Android

Langkah ini sebenarnya perlu dilakukan ketika kita ingin membuat file word dimana kita perlu memperkecil ukuran gambar sebelum memasukkannya ke dalam word.

  1. Instal aplikasinya lalu buka aplikasinya
  2. Masukkan file foto atau gambar
  3. Kemudian pilih Kompres > Atur Kualitas Foto.
  4. Tunggu hingga proses selesai dan berhasil menyimpan file foto.

Cara Mengecilkan Gambar Kata

Selain cara diatas tentunya ada cara lain yang bisa anda gunakan, cara ini menggunakan cara manual. Berbeda dengan metode yang dijelaskan di atas, kita harus menginstal metode ini sendiri.

Kita bisa mengompres terlebih dahulu gambar atau foto yang digunakan dalam dokumen sebelum memasukkannya ke dalam dokumen. Kami dapat menggunakan perangkat lunak Adobe Photoshop atau situs seperti.

Lihat juga: Cara memperkecil ukuran foto.

Kesimpulan

Demikian artikel dari Teknoinside tentang cara mengompres dan memperkecil ukuran dokumen Word dengan mudah. Jadi sekarang Anda tidak perlu khawatir jika diminta untuk mengirim dokumen Microsoft Word berukuran besar.

Baca juga:   3 Cara Mencari dan Mengganti Kata di Word 2022

Sekian dari teknoinside, semoga dapat membantu, membantu dan menambah pemahaman anda. Semoga berhasil dan semoga berhasil.


https://storyforgeproductions.com