Saat ini, file dokumen PDF sering digunakan untuk bertukar data satu sama lain karena file dokumen PDF dapat kompatibel di berbagai perangkat.

Termasuk didukung oleh hampir semua browser umum yang sering kita gunakan, seperti google chrome, explorer, firefox dan browser lainnya. Tidak heran, karena itu, file pdf merupakan jenis ekstensi e-book yang sering digunakan dan digunakan untuk pertukaran dokumen.

Nah pada kesempatan kali ini Teknoinside ingin berbagi artikel tentang dokumen PDF yaitu cara kompres PDF online, hal ini dilakukan agar file PDF tidak terlalu besar.

Baca juga: Cara mengompres PDF secara offline.

Sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan/memudahkan dalam pertukaran pada saat proses transfer data. Silahkan teman-teman baca artikel di bawah ini dengan seksama ya.

Cara Mengurangi Ukuran PDF Online

Dengan mengompresi file Portable Document Format akan memudahkan kita untuk berbagi file antar pengguna, selain itu juga akan menghemat resource data dan perangkat penyimpanan yang kita miliki.

Nah dibawah ini adalah cara kompres file PDF online, anda bisa mencoba cara mana yang menurut anda paling cocok dan mudah.

1. Kompresor PDF

kompres pdf

Untuk langkah pertama, Anda dapat mencoba menggunakan alat online. Tools disini bisa kompres pdf di hp android dan laptop, caranya sebagai berikut.

1. Langkah pertama silahkan buka website PDF Compressor melalui browser di perangkat anda, ini linknya https://pdfcompressor.com atau bisa klik.

2. Kemudian pastikan Anda berada di bagian PDF Compressor. Jika belum, klik menu tersebut, lalu di bawah bagian “Compress PDF”, akan muncul bagian “Upload Files”. Klik teks tersebut, lalu cari file PDF yang ingin diperkecil ukurannya, lalu klik “Open” .

Anda juga dapat menarik dan melepas dari pengelola file ke dokumen PDF yang ingin Anda kompres ke bagian “Seret dan Lepas File di Sini” di situs. Lihatlah gambar di akhir metode pertama ini.

3. Tunggu beberapa saat hingga download dan kompresi dokumen selesai, setelah itu akan muncul berapa persen yang telah dikompres dari file PDF tersebut.

Untuk menyimpan file, Anda dapat mengklik “Unduh” di bagian bawah dokumen, atau “Unduh Semua” jika Anda mengompresi ukuran banyak dokumen PDF secara bersamaan. Perhatikan gambar berikut

2. Saya suka PDF

kompres pdf

1. Langkah pertama: buka situs I Love PDF melalui browser di perangkat Anda, lalu buka “Compress PDF” atau ikuti tautan di bawah ini.

Baca juga:   4+ Cara Private Akun Instagram: di HP dan Laptop

2. Kemudian klik “Select PDF Files”, lalu cari file PDF yang ingin dikompres ukurannya dan klik “Open”.

Anda juga dapat menarik dan melepas dari pengelola file ke dokumen PDF yang ingin Anda kompres ke bagian PDF di sini di situs web I Love PDF.

3. Setelah itu akan muncul pilihan kompres sesuai keinginan akan muncul di sebelah kanan, mulai dari

  • Kompresi ekstrim (ukuran sangat kecil tetapi kualitas buruk).
  • Kompresi yang disarankan (ukuran file harus sedang, kualitas file juga sedang).
  • Kompresi kurang (hanya mengecilkan ukuran file sedikit agar kualitas file tetap hampir sama ketika tidak dikompresi).

Silakan pilih mana yang Anda pilih, pilih saja kompresi yang disarankan. Kemudian klik Kompres PDF. Lihatlah gambar di bawah ini.

4. Tunggu beberapa detik hingga unduhan dan kompresi dokumen selesai, setelah itu akan muncul informasi seberapa kecil file Anda dikompres (sebagai persentase).

Untuk menyimpan file dokumen terkompresi, Anda dapat mengklik Unduh PDF terkompresi pada halaman tersebut, file akan diunduh langsung ke perangkat Anda.

Lihat juga: Cara mengonversi PDF ke Word.

3. Miss Word Online

kompres pdf online ke word

Untuk pelajaran ketiga ini berbeda dengan cara kompres pdf online, disini yang digunakan Microsoft Word. Dimana tanpa aplikasi tambahan atau tanpa alat apapun. Kita dapat memanfaatkan fungsi-fungsi yang tersedia pada word sebagai berikut.

1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka dokumen PDF yang ingin Anda perkecil ukurannya dengan Microsoft Word Online.

2. Setelah dokumen yang ukurannya ingin Anda perkecil telah terbuka, Anda hanya perlu pergi ke bagian Mengajukanlalu pilih menu Simpan sebagai dan tentukan lokasi di mana Anda ingin menyimpan file baru PDF yang telah diperkecil ukurannya.

3. Menekan Menyimpantolong ubah ke Optimalkan untuk dari standar ke Ukuran minimalsetelah itu yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol Menyimpan ada apa disana. Lihatlah gambar di bawah ini

4. Kompres PDF secara online

Langkah pertama silahkan buka website Online PDF Compressor melalui browser di perangkat anda, ini dia linknya.

2. Setelah situs terbuka, silakan klik teksnya PILIH FILE PDF kemudian temukan file PDF yang ingin Anda perkecil ukurannya dan klik “Buka”.

Baca juga:   5 Cara Kembalikan Kondisi Keuangan Setelah Lebaran

Anda juga dapat menarik dan melepas dari pengelola file ke dokumen PDF yang ingin Anda kompres ke bagian “Seret File ke Sini” di situs.

3. Tunggu beberapa saat hingga download dan kompresi dokumen selesai, setelah itu akan muncul berapa persen yang telah dikompres dari file PDF tersebut.

Untuk menyimpan file, Anda dapat mengklik “Unduh” di bagian bawah dokumen. Namun cara situs ini memiliki kekurangan yaitu Anda harus menunggu 1 jam untuk mengompres file dokumen lain jika Anda tidak mendaftar di situs tersebut.

5. File PDF Kecil Online

Langkah pertama, buka situsnya terlebih dahulu PDF kecil melalui browser di perangkat Anda, berikut ini tautannya https://smallpdf.com/compress-pdf atau bisa Anda klik.

2. Kemudian, ketika situs PDF Kecil terbuka penuh, klik teksnya Pilih file kemudian temukan file PDF yang ingin Anda perkecil ukurannya dan klik membuka.

Anda juga bisa melakukannya Menyeret dari pengelola file dalam dokumen PDF yang ingin Anda kompres menjadi beberapa bagian Letakkan PDF di sini apa yang ada di situs. Lihatlah gambar di bawah ini.

3. Tunggu beberapa saat hingga proses download dan kompres dokumen PDF anda selesai, setelah itu akan muncul halaman baru yang berisi informasi tentang berapa persen yang dikompres dari file PDF tersebut dan dari ukuran berapa hingga ukuran file PDF berapa . .

Untuk menyimpan file dokumen terkompresi, Anda dapat mengklik Unduh di sebelah judul dokumen yang Anda kompres sebelumnya.

6. Permen PDF

Situs web lain yang juga dapat Anda gunakan untuk mengompres atau memperkecil ukuran file PDF adalah PDFCandy. Cara menggunakannya juga tidak jauh berbeda dengan website kompresi PDF lainnya.

Cara mengompres permen pdf ke pdf:

1. Pertama-tama, kunjungi situs web PDFCandy yang akan kita gunakan untuk mengompres file PDF kita. Anda bisa langsung menuju website PDFCandy dengan mengklik link berikut.

2. Selanjutnya akan ada beberapa tools atau pilihan menu yang bisa anda gunakan. Tolong pilih Kompres PDF.

cara kompres pdf ke pdfcandy

3. Setelah itu, upload file pdf yang ingin diperkecil atau dikompres ukurannya. Cara melakukannya dengan mengklik untuk menambahkan file atau bisa juga Menyeret File pdf.

cara kompres pdf di pdfcandy 2

4. Jika sudah, pilih Kompres untuk mulai memperkecil ukuran file pdf yang Anda pilih tadi.

Baca juga:   10 Aplikasi Pendingin HP Android Gratis: Terbaik 2022
cara kompres pdf di pdfcandy 3

5. Tunggu beberapa saat hingga proses kompresi selesai. Setelah selesai, Anda akan diarahkan ke halaman lain yang berisi tautan untuk mengunduh file PDF terkompresi.

cara kompres pdf di pdfcandy 4

6. Selesai, Anda telah berhasil mengkompres file PDF yang diinginkan.

7.PDF2GO

mudah untuk mengompres pdf

Untuk langkah ini, Anda dapat menggunakan aplikasi dari situs web pdf2go, itu juga cukup mudah digunakan. Cara kompres pdf online sebagai berikut.

Tidak hanya membuka pdf, ternyata Anda juga bisa mengecilkan ukuran pdf online di laptop:

  1. Langkah pertama adalah mengikuti tautan di atas.
  2. Kemudian klik “Pilih File”> pilih file PDF yang ingin Anda kompres.
  3. Kemudian klik “Start” dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  4. Ini akan secara otomatis mengunduh jika Anda tidak dapat mengklik tombol unduh.

8. SodaPDF

Website terakhir yang saya rekomendasikan untuk kompres pdf online adalah SodaPDF karena sangat mudah digunakan. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah kompres pdf di sodapdf online:

1. Langkah pertama untuk kompres pdf online di sodapdf adalah dengan mengunjungi website sodapdf. Anda dapat mencari di Google atau mengklik tautan berikut.

2. Setelah anda masuk ke halaman sodapdf untuk mengkompres file PDF maka akan muncul menu seperti gambar dibawah ini. Sekarang pilih file yang ingin Anda kompres dengan mengklik PILIH FILE atau Menyeret file ke kotak yang ditentukan.

cara mengompres pdf dengan sodapdf

3. Kemudian tunggu beberapa detik hingga proses download file PDF dimulai. Setelah itu, pilih kualitas kompresi yang diinginkan. Di sini saya hanya akan memilih standar. Jika sudah, klik MENGKOMPRESI FILE PDF.

cara kompres pdf dengan sodapdf 2

4. Setelah proses kompresi selesai, Anda akan diarahkan ke halaman download file pdf hasil kompresi. Anda dapat mengunduhnya langsung dari browser Anda atau mengirimkannya melalui email.

cara kompres pdf dengan sodapdf 3

5. Selesai, Anda telah berhasil mengompresi atau memperkecil ukuran file pdf online hanya dalam beberapa langkah.

Kesimpulan

Saya menjelaskan bahwa ada banyak cara untuk memperkecil ukuran file PDF atau mengompres file PDF, baik secara online maupun offline. Anda tinggal memilih cara mana yang ingin digunakan, saya sendiri lebih suka menggunakan cara online karena lebih mudah.

Nah, kali ini ada artikel dari Teknoinside tentang cara mengompres file PDF untuk mengoptimalkan ukuran file dokumen PDF. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu semua pembaca.


https://storyforgeproductions.com