Dan jika terjadi error seperti mengklik tombol itu sendiri, maka akan sangat mengganggu saat kita mengetik. Oleh karena itu, solusi terbaik yang bisa dilakukan jika tidak bisa memperbaikinya adalah dengan menonaktifkan keyboard internal pada laptop.

Jadi, kalaupun ada tombol error, tidak akan berpengaruh lagi. Kita bisa mengganti fungsinya menggunakan keyboard eksternal.

Anda dapat menggunakan tips ini untuk menonaktifkan fitur keyboard bawaan pada laptop yang rusak. Mungkin perlu beberapa saat hingga Anda dapat memperbaiki keyboard internal. Atau mungkin selamanya jika Anda benar-benar ingin menggantinya dengan keyboard eksternal.

Cara menonaktifkan keyboard laptop PC

Ada beberapa langkah yang dapat kita coba untuk menonaktifkan keyboard laptop dengan mudah. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dibagi menjadi beberapa langkah.

Matikan dengan kombinasi tombol

Setiap keyboard biasanya memiliki tombol dari F1 hingga F12. Setiap tombol akan memiliki gambar/ikon dengan fungsi yang berbeda. Pernahkah Anda memperhatikannya?

Nah, coba lihat di antara tombol F1 dan F12 pada keyboard Anda, tombol mana yang memiliki ikon seperti keyboard. Karena setiap laptop biasanya berada di lokasi yang berbeda.

Jika ditemukan, maka tombol tersebut dapat digunakan sebagai kombinasi untuk menonaktifkan fungsi keyboard. Cara mengklik tombol Fn+keyboard gambar.

Lenovo: FN+F6

Bisa juga dengan CTRL+ALT+keyboard gambar apa yang Anda temukan sebelumnya. Setelah itu, gunakan untuk mengetik untuk memeriksa apakah keyboard memang berhasil dimatikan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bad Sector pada Hardisk.

Nonaktifkan sementara melalui pengelola perangkat

Anda dapat menganggap Pengelola Perangkat sebagai ruang kontrol untuk setiap perangkat di laptop dan komputer. Jadi jika Anda ingin menonaktifkan fitur perangkat keras maka ini adalah tempat yang tepat.

Baca juga:   8+ Aplikasi Repost Instagram Terbaik 2022: Gratis, Fitur Lengkap

Akan ada setting untuk berbagai macam hardware, baik itu keyboard, mouse, speaker, monitor, dan lain sebagainya. Bagi yang belum tahu caranya, ikuti panduan berikut ini:

Buka pengelola perangkat

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Langkah pertama, Anda harus membuka Device Manager di laptop. Caranya dengan klik Start, lalu ketik Device Manager dan klik menu.

Pembaruan driver keyboard

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Jika sudah terbuka, klik menu Keyboard, lalu klik kanan opsi Standard PS/2 Keyboard. Akan muncul jendela pop-up, pilih “Update Driver Software”.

Lihat juga: Cara membuat pintasan shutdown.

Mengedit file driver

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Selanjutnya akan ada 2 pilihan, apakah komputer akan otomatis mencari driver atau kita menggunakan paket driver yang sudah ada. Silakan pilih opsi kedua “Jelajahi komputer saya untuk perangkat lunak driver”.

Lihat driver pengganti

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Kemudian klik “Biarkan saya memilih dari daftar driver yang tersedia di komputer saya”. Dan silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Temukan driver yang tidak kompatibel

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Setelah itu, hapus centang “Tampilkan perangkat keras yang kompatibel”. Kemudian, di bagian “Produsen”, pilih salah satu yang tidak cocok dengan perangkat dan model Anda. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan.

Mengonfirmasi

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Terakhir, kita hanya perlu mengonfirmasi perubahan driver keyboard. Cukup klik “Ya” dan kemudian driver akan diganti secara otomatis.

Cara ini akan membuat driver tidak kompatibel dengan perangkat, sehingga keyboard tidak akan berfungsi lagi.

Lihat juga: Cara mengatur kecerahan layar PC.

Nonaktifkan keyboard laptop secara permanen

Cara sebelumnya bisa menonaktifkan keyboard internal pada laptop. Namun, beberapa perangkat memiliki fitur otomatis yang menyebabkan laptop secara otomatis memperbarui driver yang salah setelah reboot.

Akibatnya, meskipun kita menggantinya dengan driver yang tidak kompatibel, ada kemungkinan sistem akan kembali normal secara otomatis.

Baca juga:   4 Cara Mematikan Pemberitahuan Instagram di HP

Baik jika Anda berencana untuk menonaktifkan keyboard secara permanen, atau setidaknya sampai Anda membutuhkannya lagi. Nah, setelah mengikuti tips di atas, silahkan lanjutkan dengan tutorial selanjutnya:

lari terbuka

Langkah pertama adalah membuka fitur peluncur di perangkat Anda. Caranya dengan klik Start, lalu ketik Run dan ketik. Anda juga dapat mengklik tombol Windows + Rmaka itu juga segera terbuka.

Buka Editor Kebijakan Grup

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Kemudian masukkan gpedit.msc di kolom yang sesuai dan klik OK. Cara ini untuk membuka Group Policy Editor di Windows.

Temukan folder batasan penginstalan perangkat.

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Anda kemudian membuka subfolder dalam urutan berikut: Administrative Templates > System > Device Installation > Device Installation Restrictions.

Ubah kebijakan

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Cari dan klik kanan opsi “Prevent installation of an undescribed device…”, lalu pilih Edit.

Ubah pengaturan

Cara menonaktifkan keyboard laptop

Setelah itu, ubah saja pengaturan yang ada dari “Tidak dikonfigurasi” menjadi “Diaktifkan”. Kemudian klik OK, ini akan menonaktifkan keyboard secara permanen.

Cara mengaktifkan kembali keyboard laptop

Sedikit lebih tinggi, kami belajar cara menonaktifkan fitur keyboard yang rusak. Bagaimana jika suatu saat kita ingin mengaktifkannya kembali? Mungkin saat ini sudah diperbaiki dan bisa digunakan secara normal kembali. Untuk melakukannya, ikuti panduan berikut:

1. Pertama, buka Device Manager dengan mengklik “Start” dan ketik “Device Manager” lalu enter. Anda juga dapat mengklik Mulai, lalu klik Panel Kontrol dan pilih Pengelola Perangkat.

Cara menonaktifkan keyboard laptop

2. Selanjutnya klik bagian Keyboard, klik kanan opsi Standard PS/2 Keyboard, dan pilih Update Driver Software.

Cara menonaktifkan keyboard laptop

3. Klik “Cari Komputer Saya untuk Driver”, lalu pilih “Biarkan saya memilih dari daftar driver yang tersedia di komputer saya”.

Cara menonaktifkan keyboard laptop

4. Pilih kotak centang Tampilkan perangkat keras yang kompatibel. Dengan demikian, kami hanya akan ditampilkan driver yang sesuai dengan keyboard laptop.

Baca juga:   Cara Melihat Penggun WiFi Indihome yang Terhubung
Cara menonaktifkan keyboard laptop

Pilih model yang tersedia dan klik OK. Keyboard secara otomatis akan kembali bekerja seperti semula.

Demikian tips cara menonaktifkan keyboard yang rusak pada laptop dan komputer. Ikuti petunjuk yang telah dijelaskan dengan seksama agar tidak membuat kesalahan. Jika ada yang kurang jelas, tulis pertanyaan Anda di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com