Untuk mematikan laptop dengan kursor, cukup arahkan kursor ke tombol start, lalu klik, lalu pilih “Shut down”, maka laptop akan mati secara otomatis.

Jika dipaksakan bisa merusak laptop atau komputer. Pernahkah Anda mengetahui cara mematikan laptop menggunakan keyboard. Tentu sangat menarik untuk dibahas bukan? lihat selanjutnya.

Fitur mematikan keyboard

Jika tidak, kita akan membahas penjelasannya. Sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu apa saja manfaat mematikan laptop melalui keyboard menurut studiinfo.com, diantaranya sebagai berikut:

  1. Menjadi alternatif: Laptop atau komponen komputer sewaktu-waktu bisa rusak. Misalnya, jika Anda tiba-tiba macet atau melambat. Jika kita dapat menonaktifkannya dengan keyboard, kerusakan dapat diatasi.
  2. Mudah saja: jika Anda sudah mahir menggunakan cara ini, menggunakan keyboard akan lebih cepat lagi. Hanya ada satu klik, tidak perlu klik, laptop atau komputer mati.

Cara mematikan laptop menggunakan keyboard

Oke langsung saja dari pada berlama-lama, disini saya akan menjelaskan cara mematikan laptop atau komputer menggunakan keyboard.

Cara ini bisa dilakukan di berbagai merk laptop atau komputer, berikut penjelasannya.

1. ALT+F4

cara mematikan laptop dengan keyboard 2

Cara ini adalah dengan menggabungkan dua tombol yaitu tombol ALT+F4. Pertama-tama kita tekan tombol ALT setelah beberapa saat, lalu kita tekan tombol F4, akan muncul pilihan untuk shutdown.

Jika muncul, kita pilih opsi shutdown, lalu pilih dan tekan ENTER, setelah itu laptop langsung mati.

2. Windows > Matikan

cara mematikan laptop dengan keyboard 1

Metode ini adalah metode yang paling umum dan paling umum digunakan.

Caranya adalah dengan menekan tombol Windows pada keyboard Anda lalu pilih shutdown dengan menggerakkan tombol panah atas dan bawah pada keyboard Anda.

3. MENANG+T+T

cara mematikan laptop dengan keyboard 3

Metode ini sangat cocok untuk Windows versi Windows XP. Metode ini juga unik karena, seperti yang kita ketahui, sekarang Windows XP sudah jarang ditemukan.

Windows+U+U

Caranya adalah dengan menekan tombol Windows pada keyboard setelah itu dengan mengetik U dan U, maka secara otomatis laptop akan mati dan mati dengan sendirinya.

Baca juga:   10+ Aplikasi Edit Foto di Laptop Ringan: Terbaik 2022

4. CTRL+Alt+Del

cara mematikan laptop dengan keyboard 4

Cara ini adalah cara yang paling mudah dari ketiga cara diatas karena saya sering menggunakan cara ini. Caranya adalah dengan menekan tombol CTRL + ALT + DEL secara bersamaan, akan muncul menu di pojok kanan bawah, lalu pilih Turn off. Maka laptop akan langsung mati.

Sebenarnya cara ini sudah sering dilakukan, jika tiba-tiba aplikasi crash atau macet dan laptop langsung hang, solusinya tekan tombol CTRL+ALT+DEL.

Baca juga: Cara Merekam Layar Laptop.

Kesimpulan

Keempat cara di atas merupakan cara sederhana dan tidak rumit untuk mematikan laptop atau komputer menggunakan keyboard, yang dapat dijadikan sebagai alternatif penggunaan laptop atau komputer dengan mobilitas tinggi sehari-hari.

Sebelumnya kami juga pernah membuat artikel tentang cara mengatasi laptop yang tidak bisa mati, mungkin anda pernah menjumpai hal ini.

Perhatian khusus

Sebelum menjalankan metode di atas. Alangkah baiknya jika kita harus memperhatikan hal-hal berikut ini terlebih dahulu:

  • Jika Anda menghubungkan USB drive atau flash drive ke laptop, Anda harus mencabutnya terlebih dahulu sebelum mematikannya. Ingatlah untuk juga mengeluarkan CD jika Anda memasukkan CD ke dalam drive CD.
  • Sebelum mematikan menggunakan keyboard, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa aplikasi Anda harus ditutup atau ditutup. Jika tidak, dan Anda memaksa shutdown, ada kemungkinan data dalam aplikasi akan hilang.
  • Jangan sering-sering mematikan laptop menggunakan tombol power, jika hal ini terjadi terlalu sering, ada kemungkinan laptop atau komputer Anda akan rusak parah atau bahkan fatal.
  • Jika Anda sedang atau baru saja menggunakan Internet, sebaiknya hapus cache terlebih dahulu. Karena terlalu banyak cache dan akumulasi dapat memperlambat laptop atau komputer Anda.
  • Selain menghapus cache secara manual, Anda juga disarankan untuk menghapus cache dengan mengosongkannya melalui fitur registry. Fungsi ini berfungsi untuk menyimpan seluruh cache atau semua aktivitas yang dimiliki laptop kita. Biasanya cache yang dibuat di banyak laptop memiliki kapasitas yang berbeda-beda.
  • Setelah laptop mati, sebaiknya perhatikan hal-hal ini, simpan laptop di tempat yang aman. Setelah itu pastikan tidak ada benda atau benda apapun pada LCD laptop yang menggoresnya. Jangan ceroboh. Seringkali, banyak LCD yang ceroboh tergores dan bahkan ada yang pecah.
  • Ini adalah sesuatu yang sering dilakukan oleh pengguna laptop atau komputer. Ketika sedang dalam proses shutdown, mereka sering menjadi tidak sabar dan menutup laptop sesuka hati. Jika Anda bertekad untuk melakukan ini, laptop mungkin tidak berakhir dalam posisi mati yang ideal, melainkan dalam mode tidur. Jadi tunggu sampai proses shutdown selesai.
Baca juga:   3 Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru 2022: + Gambar

Demikian artikel tentang cara mematikan laptop menggunakan keyboard, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mematikan keyboard dan semoga membuat kita semakin irit dalam menggunakan laptop.

Selamat mencoba, jika dalam tutorial masih ada yang bingung atau ada pertanyaan, silahkan posting di kolom komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com