Biasanya antivirus akan otomatis menonaktifkan Windows Defender saat proses instalasi, namun masih ada beberapa aplikasi antivirus yang meminta pengguna untuk menonaktifkan Windows Defender secara manual.

Jika Anda ingin menonaktifkan fitur Windows Defender secara permanen di Windows 10, Anda harus menonaktifkannya secara manual. melayani Windows Defender dan juga nonaktifkan ketika Lari.

Karena masih banyak pengguna Windows yang masih belum mengetahui tentang dasar dari Windows.

Cara mematikan Windows Defender

Sekarang Anda dapat menggunakan aplikasi berikut untuk menonaktifkan Windows Defender. Kami merangkum beberapa langkah yang dapat Anda pilih yang menurut Anda mudah.

1. Melalui pengaturan

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen atau sementara adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama, Anda harus mengklik tombol Windows di sudut kiri bawah.

2. Setelah itu, kamu ketik “Windows Defender”.

cara mudah menonaktifkan windows defender 1

3. Kemudian setelah merubah tampilannya anda klik “Virus and Threat Protection”.

cara mudah menonaktifkan windows defender 2

4. Selanjutnya, temukan kata-kata “Pengaturan perlindungan virus dan ancaman” dan klik pada mereka.

cara mudah menonaktifkan windows defender 3

5. Setelah terlihat seperti gambar di bawah ini kamu pindahkan tombol yang tadinya berwarna biru harus kamu pindahkan ke kiri hingga berubah menjadi abu-abu dengan tulisan Off.

cara mudah menonaktifkan windows defender 4

Sangat mudah bukan sobat? Anda dapat mencobanya tanpa membuang waktu. Jika Anda ingin mengembalikannya, Anda dapat melakukannya seperti di atas dengan menggerakkan tombol “Off”. ke posisi “Aktif”.

Lihat juga: Cara menonaktifkan Cortana.

2. Nonaktifkan antivirus Windows 10 Anda.

Anda dapat menggunakan metode berikut untuk menonaktifkan Windows Defender sementara. Cara ini bisa kamu gunakan jika hendak menginstall aplikasi baru namun diblokir oleh Windows Defender.

Cara ini juga sangat mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan antivirus Windows 10 kamu.

cara menonaktifkan windows defender di windows 10
  1. Pertama, buka aplikasi Windows Defender di komputer atau laptop Anda dengan mencari menu mulai dengan mengklik tombol Jendela > jenis Pembela Windows dan buka aplikasi.
  2. Kemudian, setelah berhasil membuka aplikasi, masuk ke menu. Perlindungan virus dan ancaman.
  3. Selanjutnya pilih menu Pengaturan perlindungan virus dan ancaman.
Baca juga:   6 Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp Dari Orang Lain

Setelah berhasil dibuka, nonaktifkan semua perlindungan di menu, seperti perlindungan Perlindungan waktu nyata sebaik Perlindungan awanMendesak mengalihkan atau tombol on/off agar tombolnya masuk matikan.

Sedangkan jika ingin menyalakannya kembali, Anda hanya perlu mengubah tombol yang dimatikan menjadi pada.

3. Melalui layanan

Jika metode di atas memungkinkan Anda untuk menonaktifkan sementara Windows Defender. Kemudian cara berikut ini adalah cara yang bisa anda gunakan untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen menggunakan services.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen di Windows 10.

cara menonaktifkan windows defender di windows 10
  1. Pertama buka Lari menekan tombol kombinasi Windows+R pada keyboard secara bersamaan.
  2. Kemudian, jika dialog Run berhasil dibuka, ketik services.msc lalu tekan Oke atau klik Untuk masuk di papan ketik.
  3. Jika Layanan berhasil dibuka, cari Windows Defender, lalu klik kanan dan pilih Karakteristik.
  4. Selanjutnya, pada tab “Umum”, ubah. Jenis peluncuran menjadi Melarang. Jika demikian, silakan klik Berlaku lalu tekan BAGUS.
  5. Jadi, sekarang Windows Defender di komputer atau laptop Anda dinonaktifkan secara permanen.
cara menonaktifkan windows defender di windows 10 secara efektif

Namun jangan khawatir jika ingin mengaktifkannya kembali, caranya cukup mudah.

Anda hanya membutuhkan layanan seperti di atas, lalu masuk ke properti di Windows Defender, lalu ubah jenis startup seperti sebelumnya, yaitu: mobil. Lalu klik Berlaku kemudian BAGUS dan restart komputer Anda, Windows Defender akan aktif kembali secara otomatis.

4. Melalui editor registri

Selain bisa melalui menu Tools untuk menonaktifkan Windows Defender, kita juga bisa menggunakan Registry Editor untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen.

Namun cara terakhir ini bisa jadi sedikit rumit, terutama bagi orang biasa. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menonaktifkan fitur Windows Defender secara permanen di Windows 10 melalui Registry Editor.

cara menonaktifkan windows defender di windows 10
  1. Pertama, buka kotak dialog Run dengan mengklik tombol Windows+R pada keyboard secara bersamaan. Kemudian ketik regedit di kotak dialog Jalankan dan klik BAGUS atau klik tombol Untuk masuk di papan ketik.
  2. Setelah Registry Editor berhasil dibuka, masuk ke menu HKEY_LOCAL_MACHINE > SISTEM > CurrentControlSet > Layanan > SecurityHealthService.
  3. Kemudian, di jendela di sebelah kanan, klik dua kali opsi Mulai. Tolong ubah Nilai data menjadi empat dan centang opsi Basis jadilah pilihan heksadesimal.
  4. Jika Anda mengklik BAGUS. Kemudian restart komputer Anda, setelah itu Windows Defender akan mati secara otomatis secara permanen.
Baca juga:   6 Cara Mengatasi Scanner Printer Error Rusak (Terbukti)

Jika ingin mengaktifkannya kembali caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti metode di atas dan ubah Nilai data menjadi 2 dan restart komputer Anda. Windows Defender Anda kemudian akan diaktifkan kembali secara otomatis.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Smadav

5. Matikan Windows Defender dengan aplikasi

Langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah menonaktifkan Windows Defender menggunakan aplikasi, ini mungkin satu lagi percobaan.

nonaktifkan windows defender
  • Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi.
  • Buka aplikasi dan klik Matikan Windows Defender.
  • Jika berhasil maka akan muncul layar berikut dan jika ingin mengaktifkan kembali klik Turn on Windows Defender.

Langkah-langkah di atas terbukti efektif dan sederhana karena menggunakan aplikasi tambahan untuk memudahkan menonaktifkan Windows Defender secara permanen dan cepat.

6. Matikan dengan aplikasi pihak ketiga

Aplikasi add-on ini adalah aplikasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan ditujukan untuk nonaktifkan windows defender permanen di Windows 10.

Cara menonaktifkan Windows Defender menggunakan aplikasi pihak ketiga sangat sederhana. Penasaran bagaimana? Mari kita lihat tutorial selanjutnya.

1. Pertama, unduh dan ekstrak file ZIP aplikasi.

    cara menonaktifkan windows defender di windows 10

2. Kemudian klik dua kali aplikasi untuk mulai menggunakannya.

    cara menonaktifkan windows defender di windows 10

3. Kemudian tekan tombol Buka pengaturan Windows Defender. lalu tekan Lanjut.

    cara menonaktifkan windows defender di windows 10

4. Kemudian nonaktifkan opsi berikut:

  1. Perlindungan waktu nyata.
  2. Perlindungan awan.
  3. Sampel presentasi.
    cara menonaktifkan windows defender di windows 10

5. Aktif Langkah 2 tombol pilih Nonaktifkan Windows Defender untuk mematikan Windows Defender di Windows 10. Kemudian klik Lanjut.

    cara menonaktifkan windows defender di windows 10

6. Jika sudah tertulis Done, maka proses disable Windows Defender sudah selesai, anda bisa keluar dari aplikasi dengan cara klik KELUAR.

    cara menonaktifkan windows defender di windows 10

7. Sekarang jika Anda membuka Windows Defender di Windows 10, Anda akan melihat peringatan yang mirip dengan gambar berikut.

    cara menonaktifkan windows defender di windows 10

Catatan: Harap dicatat bahwa aplikasi ini hanya dapat menonaktifkan Windows Defender tetapi tidak dapat mengaktifkan kembali fitur Windows Defender di Windows 10.

Baca juga:   45+ Kode Rahasia di HP Android Lengkap 2022: Semua Merk

Oleh karena itu, sebelum Anda menonaktifkan Windows Defender, Anda harus terlebih dahulu membuat titik pemulihan sistem.

Kesimpulan

Meskipun demikian, Anda dapat menggunakan antivirus terbaik di laptop ini secara default dengan cara yang sederhana. Namun perlu Anda ketahui bahwa menonaktifkan Windows Defender dapat membahayakan perangkat Anda. Jadi jika ingin mematikannya jangan terlalu lama ya sobat.

Baca juga: Cara menonaktifkan antivirus di laptop.

Demikian pembahasan singkat kami tentang cara mudah menonaktifkan Windows Defender secara permanen dan sementara di Windows 10.

Semoga pembahasan di atas dapat membantu dan membantu Anda menonaktifkan Windows Defender di komputer Anda baik untuk sementara maupun permanen. Semoga berhasil dan semoga berhasil.


https://storyforgeproductions.com