Internet saat ini sangat cepat, sehingga ketika kita mengakses apapun di internet, atau bahkan bermain di internet, tiba-tiba kita kehabisan kuota data.

Itulah mengapa sangat penting untuk membatasi penggunaan data di Android kita agar tidak kehabisan kuota di saat kritis.

Karena jika kuota habis di saat-saat penting dan kita membutuhkan koneksi internet, tentunya kita akan mengalami kendala. Dengan membatasi penggunaan data, kita mengetahui sisa kuota internet kita.

Jadi kita bisa berhati-hati, jika kuota internet habis, maka segera beli paket internet baru. Agar paket internet tidak habis.

Melalui pengaturan

Metode pertama yang dapat Anda gunakan adalah membatasi penggunaan data Anda melalui pengaturan. Dengan demikian, Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Tutorialnya adalah sebagai berikut:

1. Buka pengaturan

cara membatasi penggunaan data melalui pengaturan

Langkah pertama adalah masuk ke “Pengaturan” di ponsel Anda, seperti mengklik ikon pengaturan, biasanya berupa roda gigi. Setelah masuk ke pengaturan, pilih menu Kartu SIM dan data seluler.

2. Pilih Penggunaan Data.

cara membatasi penggunaan data melalui pengaturan 2

Setelah masuk ke menu “SIM card and cellular data”, akan ada beberapa menu di dalamnya. Tolong pilih penggunaan data mempelajari dan menetapkan batasan data yang digunakan.

3. Tetapkan batas penggunaan data

cara membatasi penggunaan data melalui pengaturan 3

Setelah itu, di sini Anda akan melihat jumlah penggunaan rencana tarif Anda selama sebulan terakhir.

Nah, untuk membatasi penggunaan data, Anda harus memilih Batasi data seluler. Setelah itu pilih opsi Spesial dan atur penggunaan data maksimum per hari.

Misal disini saya taruh 2 GB dalam satu hari, jika anda klik Menyimpan.

4. Selesai, gunakan terbatas

Anda sekarang telah berhasil mengatur batas penggunaan data seluler di ponsel Anda. Oleh karena itu, ketika penggunaan data mencapai batas yang ditentukan, akan muncul notifikasi.

Baca juga:   10 Aplikasi Edit Video Online Gratis Tanpa Watermark (Terbaik 2022)

penggunaan aplikasi

Cara kedua untuk membatasi penggunaan data di Android adalah dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang digunakan adalah My Data Manager.

Tutorialnya adalah sebagai berikut:

1. Unduh Manajer Data Saya

cara membatasi penggunaan data dengan aplikasi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Silahkan download aplikasi My Data Manager dari Play Store.

Atau jika tidak ingin ribet bisa download di link berikut :

2. Berikan Izin Aplikasi

cara membatasi penggunaan data dengan aplikasi 2

Setelah diunduh dan diinstal, buka aplikasi. Anda akan diminta untuk memberikan izin untuk beberapa akses ke ponsel Anda.

Tolong beri izin, Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi di Play Store aman.

3. Pilih jenis paket data

cara membatasi penggunaan data dengan aplikasi 3

Anda kemudian memilih jenis data atau koneksi yang akan digunakan. Baik Anda menggunakan data seluler, Wi-Fi, atau roaming. Oke disini saya akan memberikan contoh penggunaan data seluler.

Di tab Selulersilahkan klik Menyiapkan atau menghubungkan ke paket tarif. Setelah itu, pilih jenis paket data yang Anda gunakan, di sini saya memilih Rencana reguler.

4. Tetapkan batas penggunaan data

cara membatasi penggunaan data dengan aplikasi 4

Setelah Anda memilih jenis paket data yang Anda gunakan, langkah selanjutnya adalah menetapkan batas penggunaan data.

Ada beberapa opsi penyesuaian di sini, seperti jenis paket, siklus penagihan, tanggal mulai, batas data, dan sebagainya. Silahkan sesuaikan dengan keinginan anda.

Tapi yang terpenting dalam Pembatasan data, di sini Anda menuliskan batas penggunaan data yang diinginkan. Jika ya, silakan klik Dibuat.

Berikut cara membatasi kuota data ponsel. Dengan menggunakan cara ini, penggunaan kuota data internet harian Anda akan lebih terkelola sehingga menjadi lebih hemat dibandingkan sebelum batas penggunaan data penggunaan font internet software Android.

Bagaimana Anda bisa melakukannya setelah membaca artikel Mas Tekno di atas? jika belum dan ada yang kurang paham silahkan bertanya di kolom komentar, dan jangan lupa kunjungi juga artikel menarik lainnya di Mas Tekno.

Baca juga:   8 Cara Mengatasi Subtitle Hilang di Gom Player (Work 2022)


https://storyforgeproductions.com