Ponsel Android memiliki beberapa aplikasi yang dapat Anda pilih dan unduh baik gratis maupun berbayar, dari jenis permainan hingga jejaring sosial lengkap.

Secara umum, kita sering menggunakan jejaring sosial, cenderung lebih sering menggunakannya dengan aplikasi yang dirilis oleh jejaring sosial. Misalnya aplikasi facebook, twitter, instagram, bbm dan masih banyak lainnya.

Sedangkan untuk browsernya sendiri, banyak orang lebih memilih browser bawaan yaitu chrome yang merupakan browser bawaan paling ringan dan mulus.

Jauh lebih baik dari browser lain, ada Cheetah Browser (CM Browser) yang juga memiliki stabilitas yang cukup tinggi. Namun, tahukah Anda bahwa aplikasi yang Anda gunakan di ponsel android Anda juga menyimpan cache.

Cache itu sendiri adalah data tentang suatu aplikasi yang jika diakumulasikan atau diakumulasikan akan menyebabkan aplikasi berjalan lambat, atau lebih sering disebut dengan lambat.

Lihat juga: Cara menghilangkan Android macet.

Namun, orang awam biasanya tidak begitu paham apa itu cache dan apa dampaknya. Cara clear cache di android ada bermacam-macam, ada juga banyak cara modern dan ada juga cara manual.

Namun untuk pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan cara menghapus cache secara manual.

Kekurangan dari menghapus cache secara manual adalah membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk menghapus satu per satu, namun kelebihannya adalah kita dapat dengan bebas memilih aplikasi mana yang akan dihapus cache dan mana yang tidak.

Cara Menghapus Cache di Aplikasi Android

Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan cara clear cache di aplikasi android, namun cara manual, untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini.

1. Buka pengaturan

Pertama Anda perlu membuka menu pengaturan atau setting atau pengaturan pada masing-masing ponsel Anda.

Baca juga:   4 Cara Mematikan Notifikasi Grup WhatsApp di HP

Kemudian setelah di menu setting, cari dan pilih menu baru yang bertuliskan “Application Manager”, catatan saja, karena disini saya menggunakan hp asus zenfone 3, jadi ada tulisan “Apps and Notifications”.

Semua merk handphone memiliki menu yang berbeda-beda, namun fungsinya sama.

2. Pilih aplikasi

Setelah itu, pilih aplikasi untuk menghapus cache, misalnya saya akan menghapus cache dari aplikasi Instagram, lalu ketuk aplikasi.

Disini saya pilih dulu menu info aplikasi lalu muncul daftar aplikasi yang terinstall di hp saya.

cara menghapus cache aplikasi android

3. Pilih Penyimpanan dan memori.

Jika ponsel Anda memiliki menu “Hapus cache” atau “Hapus memori”, lewati saja langkah ketiga ini.

Kemudian klik “Clear Cache” dan tunggu prosesnya sampai selesai.

cara menghapus cache aplikasi android

4. Selesai

Aplikasi di ponsel Android Anda sekarang dibersihkan dari cache.

cara menghapus cache aplikasi android

Berikut cara menghapus cache di Android dengan mudah.Perhatikan bahwa dalam panduan di atas, saya menggunakan ponsel Asus Zenfone 3.

Silahkan untuk merk lain bisa custom, jika ada yang ingin ditanyakan, atau ada langkah yang kurang jelas silahkan bertanya di kolom komentar yang telah disediakan, semoga bermanfaat dan semoga membantu.


https://storyforgeproductions.com