Instagram memiliki banyak sekali fitur, mulai dari fitur Instagram story, fitur untuk menyimpan pesan seseorang, hingga fitur yang cukup menarik bagi yang ingin mencoba berbisnis yaitu fitur mengubah akun menjadi profil bisnis.

Saat membuat Instagram, banyak membuka lapak untuk menjual produknya seperti pakaian, jam tangan, merchandise, aksesoris, dan lainnya. Jualan di Instagram dikategorikan online, makanya menurut saya jualan online sebenarnya lebih murah, lebih hemat, dan lebih hemat.

Baca juga: Cara Membuat Akun IG di Laptop dan Handphone.

Jika Anda tergolong sebagai penjual online atau sedang menjalankan bisnis toko online, sebaiknya coba gunakan akun Instagram sebagai profil bisnis.

Sehingga dapat menjangkau lebih banyak konsumen atau media yang lebih luas yang dapat digunakan sebagai media periklanan. Tidak seperti akun Instagram pribadi, di mana hanya pengikut yang dicakup.

Fitur Instagram Bisnis

Profil bisnis sendiri memiliki fitur yang bisa Anda gunakan untuk berjualan yaitu Insights, Promotions, serta informasi kontak seperti alamat, email, dan petunjuk arah untuk menunjukkan lokasi pelaku bisnis.

1. Wawasan

Fungsi ini berisi statistik yang dengannya Anda dapat memeriksa berapa banyak pengunjung yang melihat produk kami, berapa banyak penjualan yang dilakukan, berapa banyak klik yang dilakukan di situs kami dan posting populer yang ditampilkan.

Fitur ini mampu menganalisis produk seperti apa yang diinginkan konsumen, sehingga dapat kita sesuaikan agar konsumen tetap tertarik.

2. Kontak

Menurut saya, ini adalah fitur terpenting dari profil bisnis, karena jika orang melihat kontak ini, mereka mungkin sudah tahu apa alamat email kita, nomor apa yang kita miliki, dan di mana lokasi bisnis kita.

Oleh karena itu saat mengisi kontak, langkah selanjutnya harus benar-benar sesuai, isikan sesuai yang tersedia dan masukkan kontak yang bisa dihubungi.

Baca juga:   4+ Cara Mengganti Tema Whatsapp di HP Android (Keren)

3. Promosi

Semua postingan yang kita unggah ke akun Instagram kita nantinya bisa dipromosikan agar banyak orang dengan mudah menjangkaunya. Jika sudah ada postingan yang ingin Anda promosikan, tinggal pilih pelanggan mana yang ingin Anda targetkan. Kemudian lanjutkan.

Fitur ini juga sangat mudah untuk diaktifkan, Anda tidak perlu membayar atau gratis. Tidak sulit tetapi menguntungkan jika Anda mengubahnya menjadi akun profil bisnis. Jadi, coba saja!

Namun perhatikan: akun Instagram Anda harus ditautkan ke halaman penggemar Facebook, halaman penggemar yang akan Anda gunakan untuk menjadikannya akun bisnis, jadi Anda harus membuat halaman penggemar terlebih dahulu sebelum membuat akun profil bisnis.

Cara membuat akun bisnis di Instagram

Ingatlah bahwa akun tidak dapat diprivate karena akun bisnis bersifat publik, bukan privat. Agar tidak bingung, oke langsung saja simak.

1. Buka pengaturan di Instagram.

Buka akun Instagram Anda, lalu klik ikon pengaturan.

2. Pilih Beralih ke Profil Bisnis.

atur profil bisnis

Kedua, gulir ke bawah dan temukan “Beralih ke Profil Bisnis”, jika Anda menemukannya, pilih dan klik di atasnya.

Kemudian akan muncul tab Instagram Business Tools, Anda tinggal klik Continue.

3. Hubungkan Instagram ke akun Facebook

Kemudian akan muncul tab seperti berikut : ini adalah perintah untuk menghubungkan Instagram ke akun Facebook, lalu anda pilih dan klik “Login with Facebook only”.

hubungi facebook

4. Pilih halaman penggemar

cara mengubah akun ig biasa menjadi bisnis

Setelah itu, muncul beberapa halaman penggemar yang Anda buat di Facebook. Silahkan pilih fanpage yang anda inginkan, usahakan sesuaikan nama instagram anda atau tujuan anda saat membuat akun instagram bisnis.

Lihat juga: Apa yang harus dilakukan jika saya tidak bisa masuk ke Instagram.

5. Pengaturan profil bisnis

7Jika Fan Page Facebook sudah memiliki alamat email, nomor telepon dan alamat yang tersedia, semua yang ada di kolom ini akan otomatis terisi, jika belum diisi terlebih dahulu.

Baca juga:   5+ Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus di 1 HP

Semua detail di atas harus kontak aktif dan asli, jangan dibuat-buat karena orang bisa saja menggunakan kontak ini untuk menghubungi Anda nanti. Jika sudah terisi semua, klik tanda panah di pojok kanan atas

Informasi:

Tidak. 1: Diisi dengan alamat email yang aktif

Tidak. 2: Diisi dengan nomor ponsel Anda yang aktif.

Tidak. 3: Diisi dengan alamat Anda

6. Akun bisnis berhasil dibuat

Jika Anda telah mengisi semua detail di atas, silakan klik Melanjutkan. Setelah itu, Anda telah berhasil mengubah akun Instagram Anda menjadi akun Instagram bisnis.

Jika Anda ingin membuat yang baru, Anda dapat menghapus akun Instagram Anda. Kemudian buat akun Instagram bisnis untuk kebutuhan bisnis Anda.

Kesimpulan

Akun Instagram bisnis ini biasa digunakan oleh para penjual Instagram karena memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan akun Instagram pribadi.

Jika berhasil maka akan muncul tombol Email, Phone Number, dan Directions seperti pada gambar berikut. Tapi itu semua tergantung pada apa yang Anda masukkan di kontak tadi. Jika Anda hanya memasukkan alamat email, hanya alamat email yang akan muncul.

Bagaimana tidak mudah bukan? Jika Anda tertarik untuk menjadikan Instagram sebagai peluang bisnis, maka cara ini wajib Anda lakukan karena profil bisnis sangat bermanfaat bagi saya dengan kontak, ide, dan promosi yang dapat memperluas jangkauan kita.

Semoga tutorial cara membuat akun instagram profil bisnis ini bermanfaat, semoga membantu dan selamat mencoba jika ada yang ingin ditanyakan atau ada yang masih bingung silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah.


https://storyforgeproductions.com