Ada banyak efek kamera yang berbeda saat ini, tidak hanya kamera DSLR yang canggih. Saat ini, ponsel Android juga dapat digunakan untuk mengambil foto dengan berbagai efek keren seperti efek blur.

Tapi bagaimana dengan kita yang tidak memiliki DSLR atau HP Android dengan efek keren? Tidak perlu khawatir karena kita juga bisa membuat efek blur ini di Photoshop.

Lihat juga: Set lengkap fitur Photoshop.

Nah, bagi kamu yang banyak menggunakan laptop, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi edit foto yang satu ini. Langsung saja, bagi anda yang ingin membuat foto blur di photoshop silahkan baca artikel ini sampai habis.

Cara Membuat Foto Buram di Photoshop

Untuk langkah-langkahnya saya pakai adobe photoshop cs6, tapi buat kalian yang pake versi lawas gak masalah karena fungsinya sama, ok, ini dia cara cepat blur background dan autofokus foto dengan photoshop di komputer.

1. Pilih Foto

Langkah pertama: pastikan Anda sudah memiliki foto yang ingin Anda edit. Karena jika tidak, lalu apa yang akan buram?

2. Buka foto di Photoshop

Kemudian buka foto di aplikasi Photoshop, jadi Anda perlu menginstal (bagi yang tidak memilikinya) aplikasi Photoshop itu. Jika demikian, lanjutkan ke langkah 3.

3. Gunakan laso magnetik

Anda kemudian dapat memilih foto orang atau objek menggunakan laso magnetik (L)ikuti gambar berikutnya, hafalkan hanya bagian yang ingin Anda fokuskan.

cara blur di photoshop

4. Jika Anda telah memilih objek, Anda dapat menekan tombol pada keyboard: Ctrl+Shift+I.

4. Pilih filter buram

Setelah itu Anda bisa masuk ke menu Filter > Blur > Gaussian Blur.

mengaburkan objek dua

5. Atur tingkat blur

Anda kemudian dapat menyesuaikan tingkat blur, geser ke kanan untuk meningkatkan blur, dan geser ke kiri untuk mengurangi blur. Instal sesuai keinginan Anda.

cara memburamkan foto di photoshop 3

Cara Membuat Blur pada Wajah Menggunakan Photoshop

Untuk tutorial ini saya berikan sebagai bonus atau suplemen. Jika cara sebelumnya adalah memburamkan punggung kita, maka cara ini adalah memburamkan bagian yang kita inginkan, seperti wajah.

Baca juga:   5+ Cara Mengunci Aplikasi Android Semua Merk: Lengkap

Pasti kalian pernah melihat efek blur ini yang biasa digunakan untuk memburamkan para penjahat atau mereka yang tidak ingin wajahnya diketahui. Tetapi orang-orang yang saya gunakan bukanlah penjahat.

Langsung saja, berikut cara memburamkan wajah dengan Photoshop:

1. Buka foto di Photoshop

Pertama, buka foto yang ingin Anda buramkan wajah Anda di Photoshop, jadi pastikan Anda sudah menyiapkannya.

Lihat juga: Cara membuat foto buram.

2. Gunakan Rectangle Marquee Tool

cara memburamkan wajah di photoshop

Untuk menentukan area yang akan kita blur, saya menggunakan Rectangular Marquee Tool. Tolong pilih Alat Seleksi Persegi Panjang di sebelah kiri (menu alat).

3. Tentukan bagian blur

cara mengaburkan wajah di photoshop 2

Kemudian tentukan bagian mana yang ingin di blur menggunakan tool yang saya sebutkan tadi. Cara menggunakannya, tinggal klik dan drag ke area yang diinginkan.

4. Pilih Filter Blur > Gaussian Blur.

cara mengaburkan wajah di photoshop 3

Langkah selanjutnya adalah memburamkan bagian yang Anda tandai tadi dengan alat persegi panjang. Silahkan klik Saring > Buram > Gaussian Blur.

5. Selesai, simpan foto

cara mengaburkan wajah di photoshop 4

Selesai, gambar sekarang berhasil diburamkan di tempat yang Anda inginkan. Dalam hal ini saya memburamkan wajah, coba buat titik buram Anda sendiri.

Simpan saja hasilnya, klik “File”> “Save As”. Dan isikan format yang diinginkan, untuk blur sendiri hasilnya lebih tinggi sob. Jadi Anda bisa menggunakan autofokus tanpa menggunakan DSLR.

Lihat juga: Cara menghapus latar belakang di Photoshop.

Kesimpulan

Nah, ternyata blur di Photoshop itu nggak susah, dan hasilnya nggak jauh beda dengan hasil jepretan kamera DSLR dan HP dengan efek blur.

Cukup sekian sob, cara blur di photoshop dan autofokus di pc. Jika ada pertanyaan seputar artikel diatas, maka sobat bisa bertanya di kolom komentar, ikuti langkah demi langkah untuk hasil yang baik.

Baca juga:   Ukuran Kertas A4 dalam MM, CM, Inchi, Pixel [Lengkap]


https://storyforgeproductions.com