Microsoft Word adalah salah satu program yang termasuk dalam paket Microsoft Office. Saat ini menjadi salah satu paket aplikasi kebutuhan perkantoran yang paling banyak diminati. Microsoft Word sendiri merupakan aplikasi pengolah kata. Nah, mungkin Anda sendiri sudah mengetahui hal ini, jadi saya tidak perlu menjelaskannya secara detail lagi.

Seperti yang telah kita lihat sebagai aplikasi pengolah kata, Word menawarkan banyak fitur yang sangat lengkap dan bermanfaat. Semua fungsi yang dihadirkan mampu memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan pengguna. Salah satu fitur yang agak menarik adalah menambahkan batas halaman ke halaman kerja Word. Dengan ini, Anda dapat membuat bingkai untuk halaman dengan bentuk tertentu.

Lihat juga: Bagian menu Word

Fitur ini biasanya digunakan ketika ingin membuat undangan tertentu seperti pernikahan, syukuran, dll. Agar terlihat lebih cantik dan menarik, biasanya ditambahkan border atau pembatas di sekelilingnya. Ingin mencobanya tapi tidak tahu caranya? Jangan khawatir, artikel selanjutnya akan memberi tahu Anda caranya. Silakan ikuti panduan yang telah kami susun di bawah ini.

Cara membuat batas/bingkai di Word

Padahal, membuat page border pada halaman kerja MS Word bisa dikatakan sangat sederhana. Namun tentunya bagi yang belum pernah mengalami masalah apalagi menemukan fitur-fiturnya di antara sekian banyak menu Word.

Namun Anda tidak perlu bingung, mengikuti saran yang Teknoinside berikan dijamin Anda akan langsung mahir melakukannya. Tidak perlu lama-lama lagi, langsung saja simak tutorial membuat batas halaman untuk undangan di Microsoft Word di bawah ini.

1. Pertama klik pada tab menu Tata letak halaman lalu pilih opsi Batas halaman.

cara membuat burger berbingkai di microsoft word
cara membuat burger berbingkai di microsoft word

2. Kemudian akan muncul jendela baru, akan ada beberapa pilihan.

Lihat fungsi masing-masing menu sebagai berikut:

  • Gaya: Pilih bentuk bingkai yang akan digunakan.
  • Warna: Memilih dan mengubah warna bingkai yang digunakan.
  • Width : untuk mengatur lebar border yang akan digunakan.
  • Seni: Untuk ini, bentuk bingkai akan lebih bervariasi.
  • Terapkan Ke: Setel apakah batas akan ditambahkan ke satu halaman saja atau ke semua halaman.

3. Setelah semuanya diatur sesuai keinginan Anda, klik OK untuk membuat bingkai.

cara membuat burger berbingkai di microsoft word

4. Tentunya halaman Word kerja Anda sudah memiliki batas halaman, bukan?

cara membuat burger berbingkai di microsoft word

5. Mudah atau sulit? Jika Anda membutuhkan bentuk bingkai yang lebih bervariasi, Anda dapat mencarinya secara online.

Lihat juga: Fungsi bagian-bagian dari Microsoft Word

Cara membuat batas gaya

Jenis frame ini memiliki tampilan yang sangat sederhana karena sebagian tampilannya hanya berupa garis. Meski begitu, tampilannya tetap menarik karena ada beberapa model yang bisa dipilih. Langsung saja simak cara membuat border style berikut ini.

Baca juga:   Dial, SMS, Online (Terbaru 2022)

1. Buka Microsoft Word

Buka Microsoft Word

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah membuka Microsoft Word dan menemukan dokumen yang ingin Anda tambahkan bingkai atau bingkai gaya. Jika dokumen Microsoft Word sudah terbuka, kita bisa langsung melompat ke langkah berikutnya.

2. Masuk ke tab “Desain”.

Masuk ke tab

Langkah selanjutnya, nanti di Microsoft Word, akan banyak menu dan beberapa tab yang bisa Anda gunakan. Untuk membuat bingkai atau batas gaya, buka tab Rancangan.

3. Pilih batas halaman

Pilih batas halaman

Nantinya akan banyak menu dan submenu yang bisa kita gunakan untuk mengubah tampilan dokumen yang sedang kita buat. Sekarang, untuk membuat kotak gaya di dokumen kita, pilih menu Batas halaman.

4. Pilih jenis perbatasan

Pilih jenis perbatasan

Kemudian akan muncul jendela Borders and Shading dengan beberapa tab yang bisa Anda gunakan. Silakan pergi ke tab batas halaman dan terus Gaya Silahkan pilih sesuai keinginan anda. Akhirnya, jika semuanya ditekan BAGUS.

Cara membuat batas artistik

Jika Anda tidak tertarik dengan border atau border yang hanya terdiri dari garis, Anda bisa memilih Arts Border untuk membuat border lebih menarik dan unik. Nah untuk membuat border art, langsung saja simak cara berikut ini.

1. Buka Microsoft Word

Buka Microsoft Word

Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah membuka Microsoft Word dan menemukan dokumen yang ingin Anda bingkai atau bingkai seni. Jika dokumen Microsoft Word sudah terbuka, kita bisa langsung melompat ke langkah berikutnya.

2. Masuk ke tab “Desain”.

Masuk ke tab

Langkah selanjutnya, nanti di Microsoft Word, akan banyak menu dan beberapa tab yang bisa Anda gunakan. Untuk membuat bingkai atau batas seni, buka tab Rancangan.

3. Pilih batas halaman

Pilih batas halaman

Nantinya akan banyak menu dan submenu yang bisa kita gunakan untuk mengubah tampilan dokumen yang sedang kita buat. Sekarang, untuk membuat seni perbatasan di dokumen kita, pilih menu Batas halaman.

Baca juga:   10+ Cara Menghapus Semua Status FB di HP & Laptop

4. Pilih batas artistik

Pilih batas artistik

Kemudian akan muncul jendela Borders and Shading dengan beberapa tab yang bisa Anda gunakan. Silakan pergi ke tab batas halaman dan terus Seni Silahkan pilih modelnya sesuai keinginan Anda. Akhirnya, jika semuanya ditekan BAGUS.

Cara Mengedit Bingkai di Microsoft Word

Seperti yang saya sebutkan di atas, metode sebelumnya adalah cara termudah untuk membuat bingkai di Microsoft Word. Jadi, oleh karena itu, untuk membuat tampilan bingkai lebih menarik, Anda dapat mengedit bingkai sesuka hati sebagai berikut.

1. Buka Microsoft Word

Buka Microsoft Word

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Microsoft Word dan temukan dokumen tempat Anda ingin mengedit bingkai agar lebih menarik. Jika dokumen Microsoft Word sudah terbuka, kita bisa langsung melompat ke langkah berikutnya.

2. Masuk ke tab “Desain”.

Masuk ke tab

Langkah selanjutnya, nanti di Microsoft Word, akan banyak menu dan beberapa tab yang bisa Anda gunakan. Untuk mengedit bingkai agar lebih menarik, buka tab Rancangan.

3. Pilih batas halaman

Pilih batas halaman

Nantinya akan banyak menu dan submenu yang bisa kita gunakan untuk mengubah tampilan dokumen yang sedang kita buat. Sekarang, untuk mengedit bingkai di dokumen kita, pilih menu Batas halaman.

4. Pilih batas efek

Pilih efek perbatasan

Untuk membuat frame yang kita buat lebih menarik dan keren, kamu bisa memilih efek border sesuai keinginan, mulai dari Box, Shadow, 3D, bahkan Custom di bawah Setting.

5. Pilih warna perbatasan

Pilih warna perbatasan

Namun jika menurut Anda masih kurang menarik, Anda bisa mengubah warna bingkai yang Anda buat agar sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Anda dapat mengubah warna batas di pengaturan Warna.

6. Pilih ukuran perbatasan

Pilih ukuran perbatasan

Selain bisa memilih efek dan warna frame sesuai keinginan, disini kamu juga bisa memilih ukuran frame. Ukuran bingkai yang dimaksud di sini adalah ketebalan bingkai. Silakan atur sesuai keinginan Anda di opsi Lebar. Jika semuanya ditekan BAGUS.

Cara membuat bingkai pada halaman tertentu

Cara membuat bingkai pada halaman tertentu

Bagi anda yang ingin memberikan border pada semua halaman di Microsoft Word, maka anda bisa langsung klik BAGUS pada pengaturan. Karena secara default Microsoft Word akan memberikan border yang Anda buat tadi di semua halaman.

Baca juga:   5 Cara Bermain Free Fire untuk Pemula gampang Booyah 2022

Tetapi bagaimana jika kita hanya ingin membingkai halaman tertentu? Tentu saja hal ini dapat dilakukan dengan mudah. Penasaran bagaimana? Langsung saja simak langkah-langkah selanjutnya.

  • Langkah pertama, buka tab Rancangan.
  • Kemudian pilih menu Batas halaman.
  • Selanjutnya, buka tab batas halaman.
  • Selanjutnya, perhatikan Terapkan ke Ada beberapa parameter yang dapat digunakan untuk menentukan halaman tempat frame akan dibuat.
  • Silahkan pilih sesuai keinginan anda.
  • Jika Anda mengklik BAGUS.

Cara menghapus bingkai di Microsoft Word

Cara menghapus bingkai di Microsoft Word

Di akhir artikel ini, tidak ada salahnya jika kita menambahkan metode yang telah kita buat tentang cara menghapus frame di Microsoft Word. Tentunya melepas frame ini sangat mudah dan tidak sesulit membuatnya. Nah langsung saja simak cara menghilangkan border pada Microsoft Word dibawah ini.

  • Langkah pertama, buka tab Rancangan.
  • Kemudian pilih menu Batas halaman.
  • Selanjutnya, di menu pengaturan, pilih Bukan siapa-siapa.
  • Langkah terakhir klik BAGUS untuk menghapus bingkai.

Kesimpulan

Menambahkan frame pada dokumen di Microsoft Word akan mempercantik dokumen yang sedang kita buat. Tidak hanya embellishment, namun menambahkan frame pada sebuah dokumen bisa menjadi salah satu keunggulan dari karya yang kita buat.

Nah, kemudian buatlah bingkai di Word for beauty. Anda juga dapat mengonversi kata ke JPG sehingga dapat dilihat di Galeri HP dan dikirim dengan mudah.

Pertanyaan dan jawaban

Di bawah ini kami telah merangkum beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan mungkin pertanyaan yang mungkin ingin Anda tanyakan.

Apa itu batasan gaya?

Bingkai jenis ini memiliki tampilan yang sangat sederhana karena sebagian tampilannya hanya berupa garis, namun tetap menarik karena banyak polanya.

Apa batasan seni?

Jenis bingkai ini memiliki tampilan yang lebih menarik dan unik karena simbol mulai dari tanaman, bintang, bulan dan sebagainya dapat digunakan.

Apa yang bisa diedit dalam bingkai?

Efek bingkai, warna bingkai, ukuran bingkai dan sebagainya.

Berikut cara mudah membuat bingkai di MS Word. Anda dapat menambahkan bingkai untuk membuat undangan pernikahan atau Thanksgiving Anda lebih menarik. Sampai semuanya jelas? Jika ada yang kurang dipahami, Anda bisa mengajukan pertanyaan di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com