Dengan menggunakan folder, kita juga dapat mengelompokkan file agar lebih nyaman dan mudah ditemukan. Folder ini sangat penting karena folder berfungsi seperti lemari yang bisa kita gunakan untuk menyimpan file, baik itu dokumen, gambar, video, musik, dan lain sebagainya.

Tapi bagaimana cara membuat folder baru. Mungkin bagi pemula yang baru pertama kali bekerja di komputer dengan sistem operasi Windows, masih banyak yang belum mengetahuinya. Berikut adalah cara membuat folder baru di Windows, yang berlaku untuk Windows 7, 8 dan 10.

Cara membuat folder baru di Windows

Nah, berikut ini beberapa di antaranya yang bisa kamu ikuti untuk membuat folder dengan mudah di laptop atau komputer Windows kamu.

1. Melalui konduktor

Pertama silahkan buka Konduktor di komputer atau laptop Anda. Kemudian arahkan ke tempat Anda ingin membuat folder baru. Misalnya, pada drive lokal (E :).

Jika Anda sudah masuk, silakan klik tombol folder baru untuk membuat folder baru.

5 cara membuat folder baru

Selesai, mudah bukan? Jadi, Anda telah berhasil membuat folder baru.

Lihat juga: Cara mengurangi ikon desktop.

2. Buat folder di dalam folder

Pertama silahkan buka Konduktor. Kemudian temukan folder yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan folder baru.

Jika Anda menemukannya, klik kanan folder dan pilih opsi Baru > Folder.

5 cara untuk membuat folder baru

3. Melalui baris perintah (CMD)

5 cara untuk membuat folder baru

Pertama buka programnya Garis komando dengan satu sentuhan tombol Windows+R pada keyboard, lalu ketik tim dan tekan BAGUS.

Setelah berhasil membuka command prompt, drive yang aktif akan menjadi (C :). Jika Anda ingin mengubah drive (C:) ke drive (E :), Anda hanya perlu mengetik E: lalu tekan Untuk masukitu akan secara otomatis pindah ke disk (E :).

5 cara membuat folder baru

Jika Anda ingin membuat folder di dalam folder, Anda cukup mengetikkan perintah Nama folder CD. Misalnya, saya ingin membuat folder baru di dalam folder Teknoinside, maka saya perlu mengetik CD Technoinside.

Baca juga:   4+ Cara Mengatasi Kontak SIM Hilang dan Tidak Muncul

Kemudian, untuk membuat folder baru, Anda hanya perlu menggunakan perintah Maryland atau mkdir. Misalnya saya ingin membuat folder baru bernama Adi, jadi saya ketik saja perintahnya mkdir Adi lalu tekan Untuk masuk.

Atau, Anda juga dapat membuat beberapa folder sekaligus menggunakan perintah Maryland. Misalnya, saya ingin membuat 2 folder baru bernama catur sebaik Terakhir. Maka saya hanya perlu menggunakan perintah md Catur Absolut lalu tekan Untuk masuk.

Tetapi jika Anda ingin membuat folder baru menggunakan 2 suku kata atau lebih dengan spasi, maka Anda dapat menggunakan perintah md “nama folder”.

Misalnya, saya ingin membuat folder baru bernama Adi Pamungkas, maka saya harus memasukkan perintah md “Adi Ultimate”. Memang cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya, yang membedakan hanya tanda kutip ganda yang digunakan dalam cara ini.

Untuk memverifikasi bahwa folder yang Anda buat menggunakan baris perintah berhasil, Anda dapat memeriksanya melalui File Explorer.

5 cara untuk membuat folder baru

4. Buat folder di desktop Anda

Pertama, masuk ke layar desktop laptop atau komputer Anda. Kemudian klik kanan pada area kosong di desktop Anda dan pilih opsi. Baru > Map.

5 cara untuk membuat folder baru

5. Menggunakan Pintasan Keyboard

Anda juga dapat membuat folder baru menggunakan pintasan keyboard atau pintasan keyboard. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menekan tombol kombinasi CTRL+SHIFT+H pada keyboard secara bersamaan

Selesai, mudah bukan? Jadi, Anda telah berhasil membuat folder baru.

Beberapa cara yang dijelaskan di atas untuk membuat folder baru juga dapat diterapkan jika Anda ingin membuat folder baru di hard drive eksternal atau flash drive.

Jika Anda telah memahami dan menguasai kelima cara membuat folder baru yang telah kami sajikan di atas, maka Anda dapat dengan mudah membuat folder baru di sistem operasi Windows.

Lihat juga: Cara menghapus paket kulit Windows.

Kesimpulan

Demikian pembahasan yang dapat kami berikan tentang cara mudah membuat folder baru di laptop windows khususnya bagi pemula.

Baca juga:   4 Cara Menghapus Follower Sekaligus & Manual di HP

Semoga pembahasan yang telah kami berikan di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda dengan mudah membuat folder baru di komputer atau laptop berbasis sistem operasi Windows.


https://storyforgeproductions.com