Ada juga banyak jenis jejaring sosial seperti WhatsApp, Instagram, Facebook dan banyak lagi. Di antara sekian banyak jejaring sosial yang ada, Facebook merupakan jejaring sosial yang cukup populer dan tidak mati.

Di facebook, orang dapat dengan mudah berteman, melihat pesan satu sama lain, dan banyak lagi. Selain itu, di grup Facebook kita bisa bertemu dan berdiskusi di forum. Dengan tujuan dan minat yang sama dan sesuai dengan anggota kelompok.

Lihat juga: Cara membuat catatan di Facebook.

Cara membuat grup Facebook

Ada begitu banyak manfaat dan cara menggunakan grup Facebook sehingga semua orang ingin tahu persis cara membuat grup Facebook.

Nah, dalam hal ini saya akan menjelaskan cara membuat grup facebook menggunakan hp android, atau bisa juga dengan sangat mudah di laptop dengan menjalankan sosmedtoday.com, caranya sebagai berikut.

1. Cara membuat grup Facebook di laptop

Cara pertama yang akan saya jelaskan adalah cara membuat grup facebook lewat pc atau laptop. Karena saya yakin meskipun smartphone sekarang sudah menjamur dan ramai, masih ada saja orang yang bermain Facebook lewat laptop.

Oke, tanpa basa-basi lagi langsung saja saya jelaskan caranya, antara lain sebagai berikut.

  • Pertama, tentunya Anda mengunjungi situs Facebook terlebih dahulu.
  • Setelah itu, otomatis Anda akan langsung masuk ke halaman utama.
  • Fokus di sebelah kiri dalam opsi “Jelajahi”, itu harus berisi grup, jelajahi, dll., Di sini pilih dan klik “Grup”.
cara membuat grup di facebook 1
  • Setelah itu akan muncul layar seperti berikut ini, kembali fokus pada bagian di sebelah kiri, pilih dan klik “Buat Grup” untuk membuat grup baru.
cara membuat grup di facebook 2
  • Setelah itu, akan muncul jendela pop-up seperti gambar di bawah ini. Masukkan nama grup yang ingin Anda buat, di kolom “Tambah orang”, tambahkan teman Anda, privasi bisa terbuka, tertutup atau publik.
cara membuat grup di facebook 3
  • Jika tampilannya seperti ini, maka grup Facebook telah dibuat.
cara membuat grup di facebook 4

2. Cara membuat grup Facebook di ponsel Android

Setelah kita mempelajari cara membuat grup facebook melalui pc atau laptop, kita akan membahas cara membuat grup melalui hp android, dan tentunya semudah menggunakan laptop. Oke, lanjutkan dan lakukan seperti ini.

  • Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah memiliki aplikasi Facebook.
  • Setelah itu, masuk ke aplikasi
  • Jika Anda mengklik ikon dengan tiga titik di sudut kanan atas
  • Kemudian pilih dan klik opsi Group dari menu yang tersedia.
  • Jika Anda mengkliknya, beberapa grup yang kami ikuti (bergabung) akan muncul, grup yang kami sukai juga dapat disarankan
  • Untuk membuat grup Facebook baru, cukup pilih dan klik tombol “Buat”.
  • Akan muncul tampilan seperti itu, kita pilih dan klik “Create Group”.
  • Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut. Disini kita akan diminta untuk mengisi nama grup yang kita buat tadi. Setelah itu, kami memilih teman di Facebook yang akan kami undang untuk bergabung dengan grup
  • Jika Anda mengklik “Next”, lalu pilih privasi yang Anda butuhkan sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat memilih dari tiga jenis privasi grup, termasuk Rahasia (Rahasia), Tertutup (Tertutup) dan Publik (Umum).
  • Jika sudah mengatur privasi grup, langkah selanjutnya adalah mengganti foto sampul grup, silahkan pilih foto sesuai dengan yang diinginkan
  • Setelah cover siap, langkah selanjutnya adalah membuat deskripsi grup kita. Deskripsi berfungsi untuk membuat orang tertarik untuk bergabung dengan grup Facebook kami.
  • Setelah cover dan deskripsi sudah siap, langkah selanjutnya adalah mengembangkan grup kita dengan mengajak teman-teman untuk bergabung di grup.
  • Selesai, grup facebook berhasil dibuat
Baca juga:   4 Cara Hutang Pulsa Telkomsel (AS, Loop, Simpati, Halo) Mudah

Setelah kita mempelajari cara membuat grup facebook, selanjutnya yang perlu diketahui adalah status dari pengguna grup facebook itu sendiri, penjelasannya antara lain sebagai berikut.

Lihat juga: Cara menghapus riwayat log di Facebook.

Anggota, administrator, moderator di grup Facebook

Sebuah grup facebook terdiri dari 3 komponen yang menduduki yaitu anggota grup, administrator dan moderator yang masing-masing tentunya memiliki kekuatan tersendiri.

Dari yang paling sederhana yaitu anggota grup, anggota grup Facebook yang Anda miliki tidak akan sendirian dan selalu ramai.

Administrator kedua grup. Administrator grup memainkan peran paling penting dalam grup. Kelola grup facebook yang meliputi pengaturan di grup, mengubah posisi anggota menjadi moderator atau bisa juga menjadi admin dan juga dapat menghapus statusnya.

Dan yang terakhir – admin juga memiliki kekuatan yang dimiliki moderator.

Lagi pula, kita sudah tahu cara membuat grup di ponsel atau laptop Android. Hal selanjutnya yang perlu kita ketahui sebelum membuat grup sebenarnya adalah tips agar grup Facebook yang dibuat tetap menarik.

Lalu bagaimana cara membuat grup Facebook menjadi lebih menarik? Berikut kami berikan tips cara membuat grup Facebook menarik.

Tips untuk grup Facebook yang sibuk

Sebelumnya akan diberikan sedikit penjelasan terlebih dahulu. Faktanya, kelompok membutuhkan lebih dari sekadar cara untuk menjadi menarik, seperti kelompok keluarga berbasis kelas atau apa pun.

Tapi kita berbicara tentang grup terbuka (umum), dan pasti orang tertarik untuk bergabung karena grup itu menyenangkan, bisa juga karena mereka memiliki hobi yang sama dan sebagainya.

Nah, sebenarnya ada beberapa poin penting untuk membuat grup Facebook yang Anda buat menarik dan banyak orang yang tertarik untuk bergabung. Berikut poin-poin pentingnya:

Baca juga: Cara Download Video di FB.

1. Memiliki beberapa moderator dalam grup

Memiliki moderator sangatlah penting, apalagi jika grup yang Anda buat sudah sangat ramai dan cukup aktif. Jangan lupa tunjuk moderator yang bisa kamu percaya, jangan ambil moderator, takut grup yang kamu buat dihina.

Baca juga:   3+ Cara Mengatur Kecerahan Foto di Photoshop: Lengkap

Fitur lain dari memiliki moderator adalah jika admin di grup tidak aktif atau offline, moderator dapat mengubah posisinya agar diskusi tetap berjalan.

2. Harus ada aturan yang jelas

Kelompok harus memiliki aturan yang jelas, yang tujuannya adalah untuk membuat kelompok lebih terorganisir. Contoh aturan yang jelas, misalnya dilarang melakukan promosi yang bertentangan dengan tema grup.

Dilarang menggunakan bahasa yang tidak senonoh dalam grup, contoh lain, penyediaan tautan aktif di grup, dan banyak aturan lainnya juga dilarang.

3. Buat grup tertentu

Ini cukup menarik karena grup dapat lebih mudah menemukan anggota tertentu, contoh spesifik termasuk, misalnya, kami membuat grup dengan topik pecinta kucing atau pecinta ular. Bisa juga kelompok belajar, seperti kelompok belajar pemrograman atau yang lainnya.

Inti dari membuat grup dengan tema tertentu adalah untuk memastikan bahwa kita memiliki anggota grup yang aktif dan setia agar grup Facebook tetap sibuk dan aktif.

4. Admin grup harus tegas

Di grup Facebook, admin memiliki otoritas tertinggi di antara posisi lainnya. Jadi agar grup bisa dikelola, grup membutuhkan admin yang tegas dan aktif.

Ketat di sini, misalnya, adalah, misalnya, ada satu anggota dalam kelompok yang melakukan kesalahan. Kini peran pengurus untuk mengingatkan anggota yang melakukan kesalahan agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

Jika salah satu anggota melakukan kesalahan dan menyinggung perasaan anggota lainnya, dan admin tidak ikut campur, hal ini sangat tidak berbahaya bagi kerukunan dalam kelompok.

5. Memilih Jenis Grup yang Tepat

Ini adalah tips terakhir untuk membuat grup Facebook kita lebih menarik. Sangat disarankan agar Anda memilih jenis grup sesuai dengan ketentuan grup dan ketentuan administrator.

Baca juga:   8+ Cara Download Gambar & Foto Pinterest di HP & PC

Jika administrator sudah kewalahan dengan pemilihan anggota baru yang ingin bergabung, disarankan untuk memilih jenis grup tertutup. Jika ada banyak moderator yang dapat melakukan pekerjaan administratif, jika administrator dinonaktifkan dan moderator dapat memilih, Anda dapat memilih grup terbuka.

Contoh fungsi moderator aktif di grup – jika ada spammer di grup yang suka memposting hal-hal berkualitas rendah, moderator dapat menendang spammer.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang cara membuat grup facebook di hp atau laptop android yang bisa anda terapkan dengan mudah jika ingin membuat grup.

Dengan adanya grup facebook tentunya akan lebih mudah menjalin kekerabatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda. Semoga beruntung!.


https://storyforgeproductions.com