Ada dua jenis halaman penulisan di Microsoft Word, yaitu halaman buku dan halaman lanskap. Halaman potret ini adalah halaman default saat Anda membuka MS Word.

Halaman buku adalah halaman yang berdiri, sedangkan halaman lanskap adalah halaman yang diletakkan menyamping atau melintang.

Membuat halaman landscape di Word sebenarnya tidak sulit sama sekali. Menunya sendiri tersedia di toolbar bagian Layout, namun jika Anda masih bingung, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini.

Lihat juga: Cara mengatur margin di Word.

Cara mengubah orientasi halaman lanskap di Word

Cara merubah format halaman MS Word dari portrait ke landscape dan sebaliknya sebenarnya sangat sederhana. Ikuti langkah ini:

cara membuat pemandangan di word

Langkah pertama adalah membuka Microsoft Word di laptop Anda. Kemudian lihat pada toolbar, ada menu bernama “Page Layout”. Jadi pilih menu.

2. Klik Orientasi

cara membuat landscape di word 2

Setelah mengklik menu Page Layout, akan muncul beberapa pilihan menu lainnya yang terdapat pada Page Layout. Untuk mengubah halaman menjadi lanskap, klik Orientasi.

3. Pilih Lansekap

cara membuat landscape di word 3

Selanjutnya silahkan pilih lanskap. Setelah itu, halaman di desktop Word Anda akan menjadi miring, yaitu berdiri atau potret.

Kini tampilan halaman di Word menjadi miring atau landscape. Sebelumnya, Word menggunakan mode potret secara default.

Cara membuat lanskap halaman tertentu

Namun terkadang, untuk keperluan tertentu, ada orang yang hanya membutuhkan halaman tertentu pada dokumen MS Word yang berorientasi landscape.

Misalnya, semua potret, kecuali satu halaman di depan, dalam orientasi lanskap.

Membuat buku MS Word atau halaman lanskap pada halaman tertentu terlihat sulit, tetapi bukan berarti tidak mungkin.

cara membuat album di halaman tertentu di ms word 1

Nah pada kesempatan kali ini Technoinside akan memberikan tutorial cara membuat orientasi landscape pada halaman tertentu di MS Word.

Baca juga:   8 Cara Screenshot HP Android Semua Merk: Lengkap

Hal ini dimungkinkan karena kini fungsi MS Word semakin lengkap dan kompleks sesuai dengan keinginan penggunanya. Silahkan langsung simak panduan berikut ini.

Di sini saya berasumsi bahwa Anda sudah memiliki beberapa lembar MS Word yang sudah berisi teks dalam orientasi halaman potret.

Untuk membuat halaman tertentu dalam lanskap atau potret MS Word, ikuti langkah-langkah ini.

Lihat juga: Cara menampilkan margin di Word.

1. Blokir teks

Buka dokumen MS Word di mana Anda ingin membuat halaman tertentu hanya potret/lanskap. Harap blokir/sorot teks di halaman.

cara membuat album di halaman tertentu di ms word 2

2. Buat bidang khusus

Langkah selanjutnya setelah blok teks adalah membuat bidang khusus. caranya adalah dengan mengklik menu tersebut Tata Letak Halaman > Margin > Margin Kustom.

cara membuat album di halaman tertentu di ms word 3

3. Pilih orientasi lanskap

Di bagian dialog Pengaturan halamansilahkan membuat pengaturan di bagian Orientasi (pilih pemandangan) dan Terapkan ke (pilih teks yang disorot) seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut. Kemudian silahkan klik BAGUS.

cara membuat album di halaman tertentu di ms word 4

5. Selesai

Jika Anda melakukan ini, halaman akan berubah dari potret menjadi lanskap, dan halaman lainnya akan tetap potret.

cara membuat album di halaman tertentu di ms word 5

Kesimpulan

Nah, selain bisa digunakan secara terpisah, ternyata orientasi atau posisi kertas landscape dan portrait juga bisa digunakan secara bersamaan, seperti yang ditunjukkan oleh Teknoinside tadi.

Ini adalah tutorial kecil yang dapat diberitahukan oleh technoinside kepada Anda tentang cara membuat orientasi lanskap pada halaman tertentu di MS Word.

Kami berharap apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam memenuhi tugas yang diberikan kepada kami.

Anda juga dapat menggunakan metode ini saat Anda ingin hanya sebagian halaman yang menggunakan orientasi potret.


https://storyforgeproductions.com