Apakah Anda yakin Anda tahu file ISO? Pernahkah Anda mencoba membuka file ISO tanpa menggunakan aplikasi? Saya pikir kalian tidak bisa begitu saja membukanya.

Ada cara khusus untuk membuka dan melihat konten file berformat ISO tanpa menggunakan perangkat lunak. Tapi sebelum kita sampai ke langkah ini, mari kita definisikan dulu apa dan bagaimana file ISO dibentuk.

Bayangkan sebuah kotak berisi berbagai gambar Lego, ini adalah cara termudah untuk menggambarkan file ISO.

Ekstensi ini adalah sekumpulan file berbeda yang ditempatkan di satu tempat dan dapat digunakan jika digabungkan satu sama lain seperti Lego. Kita dapat mengatakan bahwa jenis file ini adalah “kembar” dari ekstensi RAR dan ZIP, tetapi dengan beberapa perbedaan.

File ISO biasanya diperoleh dari data yang diambil dari CD atau DVD. Ini sangat berguna karena memungkinkan kita untuk membaca dan membuka data tanpa melihat DVD-ROM.

Selain itu, kita juga dapat menggunakannya untuk membuat cadangan data penting kita. Sederhananya, file ISO adalah salinan atau cadangan data dari CD atau DVD.

Lihat juga: Cara mem-boot Windows.

Sebenarnya sangat mudah untuk membuat dan membuat salinan file ISO dari DVD. Ada banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membantu pekerjaan ini. Sebut saja Easy CD Creator Roxie, Nero Burning ROM, CDBurn dan masih banyak lagi.

Tapi ini bukan pembahasan utama artikel ini, saya akan memberi tahu cara mudah membuka file SO di laptop.

Cara membuka file ISO di PC laptop

Padahal saya bilang tidak ada aplikasinya, nyatanya aplikasi itu tetap dibutuhkan. Dan karena itu, saya yakin itu harus ada di hampir setiap komputer.

Baca juga:   Daftar Lengkap Tarif Listrik Terbaru 2022, Siap-Siap Ada yang Naik!

Jadi saya berani bilang tanpa menggunakan software. Di bawah ini adalah panduan untuk membuka file ISO di Windows 10, 8 dan Windows 7.

Penting

Sebelum anda membukanya pastikan anda sudah mendownload dan menginstal winrar, berikut link downloadnya. Dapat diinstal pada laptop secara gratis.

1. Siapkan file ISO

Pertama, siapkan file ISO yang akan kita buka. Mungkin file yang berisi installer Windows, game atau foto, dan lain-lain.

2. Buka Atur

Buka Windows Explorer, lalu klik Atur dan pilih Folder dan Opsi Pencarian.

cara membuka file iso tanpa aplikasi

Lihat juga: Cara membakar file ISO.

3. Tampilkan ekstensi file

Setelah jendela baru terbuka, pilih tab Lihat dan hapus centang Sembunyikan ekstensi untuk jenis file yang dikenal, lalu OK. Hal ini dilakukan agar kita dapat dengan mudah mengubah ekstensi file.

cara membuka file iso tanpa aplikasi

4. Ganti nama file ISO

Kemudian cari file ISO yang ingin dibuka, seperti yang saya katakan tadi ISO pada dasarnya seperti ZIP dan RAR.

Untuk melakukan ini, ganti nama (ubah nama) file ISO dan ubah ekstensi .iso menjadi .rar. Saat konfirmasi muncul, klik Ya.

cara membuka file iso tanpa aplikasi

Lihat juga: Cara membuka file ZIP.

5. Ekstrak file

Setelah itu, file ISO akan berubah menjadi file RAR. Untuk membuka konten, kita hanya perlu mengekstraknya seperti biasa.

Klik kanan pada file RAR > “Extract Here” dan seluruh isi file akan terhapus.

cara membuka file iso tanpa aplikasi

Setelah membaca artikel di atas, Anda pasti sudah paham apa itu file ISO dan bagaimana cara membuka file ISO tanpa menggunakan aplikasi. Jika ada yang bingung dan masih belum mengerti panduan ekstraksi file ISO di atas, silahkan berkomentar.


https://storyforgeproductions.com