Saat ini penggunaan alat-alat elektronik seperti komputer semakin meningkat dan memegang peranan yang sangat penting. Hal ini berdampak sangat besar, terutama bagi pekerja kantoran yang membutuhkan komputer untuk melakukan beberapa pekerjaan di kantor.

Komputer sendiri memiliki banyak fungsi dan dapat mempermudah pekerjaan penggunanya.

Untuk memantau kinerja komputer secara keseluruhan, komputer biasanya dilengkapi dengan aplikasi bawaan yang memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengontrol aktivitas yang dilakukan di komputer.

Misalnya, pada komputer yang menjalankan sistem operasi Windows, secara default, aplikasi dari Microsoft diinstal bernama Pengelola tugas.

Pengelola tugas ini memiliki beberapa fitur di komputer. Beberapa fitur Task Manager adalah untuk dapat melihat user atau user yang sedang online (asumsi user harus berada di jaringan yang sama).

Baca juga: Cara mengganti password di laptop.

Selain itu, juga dapat mengurutkan dan mengelola jendela aplikasi yang aktif, dapat mengirim pesan singkat ke pengguna lain di jaringan lokal, melihat aplikasi mana yang paling banyak memakan sumber daya CPU, membatasi penggunaan aplikasi tertentu, dan sebagainya.

Cara membuka task manager di laptop

Karena banyaknya fungsi dari task manager ini, pada kesempatan kali ini Teknoinside akan memberikan panduan untuk cara membuka task manager dengan mudah.

Anda dapat menggunakan panduan ini untuk membuka Task Manager di perangkat komputer Windows 7, 8, dan 10 Anda.

1. Melalui bilah tugas

cara membuka pengelola tugas

Berikut langkah-langkah untuk membuka Task Manager melalui taskbar di Windows:

  1. Pertama, nyalakan komputer atau laptop Anda dan biarkan berjalan hingga semua program dimulai.
  2. Kemudian arahkan mouse Anda ke bilah tugas di bagian bawah layar komputer Anda.
  3. Jika kursor sudah berada di taskbar, lanjutkan dengan klik kanan, lalu pilih Pengelola tugas.
  4. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke aplikasi task manager yang telah berhasil Anda buka.
  5. Sekarang Anda dapat mulai memantau dan memantau semua aplikasi dan proses yang berjalan di komputer atau laptop Anda.
Baca juga:   7 Cara Cheat Game PPSSPP di Android: Semua Game PSP

2. Menggunakan papan ketik

Berikut cara membuka Task Manager dengan pintasan keyboard:

  1. Seperti biasa, nyalakan dulu komputer atau laptop Anda dan tunggu semua program dijalankan.
  2. Setelah itu, tekan 3 tombol keyboard ini secara bersamaan: CTRL+SHIFT+ESC.
  3. Setelah itu Anda akan diarahkan ke aplikasi Pengelola tugas yang telah berhasil Anda buka.
  4. Kini Anda dapat dengan mudah dan leluasa mengontrol dan memantau semua aktivitas yang dilakukan di komputer atau laptop Anda.

Selain kontrol, dengan bantuan task manager ini, Anda juga dapat memantau dan memantau berbagai aktivitas berbagai proses dan aplikasi yang berjalan di komputer Anda.

Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat mendeteksi aplikasi dan proses mencurigakan yang berjalan di komputer Anda dan menghentikan aplikasi atau proses tersebut sebelum menimbulkan masalah pada komputer Anda.

3. Melalui menu “Jalankan”

cara membuka taskmgr

Berikut cara membuka task manager dengan program RUN din Windows:

  1. Langkah pertama ketik WIN+R.
  2. Setelah itu ketik taskmgr dan klik OK.
  3. Setelah itu, task manager akan terbuka dan Anda dapat menggunakannya.

4. Melalui baris perintah (CMD)

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan CMD atau command line bukan? Sekarang Anda juga dapat membuka pengelola tugas ini dengan perintah yang dijalankan melalui CMD. Bagaimana:

  1. Buka Command Prompt (CMD) dalam mode Run as Administrator.
  2. Masukkan perintah “taskmgr”(tanpa tanda kutip).
  3. Jika Anda mengklik Untuk masuk.

5. Melalui direktori Windows

Kita tahu bahwa task manager ini adalah sebuah program di Windows. Karena Task Manager adalah sebuah program, tentu saja program tersebut disimpan dalam direktori tertentu.

Nah, Anda bisa membuka task manager ini melalui direktori tempat menyimpan program ini. Program pengelola tugas ini disimpan di direktori C:\Windows\System32.

Baca juga:   5 Cara Konfigurasi STB IndiHome Telkom (Settingan Lengkap)

Di direktori ini, cukup cari Pengelola tugas. Jika sudah ketemu, klik saja 2 kali.

Baca juga: Cara Upgrade RAM Laptop.

6. Menggunakan kotak pencarian

Semua versi Windows tentunya memiliki fungsi untuk mencari file dan program di Windows. Nah, Anda juga bisa menggunakan fitur pencarian atau search ini untuk membuka Task Manager.

Yang harus Anda lakukan adalah masuk “Pengelola tugas” lalu tekan Untuk masuk. Setelah itu, cukup klik dua kali pada program pengelola tugas yang ditemukan.

Kesimpulan

Task Manager adalah salah satu program Windows untuk mengelola aplikasi yang sedang berjalan dan memainkan peran penting dalam sistem Windows. Nah, Anda bisa membuka Task Manager ini dengan menggunakan cara-cara yang sudah saya jelaskan di atas.

Ini adalah panduan yang dapat diberikan Teknoinside kepada Anda tentang cara membuka Task Manager di Windows 7/8/ dan Windows 10 di komputer, PC, dan laptop Anda.

Task Manager merupakan salah satu hal yang penting dan sering dibuka di laptop, jadi diharapkan Anda bisa membukanya. Jika ada cara yang masih membingungkan, atau ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tanyakan di kolom komentar apa yang ingin ditanyakan.


https://storyforgeproductions.com