Task Manager adalah perintah yang memungkinkan Anda untuk melihat proses apa yang sedang berjalan di komputer Anda. Task Manager memungkinkan kita untuk menghentikan suatu proses secara paksa ketika komputer mengalami lag atau slow.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk masuk ke program task manager di Windows ketika shortcut tidak berfungsi, tetapi banyak non-profesional yang tidak mengetahui hal ini.

Lihat juga: pintasan keyboard.

Cara membuka pengelola tugas

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang cara membuka task manager untuk semua versi windows. Simak ulasan berikut ini.

1. Kombinasi tombol CTRL+ALT+DEL

Cara membuka pengelola tugas

Bagi pengguna komputer pasti sudah sering membuka Task Manager dengan shortcut. Ctrl+Alt+Delkarena sejak Windows Vista dirilis, Windows telah menggunakan perintah Ctrl+Alt+Delyang secara otomatis akan membawa Anda ke Windows Start Task Manager.

Dan tidak hanya itu, tetapi menekan pintasan Ctrl+Alt+Del akan membawa Anda langsung ke menu utama keamanan Windows. Ada lima opsi berbeda di menu utama, yaitu “Task Manager”, serta “Kunci”, “Ubah Pengguna”, “Logout” dan “Ubah Kata Sandi”.

2. Pintasan keyboard CTRL+SHIFT+ESC

cara membuka pengelola tugas dari keyboard

Selain shortcut keyboard Ctrl+Alt+Del, terdapat shortcut keyboard lain untuk membuka Task Manager yaitu dengan menekan tombol Ctrl+Shift+Esc.

Selain membuka Windows Task Manager saat menggunakan Remote Desktop, Anda juga dapat menggunakan pintasan Ctrl+Shift+Esc untuk masuk ke Windows Task Manager saat bekerja secara lokal.

3. Klik kanan pada bilah tugas.

cara membuka pengelola tugas

Mungkin cara ini dianggap sangat cepat untuk membuka Task Manager Windows, karena hanya dengan klik kanan bilah tugas /Logo Windows di bawah dan pilih opsi Luncurkan pengelola tugasmaka anda akan langsung dibawa ke menu task manager dalam waktu singkat.

Baca juga:   8+ Aplikasi Virtual DJ di Laptop PC Terbaik 2022

Tentu saja, Anda dapat membuat skrip Autohokey untuk membuka Windows Task Manager lebih cepat dengan mengklik tombol.

4. Jalankan “taskmgr”

jalankan perintah taskmgr

Memesan Lari itu adalah perintah yang dapat mengakses semua folder dan perintah tertentu. Anda juga dapat membuka program tertentu dengan perintah Run ini, seperti membuka Command Prompt, Registry Editor, Calculator, dll.

Anda dapat membuka perintah Jalankan dengan mengklik pintasan Windows+R secara bersamaan atau aktifkan perintah “Run” di menu “Start”.

Atau Anda dapat membuka perintah Run dengan mengklik tombol Windows atau Start, lalu pilih Semua programlalu pilih folder Aksesoris dan pilih perintah Lari.

Jika perintah Run sudah terbuka, Anda hanya perlu mengetikkan perintah “Pengelola tugas” (tanpa tanda kutip) pada kotak dialog Run dan tekan Enter.

melalui menu mulai

Anda juga bisa membuka Task Manager Windows menggunakan start menu, namun cara ini cukup panjang yaitu dengan cara klik start menu, lalu klik Semua program (Jika Anda menggunakan Windows 10, klik Semua Aplikasi), klik folder sistem Windows, dan pilih Pengelola Tugas.

6. Jalankan Taskmgr.exe

melalui folder windows

Seperti halnya nomor 5, untuk masuk ke menu Windows Task Manager, cara ini cukup panjang, namun jika pilihan Anda hanya menjalankan perintah ini, maka lebih baik memulai daripada tidak memulai sama sekali.

Triknya buka menu penjelajah jendela dan pergi ke file C:\Windows\System32 dan gulir mouse Anda ke bawah hingga Anda menemukan file taskmgr.exe dan kemudian klik dua kali file tersebut. Lokasi file taskmgr.exe sama di semua versi Windows terbaru.

7. Pintasan Taskmgr.exe

Cara membuka pengelola tugas

Cara terakhir untuk membuka Windows Task Manager adalah dengan membuat shortcut di desktop. Caranya adalah dengan klik kanan pada desktop komputer Anda, lalu pilih New, lalu klik shortcut tersebut dan Anda akan dibawa ke jendela baru.

Baca juga:   6+ Cara Mengubah PDF ke JPG Online & Offline: Lengkap

Pilih file mana yang akan dibuat pintasannya, masukkan jalurnya C:\Windows\System32 dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan file taskmgr.exe.

Klik kanan > buat pintasan, lalu klik OK, masukkan nama pintasan yang Anda buat, dan klik Selesai. Pintasan pengelola tugas sudah siap.

8. Melalui CMD

Selanjutnya kita bisa melakukan cara membuka task manager melalui cmd dimana kita hanya perlu membuka cmd. Kemudian ketik taskmgr dan tekan Enter. Kemudian task manager akan terbuka sendiri.

9. Windows+X

cara membuka pengelola tugas

Langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah menekan tombol di keyboard Anda. Windows + X. Kemudian pilih Task Manager, itu akan membuka Task Manager.

Cara membuka pengelola tugas

Task manager sendiri sama dengan software lain di komputer dan laptop. Artinya, kita juga dapat mencarinya dengan lebih mudah menggunakan fungsi pencarian di menu mulai. Caranya klik start menu, lalu ketik Pengelola tugasdan setelah hasilnya muncul, kamu tinggal tekan Enter untuk membukanya.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk membuka Task Manager, program Task Manager untuk melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan di laptop atau komputer Anda.

Dengan task manager ini kita bisa melihat dan mengontrol aplikasi yang sedang berjalan.

Baca juga: Cara mengganti password di laptop.

Sekian artikel kecil yang telah saya berikan tentang cara membuka task manager di laptop, beberapa cara diatas jelas sangat efektif, namun jika anda sedang menghadapi serangan virus, anda bisa memilih cara yang paling tepat.


https://storyforgeproductions.com