Kegiatan Percetakan – Percetakan merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan banyak orang saat ini. Karena hari ini sangat mudah untuk mencetak semuanya.

Hal ini didukung dengan tersedianya teknologi dan alat yang dapat mencetak sesuatu dengan cepat, seperti printer. Printer adalah alat keluaran yang sering digunakan untuk mencetak dokumen atau gambar di atas kertas.

Baca juga: Cara Mencetak dari HP ke Printer.

Itulah mengapa printer ini sangat penting untuk menjalankan sebuah perusahaan. Ada banyak jenis printer ini dan harganya juga bervariasi. Saat ingin membeli printer tentunya akan bingung bagaimana memilih printer yang bagus.

Nah, kali ini Teknoinside akan membagikan beberapa tips memilih printer yang bagus. Langsung saja simak tipsnya berikut ini.

Bagaimana memilih printer yang bagus?

Khusus untuk pelajar dan pekerja kantoran, tentunya memiliki printer akan membuat pekerjaan menjadi sangat cepat dan mudah. Namun untuk membeli printer, Anda perlu memperhatikan tips berikut ini.

1. Pilih printer nama merek

Ada banyak merek printer di pasaran. Dari merek terkenal hingga merek yang kurang dikenal. Namun, sangat disarankan jika Anda ingin membeli printer, pilih hanya merek yang terkenal.

Karena biasanya printer merk terkenal kualitasnya bagus, dan merk printer ternama juga sudah teruji kualitasnya.

Beberapa merek printer yang Teknoinside rekomendasikan untuk Anda beli adalah Canon, Epson, HP, dan beberapa merek printer lainnya yang sudah cukup lama eksis di dunia percetakan.

Anda dapat memilih salah satu merek printer yang direkomendasikan oleh Teknoinside sebelumnya. Namun Anda juga harus melihat spesifikasinya apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

2. Beli printer baru

bagaimana memilih printer yang tepat 2

Untuk tips berikut ini perlu Anda upayakan karena seperti yang sudah kita ketahui, printer merupakan peralatan atau perlengkapan yang sering mengalami kerusakan.

Baca juga:   6 Cara Memasukan Video Ke PPT Powerpoint di Laptop (Lengkap)

Apalagi jika Anda tidak merawatnya dengan baik. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika Anda membeli printer second atau bekas yang kualitasnya sudah tidak bagus lagi.

Itulah mengapa sangat disarankan untuk membeli printer baru. Soal harga tidak perlu khawatir, karena harga printer saat ini terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Selain mendapatkan syarat yang baik, Anda juga akan mendapatkan garansi dari produsen dan distributor printer.

3. Beli printer dengan garansi panjang

cara memilih printer yang tepat 3

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan saat membeli printer adalah memperhatikan garansi. Jika garansi yang diberikan oleh distributor hanya berlaku sebentar, Anda bisa mencari printer lain yang masa garansinya lebih lama.

Masa garansi yang ditentukan menunjukkan keseriusan produsen dan distributor terhadap kualitas produk yang mereka produksi dan jual.

4. Periksa status printer terlebih dahulu

cara memilih printer yang tepat 4

Memeriksa status printer yang ingin Anda beli adalah salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Bahkan jika Anda membeli printer baru, Anda tetap harus melakukannya.

Karena printer baru juga bisa mengalami cacat atau malfungsi. Anda juga harus memeriksa apakah printer yang akan Anda beli berfungsi dengan baik.

5. Beli printer sesuai kebutuhan

cara memilih printer yang tepat 5

Selanjutnya, Anda harus memikirkan untuk apa Anda membeli printer. Jika Anda hanya membutuhkan printer untuk mencetak dokumen Excel atau Word saja dalam jumlah sedikit.

Kemudian Anda dapat membeli printer inkjet desktop dengan kartrid. Karena printer jenis ini sangat mudah perawatannya dan lebih awet.

Apalagi jika Anda menggunakan printer untuk mencetak dokumen dalam jumlah sedikit. Namun jika Anda membutuhkan printer multifungsi, maka sebaiknya Anda membeli printer jenis laser dengan tinta warna.

Lihat juga: Cara mencetak dalam hitam putih.

6. Perhatikan layanan purna jual

cara memilih printer yang tepat 6

Jika Anda sudah mengecek kondisi printer yang ingin Anda beli, maka Anda juga perlu memperhatikan layanan purna jual yang diberikan oleh distributor printer tersebut. Anda harus memilih distributor yang memberikan layanan purna jual yang baik.

Baca juga:   8 Cara Mengatasi Subtitle Hilang di Gom Player (Work 2022)

Karena datang dengan waktu ketika Anda membuat klaim garansi dan menangani printer Anda jika terjadi kerusakan. Dengan layanan purna jual yang baik, Anda akan merasa lebih nyaman.

7. Kualitas cetak printer bagus

cara memilih printer yang tepat 7

Saat memilih printer, Anda juga harus memperhatikan kualitas cetak printer. Sekarang sudah banyak printer dengan kualitas konvensional hingga kualitas foto. Untuk kualitas yang baik, mereka biasanya memiliki seri “Foto/Gambar”, seperti Epson Stylus Photo R2000.

Perbedaan antara printer konvensional dan kualitas foto adalah printer foto mana yang menghasilkan hasil yang lebih baik saat mencetak gambar. Namun Anda tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan pencetakan Anda.

8. Kecepatan cetak

cara memilih printer yang tepat 8

Anda juga harus memperhatikan kecepatan cetak printer yang akan Anda beli. Jangan biarkan kecepatan cetak printer menjadi sangat lambat, karena dapat mengganggu pekerjaan Anda. Terutama bagi Anda yang ingin memulai bisnis percetakan.

Namun jika Anda tidak terlalu membutuhkan kecepatan cetak yang cepat, maka saat membeli printer, poin ini bisa diabaikan. Jika hanya digunakan sendiri, tentunya tidak membutuhkan printer berkecepatan tinggi.

9. Tanyakan tentang umur panjang printer

cara memilih printer yang tepat 9

Sebagai pembeli printer, sebaiknya Anda menanyakan tentang keawetan printer yang akan Anda beli. Karena beberapa printer cepat rusak, kerusakan biasanya terjadi pada kartrid yang memiliki masa pakai yang singkat.

Harga cartridge sendiri sangat mahal, jadi sebaiknya tanyakan dulu ketahanan printernya. Agar tidak menyesal membeli printer nantinya.

10. Membeli printer di dekat kita

cara memilih printer yang tepat 10

Saat membeli printer, Anda harus melihat dulu di sekitar kita atau di kota tempat kita tinggal. Jadi jika terjadi kerusakan, Anda bisa dengan mudah mendapatkan garansi pada printer tersebut.

Sehingga ketika ada masalah dengan printer yang baru saja anda beli, anda dapat dengan mudah melakukan komplain atau komplain ke tempat/toko tempat anda membeli printer tersebut.

Baca juga:   10 Aplikasi Launcher Android Terbaik 2022: Gratis, Ringan

Kesimpulan

Printer merupakan salah satu alat bantu yang banyak digunakan, jadi sebaiknya kita tidak membeli printer saja. Nah, beberapa tips di atas bisa Anda terapkan saat ingin membeli printer baru.

Demikian artikel dari Teknoinside dengan tips memilih printer berkualitas baik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli printer. Dengan beberapa tips yang telah Teknoinside berikan di atas, kini Anda bisa membeli printer yang bagus dan tentunya akan merasa aman. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.


https://storyforgeproductions.com