Seperti yang kita ketahui, saat ini laptop merupakan salah satu barang yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Karena dengan menggunakan semua laptop maka pekerjaan yang kita lakukan akan lebih mudah dan cepat.

Namun bagaimana jika salah satu komponen hardware mengalami kerusakan? Tentu hal ini akan mempengaruhi kinerja perangkat secara keseluruhan, bukan? Pastinya akan membuat kita merasa tidak nyaman.

Apalagi jika kita dikejar oleh deadline pekerjaan, tentunya masalah ini akan mengganggu pekerjaan Anda. Selain itu, itu juga harus membuat Anda pusing atau bahkan frustrasi.

Biasanya salah satu komponen laptop yang sangat rawan rusak adalah keyboard. Dimulai dengan tombol yang memasukkan karakter yang salah tidak berfungsi sebagian atau bahkan tidak berfungsi sepenuhnya.

Dan untuk memperbaiki keyboard yang rusak tentunya kita harus mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Entah itu terkena debu, percikan air atau yang lainnya.

Namun tidak jarang keyboard langsung tiba-tiba tidak berfungsi. Jadi alasannya tidak jelas dan kami tidak tahu apa solusinya. Nah, kalau sudah begini, apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah ini?

Untuk memperbaiki bug atau keyboard yang rusak, Anda dapat mencoba beberapa tips. Bahkan para pemula dapat menggunakan metode ini untuk mengembalikan keyboard mereka menjadi normal kembali.

Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi

Jika Anda juga menghadapi masalah yang sama, berikut adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba. Dengan melakukan beberapa pemeriksaan, Anda dapat mengetahui penyebab keyboard rusak dan cara memperbaikinya.

1. Nyalakan kembali laptop Anda

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Jika keyboard di laptop Anda rusak dan tidak berfungsi dengan baik, Anda disarankan untuk mencoba me-restart laptop Anda terlebih dahulu.

Karena dengan me-restart laptop dapat mengembalikan fungsi keyboard laptop dengan baik. Selain itu, me-restart laptop juga mudah.

Anda hanya perlu klik menu Start, lalu pilih opsi Restart. Selanjutnya, proses reboot akan dimulai dan kita tinggal menunggu sampai selesai.

2. Matikan kunci digital

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Salah satu hal lumrah yang sering menyebabkan keyboard error. Dimana kita tidak sengaja mengaktifkan fungsi Num Lock. Apa konsekuensinya? Biasanya saat fungsi ini aktif, saat kita menekan tombol keyboard, karakter yang ditampilkan akan berbeda.

Baca juga:   Cara Monetisasi Menghasilkan Uang dari Snapchat

Hal ini tentu saja dapat membingungkan kita, karena hasil pengetikan dan sesuai dengan apa yang kita klik. Namun jangan khawatir, karena sangat mudah untuk mengatasinya. Kita hanya perlu menonaktifkan fitur Num Lock yang aktif.

Bagaimana? Silakan coba tekan tombol Fn + NumLk lalu periksa apakah keyboard sudah kembali normal. Pada beberapa jenis laptop, Anda juga dapat mencoba kombinasi CapsLk + NumLk untuk menonaktifkannya.

3. Cari tombol yang rusak

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Saat Anda mengalami masalah dengan keyboard laptop Anda yang rusak, tidak ada salahnya untuk memeriksa tombol mana yang tidak berfungsi. Karena biasanya hanya beberapa tombol saja saat terjadi error.

Kita dapat melakukan tes ini dengan berbagai cara. Salah satu cara termudah adalah mengetik secara manual di Microsoft Word atau Notepad. Coba tekan tombol satu per satu sampai Anda menemukan yang tidak berfungsi.

Dan cara lain yang juga bisa Anda gunakan adalah dengan menguji keyboard menggunakan aplikasi. Atau bisa juga menggunakan layanan online seperti Keyboard Tester.

4. Periksa Driver Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Setiap komponen perangkat keras laptop, seperti keyboard, biasanya membutuhkan driver untuk bekerja dengan baik. Jika driver yang kita gunakan tidak kompatibel dengan sistem, keyboard tidak akan berfungsi.

Coba periksa melalui Control Panel > Device Manager. Kemudian pilih pada keyboard, akan ada driver yang terinstall. Kami perlu memastikan bahwa driver cocok atau dalam versi terbaru.

Sekarang Anda dapat mengklik kanan pada salah satu driver, pilih Perbarui untuk memperbaruinya. Atau anda juga bisa memilih untuk uninstall kemudian restart laptop anda agar driver otomatis terinstall kembali.

5. Pulihkan sistem laptop Anda

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Jika diperhatikan, kerusakan keyboard laptop sebenarnya adalah masalah yang cukup sederhana. Namun, itu juga dapat berdampak besar pada produktivitas kita. Mengapa? Karena dapat mengganggu pekerjaan Anda.

Salah satu penyebab keyboard laptop rusak juga bisa karena kesalahan pengguna. Ini menyebabkan kesalahan pada sistem dan membuat keyboard tidak dapat dioperasikan.

Jika demikian, apa yang harus kita lakukan? Salah satu tips termudah adalah melakukan pemulihan sistem. Mengapa? Karena dengan melakukan system restore, kita bisa mengembalikan keadaan sistem ke saat keyboard tidak mengalami error.

Baca juga:   4+ Cara Menyembunyikan Status WhatsApp: Lengkap

Ibarat mesin waktu, kita bisa kembali ke masa ketika keyboard masih normal. Dengan cara ini, jika terjadi kesalahan penggunaan, dapat dipulihkan dengan sangat mudah menggunakan Pemulihan Sistem.

6. Bersihkan keyboard Anda secara teratur

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Seperti yang kita ketahui, keyboard merupakan komponen penting dari sebuah laptop. Karena dengan bantuan keyboard, Anda dapat dengan cepat mengetik atau memasukkan berbagai perintah.

Oleh karena itu, kita juga harus menjaga agar keyboard tidak cepat rusak. Salah satunya adalah dengan membersihkan keyboard secara rutin.

Ini sangat penting untuk pengoperasian keyboard yang benar. Selain itu, Anda juga dapat membersihkan keyboard kapan saja Anda memiliki waktu luang.

Atau, Anda juga dapat membersihkan keyboard hanya menggunakan kain lembut atau handuk kertas. Dengan cara ini, debu atau kotoran lain yang terkumpul selama penggunaan dapat dihilangkan.

Jangan malas untuk menjaga kebersihan keyboard, karena dengan jumlah kotoran yang banyak dapat menyebabkan error. Jika perlu, bersihkan bagian dalam agar debu yang masuk juga ikut hilang.

7. Periksa konektor keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Untuk tips berikut, ini membutuhkan sedikit pengalaman. Kita perlu memeriksa apakah konektor keyboard dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar. Kemungkinan masalahnya ada di konektor, sehingga keyboard tidak berfungsi.

Tetapi jika Anda benar-benar awam, maka Anda harus membawanya ke layanan. Karena untuk mengecek konektor harus membongkar laptop, dan ini juga beresiko jika kita tidak tahu caranya.

8. Gunakan keyboard di layar

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Terkadang beberapa tombol pada keyboard laptop Anda tidak lagi berfungsi dengan baik. Meski sudah kami coba perbaiki, tapi memang komponennya rusak.

Namun, jika perlu diganti dengan yang baru, kami tidak dikenakan biaya. Lalu apa solusinya? Caranya sangat mudah, kita bisa mengganti fungsinya dengan on-screen keyboard di laptop Anda.

Mungkin seseorang mendengar ini untuk pertama kalinya. Apa fungsi keyboard di layar ini? Ini pada dasarnya sama dengan keyboard, tetapi perbedaannya terletak pada layar laptop Anda.

Anda dapat menggunakannya sebagai alternatif untuk menangani tombol yang tidak dapat digunakan. Jadi, dengan keyboard di layar ini, Anda dapat terus menggunakannya hingga Anda memiliki uang untuk mengganti komponen baru.

Baca juga:   5+ Cara Update Windows 10 Terbaru 2022: Lengkap

9. Gunakan keyboard eksternal

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Jika laptop Anda memiliki tombol yang tidak berfungsi, Anda dapat menggantinya dengan keyboard eksternal. Ini adalah salah satu solusi termudah untuk menghalangi pekerjaan Anda.

Dengan menggunakan keyboard eksternal, kami tetap dapat bekerja dengan sempurna dan tepat waktu. Kita dapat membelinya dari toko perlengkapan komputer dan langsung terhubung melalui USB atau nirkabel.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan keyboard eksternal dan Anda memilih model yang sesuai dengan keinginan Anda. Jadi kita bisa memilih mana yang nyaman digunakan.

10. Ganti Komponen Keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Setiap komponen pasti memiliki umurnya masing-masing. Jika digunakan untuk waktu yang lama, itu pasti akan rusak suatu hari nanti. Jika ini terjadi, maka kita bisa menggantinya dengan komponen baru.

Anda bisa langsung membawanya ke service center komputer/laptop. Di sana Anda dapat langsung meminta perbaikan dan penggantian komponen keyboard. ini adalah cara terbaik untuk mengembalikan tombol yang rusak menjadi normal.

11. Bawa ke service center

Cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak

Jika Anda telah menerapkan berbagai metode untuk memperbaiki tombol keyboard, tetapi masih tidak berhasil. Maka hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membawa laptop Anda ke service center terpercaya di daerah Anda.

Tip ini sangat dianjurkan jika Anda seorang non-profesional. Kami dapat segera mentransfer perbaikan tombol laptop ke spesialis. Karena jika orang biasa membongkarnya dengan sembarangan, itu bisa menjadi lebih buruk.

Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih service center yang terpercaya. Lebih tepatnya, Anda bisa datang ke service center resmi merek laptop Anda.

Seperti, ada begitu banyak cara berbeda yang bisa Anda gunakan, bukan? Jadi, bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak. Dengan cara ini, tombol error dapat diatasi dan pekerjaan Anda tidak terganggu serta dapat diselesaikan dengan cepat.

Kami berharap tips di atas akan membantu menyelesaikan masalah kami. Jika ada yang memiliki kritik, saran, atau pertanyaan tentang artikel di atas, tulis di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com