Ada beberapa masalah ketika kita memulai komputer. Salah satu masalahnya adalah aplikasinya lambat atau komputer sering macet saat dijalankan.

Hal ini biasanya terjadi karena aplikasi atau software yang dijalankan terlalu berat, sehingga jumlah RAM tidak mencukupi. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengupgrade RAM yang Anda gunakan.

Masalah dengan RAM yang tidak terbaca ini biasanya lebih terkait dengan hardware atau perangkat keras komputer.

Cara mengatasi RAM laptop tidak terbaca

Untuk mengatasinya, Anda bisa mempelajari cara memperbaiki RAM laptop yang tidak terbaca yang akan dibahas Teknoinside di artikel selanjutnya.

1. Bersihkan kontak RAM

bersihkan kontak laptop

Salah satu masalah yang menyebabkan RAM tidak dapat terbaca oleh laptop atau menyebabkan kerusakan RAM pada laptop adalah karena adanya debu atau kotoran pada pin RAM.

Apalagi jika laptop sering disimpan di atas meja dan tidak pernah tersimpan rapi di dalam tas. Hal ini tentu saja akan meningkatkan kemungkinan laptop tersebut terkenal dengan debu dan kotorannya.

Oleh karena itu, cara pertama untuk memverifikasi tanda tangan adalah dengan membongkar bagian belakang laptop terlebih dahulu dengan obeng. Kemudian keluarkan RAM dari slotnya.

Jika Anda telah membersihkan pin RAM emas dengan penghapus karet atau kain kering. Bersihkan hingga kontak RAM mengkilat kembali.

Lihat juga: Cara mengatur jam di laptop.

2. Kosongkan slot RAM

Jika Anda telah mengosongkan pin RAM tetapi tidak berhasil, Anda dapat mencoba metode kedua yaitu mengosongkan slot RAM. Karena bisa jadi slot RAM kotor karena terkena debu atau kotoran lainnya.

Anda dapat membersihkan slot RAM dengan kuas. Selain menggunakan kuas, Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya.

Baca juga:   Crack, Cara Insatal, 100% Work

3. Ubah sistem operasi

Sistem operasi juga dapat mempengaruhi RAM. Jika jumlah RAM bisa sesuai dengan sistem operasi yang digunakan, sistem operasi akan kesulitan membacanya oleh sistem.

Misalnya, Anda telah meningkatkan RAM menjadi 8 GB, tetapi sistem operasi yang Anda gunakan berjalan 32-bit.

Hal ini akan membuat sistem operasi kesulitan membaca jumlah RAM yang telah diupgrade atau diupgrade.

Oleh karena itu, solusi yang tepat untuk masalah tersebut adalah dengan memperbarui sistem operasi pada laptop Anda ke versi 64-bit.

Karena jika Anda mengupgrade RAM, Anda juga perlu mengupgrade softwarenya.

4. Pengaturan RAM

Jika masalah ilegal Anda belum teratasi, Anda dapat mengatur ulang RAM MSConfig. MSConfig memiliki fitur yang disebut “Memori Maksimum”.

Anda dapat menggunakan fitur “Memori Maksimum” untuk menambah RAM saat boot. Anda juga dapat memperbaiki RAM dengan MSConfig sebagai berikut.

  1. Masuk menu Mulai pada bilah alat.
  2. Temukan lalu buka aplikasi Lari.
  3. Jika demikian, masukkan MSConfig lalu tekan Untuk masuk.
  4. Nanti akan muncul menunya sistem konfigurasi. Pergi ke tab sepatu bot.
  5. Klik berikutnya Opsi Lanjutanlalu menu MEMUAT Opsi tambahan akan buka.
  6. Memeriksa Memori Maksimummengisi jumlah maksimum memori.
  7. Jika Anda menekan BAGUS.
  8. Akhir berlari lagi laptopmu.

Perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua jenis laptop bisa menggunakan cara ini. Oleh karena itu jika terjadi error pada laptop, maka cara ini tidak bisa digunakan pada laptop anda.

Anda dapat mencoba mengulangi hal yang sama seperti di atas tetapi mengembalikan semua pengaturan seperti sebelumnya atau pengaturan default.

Lihat juga: Cara memperbaiki memori yang tidak dapat dibaca.

5. Ganti RAM

Jika anda sudah mengikuti keempat cara diatas namun tidak ada perubahan, maka satu-satunya cara untuk mengatasi masalah RAM ini adalah dengan mengganti RAM laptop lama anda dengan RAM baru.

Baca juga:   8+ Aplikasi Virtual DJ di Laptop PC Terbaik 2022

Namun sebelum mengganti dengan RAM baru, sebaiknya benar-benar dicek dulu apakah yang bermasalah adalah RAM Anda atau bukan.

Caranya cukup mudah yaitu jika Anda dan teman Anda menggunakan RAM yang masih bagus, coba instal di laptop Anda.

Jika laptop bisa berkinerja baik, maka masalahnya memang ada di RAM laptop Anda. Di sisi lain, jika masih tidak terbaca di laptop, maka masalahnya ada di laptop itu sendiri.

Berikut cara mengatasi masalah RAM laptop. Semoga artikel yang diberikan oleh Teknoinside dapat membantu anda yang belum mengetahui cara memperbaiki RAM laptop yang tidak terbaca. Sekian dari teknoinside, semoga bermanfaat.


https://storyforgeproductions.com