Memperbesar ukuran file PDF ini diperlukan untuk kebutuhan atau tujuan tertentu. Hal ini dilakukan agar tampilan file PDF menjadi lebih baik dan tampilan halaman pada file PDF menjadi lebih jelas. Terutama untuk file PDF dengan resolusi rendah.

Kalau di foto biasanya kita ubah resolusinya menggunakan aplikasi edit foto seperti photoshop dan sejenisnya, bagaimana dengan PDF? Bagaimana cara memperbesar ukuran/resolusi?.

Lihat juga: Cara mengompres PDF.

Cara Meningkatkan Ukuran PDF Online

Untuk mempelajari cara memperbesar ukuran file PDF secara online, Anda dapat menggunakan situs yang disediakan berikut ini.

  • https://pdfresizer.com/resize
  • https://www.pdf2go.com/id/ubah-size-pdf
  • https://www.sejda.com/id/resize-pdf
  • https://docupub.com/pdfresize/
  • https://avepdf.com/en/resize-pdf

Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk memperbesar ukuran file PDF dengan mudah meski tanpa aplikasi. Nah, pada kesempatan kali ini Teknoinside akan membahas tentang cara memperbesar ukuran PDF.

Lihat juga: Cara meningkatkan resolusi foto.

Menggunakan Pengubah Ukuran PDF Situs

Ada banyak website yang didedikasikan untuk memperbesar dan mengompresi file PDF, salah satunya adalah PDFResizer.com. Situs ini memiliki banyak fitur untuk file PDF seperti memotong, memutar, mengubah, membagi, optimasi PDF dan banyak lagi.

Di website ini anda bisa mengubah ukuran file PDF secara online, ada 3 pilihan yang bisa anda gunakan yaitu Low, Medium, High dan High+. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menggunakannya.

1. Kunjungi situs web PDFResizer

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs web PDFREsizer, alamat situs webnya adalah pdfresizer.com. Silahkan buka atau kunjungi situs tersebut menggunakan browser yang biasa Anda gunakan.

Misalnya, saya menggunakan browser Google Chrome untuk mengunjungi situs tersebut. Anda dapat mengunjungi dari PC/laptop atau ponsel pintar.

2. Pilih file PDF

tingkatkan resolusi pdf dengan pdfresizer

Setelah Anda memasuki situs, Anda akan melihat beberapa menu di situs. Untuk mengubah ukuran PDF, Anda dapat menemukannya. Situs mengatakan Pilih filesilahkan klik Jelajahi untuk menemukan file PDF yang ingin Anda ubah ukurannya di PC/Laptop.

Baca juga:   10 Merk Laptop Terbaik Juli 2022: Awet dan Laris

Atau bagi kamu yang menggunakan HP, atur sendiri. Silakan temukan lokasi/folder file PDF yang ingin Anda ubah ukurannya.

3. Unduh PDF

tingkatkan resolusi pdf dengan pdfresizer 2

Setelah Anda memilih file PDF untuk mengubah ukuran atau menambah resolusi/ukuran, langkah selanjutnya adalah mengklik tombol Unduh file! Yang ada di bawah tombol browse tadi. Mengklik tombol akan mengunggah file yang Anda pilih sebelumnya untuk mengubah ukurannya.

4. Atur resolusinya

tingkatkan resolusi pdf dengan pdfresizer 3

Langkah selanjutnya adalah mengatur resolusi atau ukuran file PDF yang diunduh. Untuk memperbesar ukuran/resolusi file PDF, pilih tinggi+ (300dpi). Untuk set ukuran kertassilahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Anda dapat mengubahnya, atau tidak dapat diubah (biarkan nilai default). Setelah itu tekan tombol Terlihat bagus, dia ajaib.

Tunggu hingga proses resizing selesai, setelah itu akan muncul hasil dari proses tersebut. Anda bisa langsung menyimpan hasilnya ke PC/laptop Anda.

Penggunaan situs web Docupub

Situs lain yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi atau mengedit file PDF adalah Docupub. Di situs ini, Anda dapat menggabungkan PDF, mengubah ukuran PDF, dan mengompres PDF. Untuk mengubah ukuran pengaturan, ada beberapa opsi yang dapat Anda gunakan, Anda dapat mengurangi dan juga memperbesar.

Di bawah ini adalah langkah-langkah menggunakan situs Docupub untuk memperbesar ukuran file PDF:

1. Kunjungi situs web Docupub

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi docupub.com untuk mulai memperbesar PDF. Silahkan buka dengan browser utama yang sesuai. Anda dapat membukanya di laptop/komputer atau menggunakan ponsel.

Namun saya sarankan menggunakan laptop/komputer karena lebih mudah dan tampilannya juga lebih jernih.

2. Ubah Ukuran Pengaturan

tingkatkan resolusi pdf dengan docupub

Setelah Anda memasuki halaman docupub, Anda akan menemukan sejumlah pengaturan untuk mengubah ukuran atau menskalakan PDF. Berikut adalah arti atau tujuan dari setiap setting pada halaman tersebut:

  • Dimensi halaman: Digunakan untuk secara otomatis mengonversi file PDF ke file dengan ukuran tertentu. Dalam pengaturan ini, Anda dapat memilih potret atau lanskap sesuai keinginan.
  • Ukuran halaman khusus: Digunakan untuk konversi PDF manual. Unit di sini menggunakan perhitungan Inci, poin, milimeter sebaik sentimeter.
  • Timbangan: Digunakan untuk menyesuaikan skala dalam PDF (silakan periksa).
  • Batasi rasio aspek saat penskalaan: Digunakan untuk menyesuaikan skala PDF secara otomatis (silahkan cek saja).
  • Masukkan konten asli ke dalam: Digunakan untuk mengatur posisi file PDF, defaultnya adalah Centered.
Baca juga:   10+ Cara Mengatasi Lupa Password Gmail: Work 2022

3. Pilih file PDF

tingkatkan resolusi pdf dengan docupub 2

Setelah Anda mengaturnya sesuai keinginan Anda, langkah selanjutnya adalah memilih file PDF yang ingin Anda tingkatkan resolusinya. Silahkan klik Peramban / Jelajahi untuk mencari file di komputer/laptop atau penyimpanan HP Anda.

4. Unggah dan ubah ukuran

tingkatkan resolusi pdf dengan docupub 3

Setelah Anda memilih file PDF dari penyimpanan di PC/Laptop Anda, langkah selanjutnya adalah mengunduh dan mengubah ukuran file PDF. Setelah itu tunggu hingga proses selesai dan muncul hasil proses resizing.

Hasil dari file PDF tergantung pada pengaturan yang sebelumnya Anda atur sendiri. Jika Anda merasa hasilnya kurang tepat, Anda dapat mengubahnya dengan mengunggah ulang file PDF.

Menggunakan Adobe Photoshop

2 cara yang saya jelaskan tadi adalah cara tanpa aplikasi, tetapi hanya membutuhkan koneksi internet. Bagi anda yang tidak memiliki koneksi internet tetap bisa memperbesar ukuran PDF, cara memperbesar ukuran PDF di Photoshop.

Aplikasi ini adalah aplikasi edit foto yang kebanyakan orang tahu dengan cara ini. Namun sebenarnya photoshop juga bisa digunakan untuk memperbesar ukuran atau resolusi file PDF, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka file PDF di Photoshop

tingkatkan resolusi pdf dengan photoshop

Pertama-tama buka dulu aplikasi photoshop di laptop atau komputer anda. Jadi anda harus memiliki aplikasi photoshop ini terlebih dahulu, jika belum memilikinya download terlebih dahulu atau tanyakan pada teman yang memilikinya.

Setelah itu klik Mengajukan > membuka > pilih file PDF yang resolusinya ingin Anda ubah.

2. Pengaturan Photoshop

tingkatkan resolusi pdf dengan photoshop 2

Setelah Anda membuka file PDF, Anda akan menemukan beberapa opsi untuk menyesuaikannya. Nah, ini dia, atur semua pengaturan sebagai berikut:

  • Di kolom Untuk memilih untuk memilih Halaman.
  • memangkas untuk: Tolong pilih kotak pembatas (atau juga dapat disesuaikan).
  • Memeriksa menghaluskan (untuk menghaluskan garis).
  • Kemudian instal Lebar sebaik Tinggi sesuai dengan kebutuhan anda, karena disini kami ingin meningkatkan resolusinya silahkan anda tingkatkan nilainya. Jangan lupa untuk mengatur nilai parameter formulir Piksel hal ini lebih mudah.
  • Memeriksa Batasan proporsi untuk mengoreksi proporsi.
  • Untuk pengaturan lainnya, Anda bisa membiarkan nilai defaultnya saja. Atau Anda juga bisa menyesuaikannya dengan keinginan Anda.
Baca juga:   4 Cara Mengatasi Instagram Following Sendiri Otomatis 2022

3. Simpan file PDF

tingkatkan resolusi pdf dengan photoshop 3

Jika Anda telah menginstal seperti yang saya tunjukkan pada langkah sebelumnya, langkah selanjutnya adalah menyimpan file PDF yang dimodifikasi. Cara mengklik Mengajukan > pilih Simpan sebagai > dan pilih Photoshop PDF.

Jika jendela konfirmasi muncul, klik Simpan PDF.

tingkatkan resolusi pdf dengan photoshop 4

Setelah itu, Anda dapat mencoba membuka hasil yang diperoleh setelah menyimpan file di laptop atau komputer Anda.

Catatan. Metode ini paling baik untuk file PDF yang hanya berisi 1 halaman. Jika lebih dari 1 halaman, Anda harus mengulangi metode di atas untuk mendapatkan hasil yang serupa.

Kesimpulan

Dengan menggunakan ketiga cara di atas, Anda akan dapat memperbesar ukuran atau resolusi file PDF yang Anda butuhkan. Saat Anda memperbesar ukuran atau resolusi file PDF, gambar atau konten file PDF menjadi lebih tajam dan jernih dari sebelumnya.

Demikian panduan cara memperbesar ukuran file PDF online dan photoshop yang bisa Teknoinside berikan. Jika masih bingung dengan penjelasan dan panduan di atas, silahkan berkomentar di bawah, jangan sungkan untuk bertanya, terima kasih.


https://storyforgeproductions.com