Memiliki komputer atau laptop yang lemot pasti akan menghalangi kita untuk melakukan sesuatu di laptop atau PC kita. Apalagi saat kita sedang mengerjakan suatu tugas, laptop kita tiba-tiba mulai melambat, ini pasti sangat mengganggu.

Lambat terjadi tidak hanya ketika kita menggunakan komputer kita, komputer kita juga terkadang memiliki waktu loading yang lambat, hal ini pasti sangat mengganggu bagi anda yang kurang sabar.

Ada banyak faktor yang menyebabkan Windows 7. Faktor terpenting dalam proses booting Windows kami adalah perangkat lunak atau sistem operasi yang Anda gunakan, serta karakteristik perangkat keras yang Anda gunakan.

Untuk boot ke Windows 7 lebih cepat, Anda perlu membuat beberapa pengaturan di Windows.

Booting adalah proses awal ketika Anda menyalakan komputer atau laptop sebelum masuk ke desktop. Performa prosesor sangat mempengaruhi kecepatan.

Jadi jika Anda tidak ingin memperumit masalah, Anda hanya perlu mengupgrade perangkat keras seperti CPU, RAM dan motherboard menjadi lebih baik, ini akan meningkatkan kecepatan boot komputer Anda.

Tapi Anda harus menyediakan biaya upgrade prosesor Anda. Setiap orang pasti memiliki proses fastboot, terutama yang sudah ketergantungan dengan hal-hal yang ada di dunia komputer dan dunia maya.

Windows 7 sendiri memiliki beberapa jenis seperti Windows 7 Home Basic, Home Premium, Professional, dan Ultimate. Juga starter 32-bit dan 64-bit, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Baca juga: Cara Mempercepat Windows 10.

Jika Anda ingin Windows 7 Anda berjalan dengan cepat, gunakan sistem operasi yang sesuai dengan spesifikasi komputer atau laptop Anda.

Misalnya, jika laptop atau PC Anda memiliki spesifikasi “kentang” atau bahasa “jelek”, Anda memaksa boot Windows 7 dan sistem akan berjalan lambat.

Baca juga:   3 Cara Mencari dan Mengganti Kata di Word 2022

Cara Mempercepat Booting Windows 7

Bagi Anda yang tidak memiliki dana untuk melakukan upgrade, Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini agar Windows boot up lebih cepat. Bagaimana? Silahkan simak tips berikut ini.

1. Gunakan SSD

Cara paling efektif untuk membuat Windows 7 boot lebih cepat adalah dengan mengupgrade perangkat keras penyimpanan Anda. Anda menggunakan hard drive sebelumnya, maka Anda dapat mencoba menggunakan ssd sebagai tempat menjalankan OS Windows.

2. Nonaktifkan proses startup

Salah satu langkah untuk mempercepat loading Windows 7 adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background.

  • Buka menu Start Windows, pilih Run. Atau bisa juga menggunakan Win + R
  • Ketik “msconfig” di kolom “Run”, lalu tekan enter.
  • Pilih tab Startup, lalu hapus centang pada program Windows yang menurut Anda tidak penting dan tidak ingin dijalankan setelah proses pengunduhan selesai. Anda harus menonaktifkan Windows Firewall dan menjalankan antivirus karena kedua program ini penting untuk komputer Anda.
  • Anda kemudian pilih tab “Download”, lalu centang “No Boot with GUI”. Setelah itu, klik “Terapkan” dan tutup jendela mscnfig dengan mengklik tombol “OK”.

3. Defrag hard drive Anda

Mnedrag harddisk anda secara berkala memiliki tujuan tertentu, yaitu untuk menyusun ulang file dan data di komputer anda.

Anda tidak perlu khawatir tentang defragmenting karena Anda tidak akan kehilangan data apapun saat defragmenting windows.

Proses defragmentasi harddisk biasanya memakan waktu yang sangat lama, hingga beberapa jam tergantung banyaknya file yang ada di komputer anda.

Saya melakukan defrag pada komputer saya sendiri dan memakan waktu hingga 4 jam, kalau tidak salah, ini agar saya bisa merawat hardisk agar optimal.

Oleh karena itu, untuk mengurangi beban pada komputer, Anda harus menonaktifkan program lain sebelum mendefrag hard drive.

Baca juga:   11 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis

4. Ruang hard disk kosong minimum

Anda harus meninggalkan setidaknya 20% ruang kosong pada drive yang digunakan untuk menginstal sistem operasi Windows 7. Mengapa kita harus memberikan ruang kosong? Sehingga proses download lebih cepat dari sebelumnya.

Jika Anda menginstal sistem operasi Windows 7 di drive c dan ukuran drive c adalah 100 GB, Anda harus menyisakan setidaknya 20 GB ruang kosong di drive c.

Sebaiknya jangan simpan file yang sudah anda download ke drive c, simpan ke drive lain agar proses download lebih cepat.

5. Manfaatkan Pembersihan Disk Windows

Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan Windows, yaitu Disk Cleanup, untuk membersihkan file-file sampah di Recycle Bin, serta file-file sampah lainnya seperti file log, file-file sementara, dan file-file sampah lainnya.

File yang dihapus menggunakan Disk Cleanup akan dihapus secara permanen dari hard drive komputer Anda.

Akibatnya, ruang kosong di hard drive Anda akan bertambah dan, tentu saja, proses booting akan menjadi lebih cepat.

Jika aplikasi ini tidak tersedia di Windows Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi lain seperti CCleaner untuk menghapus file sampah.

6. Gunakan antivirus yang ringan

Jangan terlalu percaya pada program antivirus Anda. Program antivirus ringan terbaik yang memiliki kemampuan untuk secara otomatis mendeteksi virus dan menghapusnya.

Tetapi Anda tidak boleh sepenuhnya mempercayai perangkat lunak antivirus yang menyediakan pemindaian cepat. Lakukan pemindaian virus secara manual sebulan sekali.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang menyebabkan Windows 7 booting lambat. Biasanya karena spesifikasi perangkat keras yang tidak didukung atau kedaluwarsa. Oleh karena itu, perlu untuk memperbarui komponen agar optimal, tetapi ini tidak mengecualikan kemungkinan lain.

Berikut cara mempercepat booting windows 7 anda, jika mengikuti tips diatas kemungkinan besar laptop windows 7 anda akan booting lebih cepat.

Baca juga:   5 Cara Bermain Free Fire untuk Pemula gampang Booyah 2022

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan posting di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com