Semakin kesini, karakteristik teknis laptop yang ada semakin tinggi dan semakin baik. Maka dari itu kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan performa laptop dimana case laptop yang kita gunakan membuat terasa lemot dan loyo.

Untuk mengatasi laptop PC yang lemot atau lemot, ada beberapa hal yang bisa membuat laptop Anda berjalan lambat.

Cara meningkatkan performa laptop

Diantaranya virus, hardisk penuh, performa laptop kurang baik, RAM terlalu kecil, dan berbagai masalah lainnya.

Nah, kali ini Technoinside akan memberikan beberapa cara mempercepat laptop untuk meningkatkan performa PC laptop yang lemot.

1. Hapus file dari tempat sampah

cara mengosongkan tempat sampah

Sampah di tempat sampah laptop Anda dapat menyebabkan laptop Anda melambat. Jadi silahkan cek recycle bin anda, jika tidak ada data penting di dalamnya, hapus saja file-file tersebut dari recycle bin.

Triknya adalah klik kanan ikon tempat sampah > Keranjang kosong. Atau, jika lebih mudah bagi Anda, gunakan aplikasi pembersih seperti CCleaner.

2. Menggunakan Aplikasi Pembersih Sampah

aplikasi pembersih sampah

Langkah selanjutnya untuk anda gunakan aplikasi pembersih file sampah, aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang laptopnya banyak file sampah. Dan itu belum pernah dibersihkan sebelumnya.

3. Tambahkan memori virtual

cara mudah menambah ram laptop

Jika komputer Anda lambat, Anda dapat mencoba memori virtual khusus. Meski peran virtual memory tidak sebesar RAM, namun virtual memory dapat membantu Anda meningkatkan performa laptop Anda.

Baca juga : Cara Menambah RAM Laptop.

Anda dapat mengatur jumlah memori yang akan Anda gunakan. Berikut ini cara mengatur jumlah memori virtual:

  • Buka Panel Kontrol > Sistem dan Keamanan > Sistem. Atau Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Windows + Pause Break > Advanced system settings.
  • Setelah itu, pilih tab Advanced > pada menu Performance > Setting.
  • Kemudian pada tab Advanced > Virtual Memory > pilih Change.
  • Hapus centang “Kelola secara otomatis…”, lalu pilih “Ukuran khusus” dan tentukan jumlah memori virtual yang Anda inginkan. Jika sudah, klik “Instal” dan pilih “OK”.
Baca juga:   5 Cara Install Aplikasi di Luar App Store (AppCake)

4. Instal antivirus

antivirus avast

Ada kemungkinan laptop Anda berjalan lambat karena ada virus di dalamnya, jadi disarankan untuk menginstal aplikasi antivirus di dalamnya.

Anda harus menginstal antivirus yang tepat, jangan sampai Anda sembarangan menginstal antivirus dan membuat laptop Anda semakin lambat. Silahkan install antivirus yang handal dan sudah banyak orang yang menggunakannya.

5. Gunakan %temp%

menghapus data sementara di komputer

Langkah selanjutnya kita tekan win + r, lalu kita ketik %temp%, setelah itu akan muncul tab baru. Di mana kita bisa menghapusnya karena ini adalah data sementara, itu bisa digunakan untuk mempercepat disk agar kita tidak terlalu banyak menyimpan data yang tidak perlu.

6. Tingkatkan jumlah RAM dan hard drive

volume piston

Karena banyak proses yang berjalan pada waktu yang sama, kinerja laptop turun dan melambat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cara yang ampuh untuk mengupgrade atau menambah RAM pada laptop Anda.

Selain itu anda juga harus mengecek kapasitas hardisk anda, jangan sampai hardisk anda penuh karena bisa juga memperlambat komputer anda. Untuk berjaga-jaga, disarankan untuk menyiapkan hard drive eksternal.

7. Minimalkan program startup

Nonaktifkan program yang Anda anggap tidak penting yang dimulai di program startup. Jika aplikasi yang tidak diperlukan sedang berjalan saat Anda memulai program, komputer Anda mungkin menjadi lambat.

Oleh karena itu, harap nonaktifkan program yang tidak perlu yang ada dengan mengklik tombol tersebut Windows+R > jenis “msconfig”> “Startup”> “Hapus centang”. dalam program yang ingin Anda nonaktifkan.

8. Hapus program yang tidak perlu

Memasang terlalu banyak aplikasi yang sebenarnya tidak Anda perlukan juga dapat memperlambat kinerja komputer Anda. Jika Anda merasa aplikasi tersebut tidak terlalu penting dan jarang digunakan, sebaiknya Anda menghapusnya.

Anda hanya perlu menginstal aplikasi penting dan yang sering Anda gunakan. Metode penghapusannya sederhana, silakan klik menu Mulai > Panel Kontrol > Copot program lalu pilih program yang ingin di uninstall.

Baca juga:   6+ Cara Membuat Tulisan Rata Kanan Kiri Excel (Lengkap)

9. Gunakan Disk Defragmenter

Fragmentasi data laptop Anda mempersulit kerja disk laptop, yang memperlambat kinerja laptop.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan disk defragmenter untuk memulihkan data di laptop terpisah. Bagaimana cara menggunakannya klik kanan drive yang ingin Anda defrag > klik Properti > lalu silahkan pilih Defragmentasi sekarang pada Peralatan.

10. Gunakan Pembersihan Disk

Komputer Anda yang lambat juga dapat disebabkan oleh file-file sementara yang menumpuk di drive Anda. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan alat ini untuk menghapus file sementara di drive Anda.

Anda dapat memilih drive mana yang akan dibersihkan. Untuk menggunakan alat ini silakan klik kanan disk yang ingin Anda bersihkan > lalu pilih Karakteristik > Pembersihan Disk. Atau Anda juga dapat menggunakan aplikasi pembersihan disk favorit Anda.

11. Hapus gadget desktop

Gadget desktop juga dapat mempengaruhi kinerja laptop Anda, semakin banyak gadget di desktop Anda, semakin baik kinerja komputer Anda.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk menghapus gadget yang Anda anggap tidak penting. Namun beda halnya jika menggunakan laptop spek tinggi tidak terlalu berpengaruh pada performa laptop tersebut.

12. Aktifkan hibernasi

Fungsi dari mode hibernasi ini adalah untuk menyimpan semua pekerjaan memory saat laptop anda dimatikan, setelah itu akan kembali normal seperti sebelum tidur.

Menggunakan metode ini sangat sederhana, klik Menangkan + i> Sistem> Daya dan Tidur> Opsi Daya Tingkat Lanjutlalu di bawah “Power Options” pilih “Choose what the power buttons do”, lalu klik “Change settings…”.

13. Nonaktifkan peluncuran yang tidak perlu

Jika laptop Anda lambat saat dihidupkan. Jadi bisa jadi karena banyaknya program yang sudah berjalan saat laptop dihidupkan.

Untuk mempercepat proses ini, Anda dapat menonaktifkan program yang tidak perlu ini. Bagaimana cara melakukannya?.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membukanya melarikan diri menekan sebuah tombol Windows+R di keyboard, lalu ketik msconfig. Jika jendela baru telah terbuka, silakan masuk ke tab Startup.

Baca juga:   Aplikasi Monitoring Jaringan Terbaik 2022 dan Fiturnya

Nonaktifkan semua program yang berjalan di atasnya, kecuali antivirus. Dengan demikian, ada harapan agar performa laptop kita bisa terikat dengan beban.

14. Hapus data yang tidak perlu

Jika Anda memiliki banyak data di memori pada laptop Anda. Nah, untuk membuat laptop kamu yang sekarang sedikit lebih lega, kamu bisa menghapus data-data yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Tetapi bagaimana jika semua data itu penting? Anda dapat membeli hard drive eksternal dan kemudian mentransfer data penting ke dalamnya.

Dengan ruang penyimpanan yang lebih sedikit, laptop Anda akan meningkatkan kinerja dan berjalan lebih cepat.

15. Membersihkan file sistem

Terkadang laptop lama Anda memiliki banyak file sistem yang terakumulasi yang telah berubah menjadi file sampah seperti sistem file Windows lama yang besar.

Oleh karena itu, untuk mengosongkan sebagian ruang penyimpanan, Anda dapat menghapus file sistem laptop dengan mengetik C:\drive > Properti > Pembersihan Disk. Anda bisa mengulangi cara ini berulang kali.

16. Perbarui Windows

pembaruan windows

Microsoft selalu memperbarui sistem operasi Windows-nya secara berkala. Namun seringkali banyak pengguna yang mengabaikannya.

Ini mungkin karena sistem operasi yang mereka gunakan tidak asli. Sehingga fitur Windows Update dinonaktifkan atau mereka malas karena harus mendownload file berukuran besar.

Perlu Anda ketahui bahwa Windows Update sangat penting karena setiap kali update keluar, Microsoft akan memberikan perbaikan keamanan dan performa terbaik untuk laptop Anda.

Microsoft sendiri memberikan update sistem operasi karena memiliki tujuan yang baik, yaitu kenyamanan dan keamanan penggunanya.

Kesimpulan

Ini adalah tips yang dapat diberikan oleh technoinside kepada Anda tentang cara mempercepat laptop Anda.

Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat dan membantu Anda mempercepat laptop Anda yang karena berbagai alasan mulai melambat.

Jika Anda masih bingung, atau mungkin Anda memiliki cara dan tips lain untuk mempercepat komputer Anda, tanyakan dan tambahkan di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com