Internet Download Manager atau IDM adalah software yang biasa digunakan untuk mempercepat proses download berbagai file dari internet.

Perangkat lunak Internet Download Manager dikembangkan oleh Tonec Inc. Ini adalah perusahaan yang berbasis di New York, AS. Aplikasi Internet Download Manager ini dibuat khusus untuk pengguna sistem operasi Windows.

Selain itu, Internet Download Manager juga memiliki antarmuka yang sederhana, sehingga mudah digunakan untuk berbagai kalangan, dari orang biasa hingga profesional.

Tapi bagaimana cara kerja Internet Download Manager? Prinsip aplikasi Internet Download Manager adalah akan bertukar data yang diunduh.

Nantinya dalam proses pengunduhan, data tersebut akan dibagi menjadi 16 bagian. Selain itu, IDM juga akan menggunakan kecepatan yang sama untuk setiap potongan data yang diunduh. Jika salah satu bagian terkena rintangan atau jatuh saat proses download.

Kemudian kecepatan internet dari partisi lain akan ditransfer ke partisi ini untuk mempercepat proses download. Menggunakan Internet Download Manager, ini juga memungkinkan kita untuk mengunduh video YouTube.

Dengan menginstal Internet Download Manager di laptop atau komputer kita, maka otomatis tombol “Download with IDM” akan muncul di YouTube kita.

Dengan cara ini, akan lebih mudah bagi kita untuk mengunggah video YouTube dengan kualitas video yang berbeda. Namun, terkadang tombol IDM ini tidak muncul di YouTube kami baik di Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Bagi anda yang sering menggunakan software Internet Download Manager pasti pernah menjumpai tombol download IDM yang tiba-tiba menghilang. Kita bisa mengembalikannya dengan menampilkan IDM di YouTube.

Untuk mengatasi masalah ini, dalam hal ini, kami akan memberikan panduan tentang cara menampilkan tombol unduh IDM YouTube di Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Baca juga: Cara Install IDM di Laptop

Alasan tidak adanya tombol unduh IDM di YouTube

Kehilangan tombol IDM YouTube sebenarnya adalah hal yang biasa terjadi, terutama bagi pengguna setia IDM.

Baca juga:   8 Cara Membatasi Penggunaan Kuota, Data Internet di HP Android

Salah satu penyebabnya adalah terkait dengan masalah kompatibilitas antara versi IDM yang digunakan dengan versi browser yang digunakan.

Hal ini dapat terjadi ketika kita mengupdate atau mengupdate salah satu program baik di IDM maupun di browser yang sebelumnya kompatibel dengan yang tidak kompatibel. Selain masalah ketidakcocokan, ada masalah lain, yaitu masalah ekstensi yang masih belum diaktifkan.

Cara menampilkan tombol IDM di Youtube

Selain masalah tombol IDM yang tidak muncul di YouTube, masalah lain yang lebih serius adalah terkadang ketika kita mengunggah file, IDM harus muncul secara otomatis, tetapi juga tidak diluncurkan. Berikut cara memicu tombol unduh IDM YouTube.

1. Perbarui browser dan IDM Anda

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah mengupdate baik aplikasi IDM maupun browser yang kita gunakan.

Harap perbarui kedua perangkat lunak ke versi terbaru untuk menghindari masalah kompatibilitas lagi. Kemudian untuk proses upgrade, download dari link berikut.

  • Tautan unduhan Mozilla Firefox
  • Tautan unduhan Google Chrome
  • Tautan unduhan IDM

Perangkat lunak IDM dari tautan di atas akan masuk ke situs web resmi. Nantinya, Anda akan menerima uji coba gratis selama 30 hari. Jika tidak, Anda dapat membeli lisensi resmi, yang dapat dibeli dari beberapa situs lokal.

2. Instal ulang add-on di Mozilla Firefox.

Jika tombol IDM masih tidak muncul, Anda dapat menambahkan kembali ekstensi atau mengaktifkan IDM di Mozilla Firefox Anda.

Ini juga dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan modul integrasi file yang disediakan langsung oleh IDM. Simak langkah selanjutnya.

1. Langkah pertama buka browser Mozilla Firefox > tekan tombol tiga garis di sudut kanan atas > pilih opsi Pengaya.

Pengaya

2. Kemudian tekan tombol Roda Gigi atau tombol Pengaturan > Instal add-on dari file.

Instal add-on

3. Kemudian buka file direktori tempat Anda menginstal IDM.

Baca juga:   10+ Aplikasi Nonton Drakor Terbaik 2022: Lengkap

4. Selanjutnya, pilih file idmmzcc.xpi lalu tekan membuka.

Pilih ekstensi

5. Tunggu beberapa detik hingga proses instalasi selesai, jika sudah, restart Firefox.

6. Untuk mencobanya, buka YouTube. Tombol download IDM yang sebelumnya hilang akan muncul kembali.

Catatan A: Jika ada peringatan korupsi, Anda dapat mencoba file .xpi yang berbeda. Pilih salah satu file hingga ekstensi disetel dengan benar. Dan perlu diingat bahwa versi IDM dan browser Anda harus versi terbaru.

3. Instal ulang ekstensi di Google Chrome.

Seperti cara sebelumnya, IDM juga menyediakan file khusus untuk menambahkan ekstensi secara manual ke Google Chrome. Dengan demikian, Anda dapat mengaktifkan IDM di Google Chrome.

Bedanya ini bukan file idmmzcc.xpi, tapi file IDMGCExt.crx. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

1. Langkah pertama buka browser Google Chrome > tekan tombol dengan tiga titik di sudut kanan atas > pilih opsi Alat Tambahan > Ekstensi.

Luas

2. Kemudian cari Modul integrasi dan klik logonya Menghapus.

hapus ekstensi

3. Selanjutnya jika muncul jendela baru, klik Menghapus.

menghapus

4. Kemudian buka file direktori tempat Anda menginstal IDM.

5. Kemudian cari file bernama IDMGCExt.crx lalu drag and drop file tersebut ke halaman ekstensi Google Chrome seperti gambar dibawah ini.

Tambahkan Ekstensi

6. Kemudian akan muncul notifikasi untuk memasang ekstensi instalasi IDM di Google Chrome. Silahkan klik Tambahkan Ekstensi.

Tambahkan Ekstensi

7. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Jika sudah selesai, restart Google Chrome.

8. Untuk mencobanya, buka YouTube. Tombol download IDM yang sebelumnya hilang akan muncul kembali.

4. Instal ulang Internet Download Manager.

Jika Anda menggunakan beberapa metode di atas, itu masih tidak berhasil. Selanjutnya kita bisa menggunakan cara berikut, yaitu install ulang IDM. Caranya adalah Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca juga:   5 Alasan Mengapa Memilih Wordpress #1 SEO + Kelebihan WP

1. Langkah pertama: download aplikasi IDM terbaru.

2. Jika proses download sudah selesai, buka file .exe dengan cara double klik > Klik Run.

cara instal idm

3. Jendela wizard penginstalan Internet Download Manager akan muncul. Lalu klik Lanjut.

instal ulang idm

4. Selanjutnya akan muncul license agreement yang bisa anda baca. Untuk melanjutkan proses instalasi, buka Saya menerima persyaratan perjanjian lisensilalu tekan Lanjut.

baca lisensi idm

5. Kemudian tentukan dimana IDM akan di install, kita bisa menggunakan setting default. Kemudian kita juga bisa memilih apakah kita ingin menambahkan shortcut IDM ke desktop atau tidak. Jika Anda menekan Lanjut.

mudah menginstal idm

6. Kemudian akan muncul jendela Mulai Menginstal Pengelola Unduhan Internet. Kemudian, untuk melakukan proses instalasi, kita hanya perlu mengklik tombol Lanjut secara sederhana. Proses instalasi akan memakan waktu beberapa detik karena IDM adalah perangkat lunak yang sangat ringan.

lanjutkan instal idm

7. Jika proses instalasi sudah selesai, klik Akhir.

8. Terakhir buka aplikasi IDM lalu integrasikan IDM dengan browser Mozilla Firefox atau Google Chrome.

aplikasi idm

Untuk memperbaikinya sebenarnya ada cara pertama dan terakhir yaitu update atau install ulang IDM dan browser yang kamu gunakan.

Kesimpulan

Dari solusi di atas, kami memahami bahwa mungkin ada bug yang tidak terintegrasi dengan browser. Maka Anda perlu menambahkan addons atau ekstensi yang mendukung.

Pada dasarnya, IDM akan terintegrasi secara otomatis dengan browser jika IDM dan browser memiliki versi yang sesuai.

Demikian pembahasan singkat kami tentang cara mudah membuat IDM di Youtube. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat.


https://storyforgeproductions.com